Cara Mengurangi Nafsu Makan Yang Berlebihan

Cara Mengurangi Nafsu Makan Yang Berlebihan

Kamu makan apa hari ini ? apapun makanan kamu pastinya kamu tidak makan secara berlebihan ya teman-teman. Karena apabila kita mengkonsumsi makanan terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Akan timbul banyak sekali masalah apabila kebiasaan mengkonsumsi makanan secara berlebihan ini terus menerus Anda lakukan. Masalah serius yang pertama adalah obesitas atau kegemukan. Anda tentu saja tidak mau memiliki tubuh yang terlalu gemuk bukan ? maka dari itu kendalikanlah nafsu makan Anda.

Banyak orang yang terkadang tidak bisa mengendalikan nafsu makan mereka. Bawaannya pengen makan atau ngemil terus setiap hari. Orang-orang yang susah mengendalikan nafsu maka tentu saja akan sangat sulit untuk menjalani program diet. Hampir rata-rata ketika mereka melakukan diet selalu berujung dengan kegagalan. Mereka tidak tahan dengan godaan untuk terus menyantap makanan.

Nah, apabila Anda adalah salah satu orang yang termasuk tidak bisa mengendalikan nafsu makan tetapi ada kemaun besar untuk mengubah kebiasaan tersebut maka silahkan simak tips dibawah ini yaitu bagaimana cara mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

Cara Mengurangi Nafsu Makan


1. Niat
Hal paling utama yang mesti Anda tanamkan dalam diri adalah niat. Benar-benar niatkan didalam hati Anda bahwa Anda akan berubah dan berjanji akan mengurangi nafsu makan. Jika niat didalam diri Anda sudah kuat maka untuk menjalani tips selanjutnya akan terasa mudah.

2. Buatlah Jadwal Makan
Kemudian selanjutnya adalah membuat jadwal makan harian Anda. Hal ini sangat penting agar Anda tidak makan secara sembarangan, dengan adanya jadwal makan maka itu akan membuat Anda menjadi lebih teratur dan tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Anda bisa mengatur jadwal makan sehari 3 kali yaitu sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Anda jangan sampai melewatkan sarapan pagi karena itu sangat penting, ketika Anda melewatkan sarapan maka perut akan menjadi sangat lapar disiang hari sehingga membuat Anda menjadi makan lebih banyak.

Nah, jika Anda sudah sarapan dipagi hari maka pada saat makan siang usahakan mengkonsumsi makanan tidak terlalu banyak. Konsumsilah makanan yang mengandung protein agar bisa membuat Anda menjadi kenyang lebih lama. Kemudian pada malam hari, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan saja agar perut tidak terlalu lapar. Jika Anda konsisten menerapkan kebiasaan makan seperti ini maka berat badan Anda berangsur-angsur menurun. Program diet yang Anda jalani akan membuahkan hasil.

3. Hindari Makanan Yang Bisa Memicu Pola Binge Eating
Orang-orang yang mengkonsumsi makanan secara berlebihan sering kali disebut dengan binge Eating. Nah, untuk mengubah kebiasaan binge eating ini maka Anda mesti menghindari makanan-makanan yang bisa memicu Anda untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Kebanyakan orang pasti suka makan berlebihan, apalagi ketika melihat makanan kesukaannya. Semuanya pasti pengen dimakan.

Selain, menghindari makanan yang bisa memicu pola binge eating. Anda juga disarankan untuk tidak mengunjungi tempat-tempat yang bisa menimbulkan keinginan untuk makanan seperti bar, café, restoran. Lebih baik Anda melakukan kegiatan atau aktivitas-aktivitas lainnya yang tidak berkaitan dengan makanan. Dengan begitu maka kita bisa mengontrol diri agar tidak terus memikirkan makanan.

4. Menahan Diri
Anda harus bisa membedakan keinginan kita untuk makan di akibatkan memang karena lapar atau hanya akibat dorongan nafsu belaka. Jika memang itu diakibatkan karena perut lapar maka silahkan saja makan. Jika tidak dikarenkan lapar, maka cobalah untuk menahan keinginan Anda untuk makan.

Latihlah diri Anda menahan dorongan seperti ini. Awalnya memang berat tetapi lama-kelamaan Anda akan terbiasa dan mengetahui kapan kita harus makan dan kapan kita harus menahan rasa ingin makan tersebut.

5. Pergi Berolahraga
Kemudian tips terakhir adalah usahakan perbanyak berolahraga. Olahraga akan membantu menyehatkan tubuh dan pikiran Anda. Jika tubuh dan pikiran sehat maka pastinya Anda akan lebih bisa mengatur pola makan sehingga tidak mengkonsumsi makan secara berlebihan.


Mungkin itu saja sedikit tips bagaimana cara mengurangi nafsu makan berlebihan. Harus ada niat serta tekad yang kuat dari diri Anda untuk mengubah itu semua. Semoga berhasil !