Cara Mengatasi Selangkangan Gatal Secara Alami

Gatal pada selangkangan memang sangat menyebalkan karena membuat kita menjadi risih, bahkan apabila digaruk maka bisa menyebabkan kulit di selangkangan menjadi lecet, berwarna merah dan menghitam. Mungkin sebagian dari kita terkadang beranggapan bahwa gatal diselangkangan ini merupakan sesuatu yang sepele, padahal apabila  dibiarkan tanpa diatasi maka bisa saja gatalnya akan semakin menyiksa Anda.

Nah, ngomong-ngomong masalah gatal pada selangkangan maka sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasinya maka ada baiknya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja sih yang menyebabkan selangkangan menjadi gatal.

Cara Mengatasi Selangkangan Gatal Secara Alami


Penyebab Selangkangan Gatal


1. Infeksi Jamur
Penyebab pertama yang membuat lipatan paha bagian dalam atau selangkangan menjadi gatal adalah karena adanya infeksi jamur. Seperti yang kita ketahui bahwa selangkangan terletak didaerah lipatan dan pada umumnya kulit di daerah ini lembab sehingga apabila Anda malas memperhatikan kebersihan kulit di sekitar selangkangan maka tidak heran apabila jamur dengan mudah berkembang di daerah tersebut dan menyebabkan selangkangan menjadi gatal.

2. Alergi Makanan
Kemudian penyebab selanjutnya adalah karena adanya reaksi alergi terhadap makanan tertentu. Apabila mengkonsumsi makanan tertentu seperti ikan tongkol, ikan asin, telur ataupun udang maka sebagian orang akan mulai mengalami gatal didaerah kulit selangkangan mereka.

3. Intertrigo
Intertrigo merupakan suatu kondisi dimana adanya peradangan pada kulit tetapi hanya berpengaruh pada lipatan kulit saja seperti selangkangan. Biasanya hal ini disebabkan karena terlalu sering menggunakan pakaian ketat sehingga terjadi gesekan yang intens antara kulit dan pakaian, tanpa disadari hal ini akan menimbulkan iritasi yang kemudian akan menyebabkan selangkangan menjadi gatal, kemerahan dan seperti rasa terbakar.

4. Scabies
Scabies juga merupakan peradangan kulit yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabei. Kutu jenis ini memang biasanya sangat senang sekali menempel pada bagian kulit yang tipis seperti di sela-sela jari maupun selangkangan. Tidak hanya itu, kutu ini juga menyebabkan kulit di selangkangan menjadi gatal.

Cara Mengatasi Selangkangan Gatal


1. Obat Anti Gatal
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan gatal di kulit selangkangan tersebut. Cara yang paling mudah dan praktis tentunya dengan mengkonsumsi obat anti gatal atau cream anti jamur yang bisa di beli di apotek terdekat. Ingat, apabila selangkangan gatal maka jangan digaruk tetapi oleskan saja cream atau obat anti gatal untuk mengurangi rasa gatal tersebut.

2. Menjaga Kebersihan Selangkangan
Kemudian untuk selanjutnya agar jamur tidak mudah berkembang dikulit selangkangan Anda maka jangan malas untuk memperhatikan kebersihan kulit di daerah tersebut. Gantilah pakaian dalam setiap hari agar kebersihan kulit di sekitar selangkangan bebas dari jamur dan tetap bersih. Tidak hanya itu saja, apabila sesudah mandi maka pastikan kulit di daerah selangkangan benar-benar kering sebelum Anda menggunakan pakaian.

3. Hindari Pakaian Ketat
Apabila Anda sudah melakukan hal diatas maka selanjutnya adalah hindari penggunaan pakaian ketat. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pakaian ketat ini bisa menyebabkan gesekan antara kulit dan pakaian sehingga membuat selangkangan menjadi gatal. Selain itu, akibat gesekan yang intens antara pakaian dan kulit bisa membuat kulit didaerah selangkangan menjadi panas dan berkeringat.

4. Daun Kecubung dan Minyak Kelapa
Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit selangkangan. Bahan alami yang digunakan adalah daun kecubung dan minyak kelapa, kemudian dicampur menjadi satu.

Anda hanya cukup menyediakan 25 gram daun kecubung dan minyak kelapa secukupnya. Kemudian tumbuklah terlebih dahulu dau kecubung hingga halus dan baru kemudian dicampur dengan minyak kelapa secukupnya saja. Apabila kedua bahan tersebut sudah tercampur rata maka panaskan selama 5 menit. Setelah itu, baru oleskan ramuan alami tersebut pada selangkangan Anda yang gatal. Ingat, tunggulah sampai ramuan sedikit dingin baru dioleskan.

5. Asam Gelugur
Kemudian ramuan tradisional yang bisa juga diandalkan untuk mengatasi gatal diselangkangan adalah ramuan asam gelugur. Cara membuatnya sendiri sangatlah mudah yaitu Anda tinggal siapkan saja asam gelugur secukupnya, lalu kemudian direbus dengan menggunakan 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih kurang lebih 5-10 menit. Apabila sudah mendidih maka segera angkat dan tunggu hingga air rebusan tadi sedikit dingin, baru setelah itu oleskan ramuan tersebut pada kulit diselangkangan Anda.

Lakukan hal ini secara rutin dan konsisten hingga gatal diselangkangan menjadi hilang. Asam gelugur ini bermanfaat untuk mengatasi jamur yang ada di kulit selangkangan.


Itulah cara menghilangkan gatal diselangkangan yang bisa Anda coba dirumah. Apabila bermanfaat maka silahkan bagikan agar sahabat, teman, keluarga Anda juga mengetahui hal ini.