15 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ubi ungu merupakan salah satu jenis ubi jalar yang biasanya sering diolah menjadi keripik, kolak ataupun makanang lainnya bahkan terkadang ada juga yang menjadikan ubi ungu ini sebagai pengganti makanan pokok.  Banyak orang yang beranggapan bahwa ubi ungu merupakan makanan orang kampung, padahal dibalik itu ternyata ubi ungu memiliki kandungan vitamin yang justru sangat baik bagi kesehatan tubuh.Kandungan vitamin ubi ungu ini sendiri lebih banyak dibandingkan dengan jenis umbian lain, sekitar 100gram ubi ungu mengandung vitamin A kurang lebih 7700 mg lebih banyak dari buah tomat dan bit.

Manfaat Ubi Ungu


Nah, berikut dibawah ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila mengkonsumsi ubi ungu.


Manfaat Ubi Ungu


1. Melancarkan aliran darah
Manfaat ubi ungu yang pertama yaitu dapat memperlancar aliran darah. Zat antosianin pada ubi ungu merupakan antioksidan alami yang mampu menyerap polusi udara dan mampu menghambat pembekuan darah sehingga aliran darah Anda akan tetap lancar.

2. Sebagai anti kanker
Manfaat ubi ungu yang kedua dapat dijadikan sebagai anti-kanker karena kandungan selenium, iodine, vitamin E dan C pada ubi ungu dua puluh kali lebih banyak dibandingkan dengan ubi lainnya. hal inilah yang menjadikan ubi ungu sebagai anti kanker dengan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan dapat juga mencegah berbagai penyakit kardiovaskuler lainnya.

3. Dapat melancarkan pencernaan
Anda memiliki masalah pada sistem pencernaan? Jangan khawatir, atasi masalah tersebut dengan mengonsumi ubi ungu secara rutin. Kandungan serat dan oektin pada ubi ungu ini mampu memperlancar pencernaan Anda sehingga dapat menghindarkan Anda dari berbagai gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan seperti sembelit ataupun wasir.

4. Sebagai antioksidan
Pigmen warna ungu atau antosianin pada ubi ungu memiliki fungsi sebagai anti-oksidan, anti-kanker, anti-bakteri dan juga melindungi dari berbagai penyakit kardiovaskuler seperti stroke, kerusakan hati dan serangan jantung.

5. Anti bakteri
Telah dikatakan tadi bahwa ubi ungu berfungsi sebagai anti-bakteri. Aktivitas anti bakteri dalam ubi ungu 3 kali lebih tinggi dibandingkan dengan berbagai varietas dari blueberry.

6. Sebagai pengganti makanan pokok
Karena ubi ungu memliki kandungan karbohidrat yang tinggi maka tak jarang ubi ungu sering dijadikan alternatif sebagai pengganti makanan pokok seperti nasi.  Ubi ungu juga memiki kandungan serat yang dapat mengenyangkan perut.

7. Mengatasi penyakit asma
Asma merupakan penyakit yang terjadi pada pernapasan mengakibatkan diri susah untuk bernafas.  Penyakit Asma dapat diobati walaupun tidak sembuh total setidaknya kita mengobati agar tidak sering kambuh. Anda cukup mengonsumsi ubi ungu secara rutin maka penyakit Asma yang Anda derita sedikit berkurang dan tidak akan sering kambuh.

8. Menambah berat badan
Bagi Anda yang memiliki berat badan yang tidak ideal, ubi ungu dapat dijadikan solusinya. Karena rasanya yang manis dan karbohidrat kompleks serta vitaminnya, ubi ungu dapat menambah berat badan Anda secara cepat. Konsumsilah ubi ungu secara rutin maka otot-otot pada tubuh Anda akan terbentuk, usaha ini perlu dibantu dengan berolahraga secara teratur.

9. Sumber vitamin A yang baik
Didalam ubi ungu juga terdapat betakaroten yang tinggi, senyawa tersebut jika masuk kedalam tubuh akan berubah menjadi vitamin A yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata Anda. Betakaroten  yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh menyediakan 200% vitamin A dalam sehari untuk tubuh.  Jadi, jika Anda ingin memiliki mata yang sehat konsumsilah ubi ungu secara rutin. Betakaroten juga bisa Anda dapatkan pada sayur dan buah- buahan yang berwarna kuning, orange, hijau, dan ungu.

10. Dapat Mencerahkan Kulit Wajah
Selain berkhasiat untuk kesehatan, ubi ungu juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah. Ubi ungu dapat kita buat menjadi masker wajah, cara membuatnya pun sangat mudah. Hal pertama yang harus anda lakukan kupas kulit ubi ungu lalu cuci hingga bersih. Kemudian parut ubi ungu yang telah dikupas tadi sampai halus dan oleskan secara merata parutan ubi ungu tersebut pada wajah Anda. Diamkan selama 30-45 menit hingga masker mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

11. Menjaga keelasitasan kulit
Ubi ungu menyiapkan sumber vitamin yang cukup tinggi. Vitamin tersebut seperti vitamin A, C, dan E yang sangat baik untuk merawat kecantikan kulit. Dengan mengonsumsi ubi ungu secara rutin kulit akan lebih Indah dan sehat.

12. Mengatasi kulit wajah yang berminyak
Kulit wajah Anda berminyak? Ubi jalar dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya simple jadi gak usah khawatir akan kerepotan, pertama cuci ubi jalar ungu hingga bersih lalu rebus hingga lembut. Biarkan dingin terlebih dulu lalu haluskan.

Tambahkan madu secukupnya dan gunakan bahan tersebut sebagai masker pada wajah Anda. Diamkan selama 30 menit saja dan kemudian bilas dengan air bersih. Tidak hanya mengurangi produksi minyak pada wajah, masker ini juga dapat melembabkan kulit dan mencegah penuaan dini.

13. Menghaluskan Tumit
Masalah yang sering terjadi pada kulit kaki yaitu kulit kaki tampak kering dan tumit kaki pecah-pecah, gunakan air rebusan ubi untuk menghaluskannya, biarkan air sampai hangat kemudian rendam kaki dalam air rebusan tersebut. Sangat mudah bukan? Cobalah dirumah Anda.

14. Mengatasi Lingkaran Gelap Dibawah Mata
Tidak hanya timun yang dapat memudarkan lingkaran gelap dibawah mata, ubi ungu juga dapat kita gunakan. Ambil potongan ubi ungu segar yang telah didinginkan terlebih dulu kemudian tempelkan dibagian bawah mata Anda. Diamkan selama beberapa menit agar nutrisi yang ada pada ubi ungu terserap oleh kulit.

15. Meningkatkan tekstur kulit
Biasanya jika Anda merebus ubi ungu, air rebusannya dibuang bukan? mulai sekarang jangan buang air rebusannya karena air rebusan ini mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan tekstur kulit dan sekaligus membersihkan kulit wajah.

Saring air rebusan ubi tersebut, masukkan kedalam botol dan dan dinginkan didalam lemari es. Jika anda ingin memakainya, gunakan sebagai toner pada kulit wajah. Toner alami ini akan menyerap kotoran, dan juga membersihkan pori-pori. Dengan pemakaian rutin seminggu dua kali akan membuat kulit terlihat lebih cerah, sehat, kenyal, bercahaya sekaligus menghilangkan keriput.


Itulah beberapa manfaat ubi ungu untuk kesehatan maupun kecantikan yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfaat