Cara Mengatasi Lidah Terbakar Akibat Makanan Panas

Apakah Anda pernah mengalami yang namanya lidah terbakar ? lidah terbakar disini bukan berarti lidah kita terkena api tetapi akibat makanan panas. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa lidah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif sehingga apabila kita mengkonsumsi makanan yang terlalu panas maka lidah akan terasa seperti terbakar. Biasanya bagian ujung lidah pun terasa melepuh, mati rasa, tebal dan kering.

Meskipun nantinya bisa sembuh dengan sendirinya tetapi bagi sebagian orang, lidah terbakar akibat makanan panas ini sangat mengganggu sehingga harus diatasi dengan cepat serta tepat. Nah, berikut dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi lidah terbakar akibat makanan panas. 

Cara Mengatasi Lidah Terbakar Akibat Makanan Panas



Cara Mengatasi Lidah Terbakar Akibat Makanan Panas


1. Es Batu
Mengkonsumsi makanan panas memang enak, apalagi dikonsumsi ketika musim hujan maka akan semakin menambah nikmat serta bisa membuat tubuh menjadi hangat. Nah, terkadang tanpa disadari makanan panas ini akan membuat lidah kita terasa seperti terbakar sehingga menyebabkan lidah menjadi terasa kering dan mati rasa. 

Apabila Anda mengalami hal tersebut maka cobalah untuk mengambil batu es atau es krim.  Caranya sangatlah mudah yaitu Anda tinggal masukan saja es batu atau es krim kedalam mulut dan biarkan saja. Sensasi dingin dari es batu ini akan membuat lidah kita sedikit nyaman serta mengurangi rasa perih.

2. Konsumsi Susu
Kemudian langkah selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan atau cairan yang bisa mendinginkan lidah seperti susu.  Susu merupakan salah satu minuman terbaik yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi lidah terbakar akibat makanan panas ini serta sekaligus bisa menghilangkan rasa sakit.

3. Obat Penghilang Nyeri
Selain menggunakan cara alami, Anda juga bisa memilih menggunakan obat-obatan untuk mengatasi masalah lidah terbakar ini. Menurut dokter Steve Krendl, lidah terbakar ini bisa diatasi dengan obat-obatan penghilang nyeri diantaranya adalah Acetaminophen, ibuprofen, atau obat penghilang nyeri lainnya.

4. Rajin Membersihkan Gigi dan Mulut
Sambil menunggu lidah Anda sembuh seperti semula maka jangan lupa untuk selalu membersihkan gigi dan mulut karena hal ini sangat penting agar kuman-kuman tidak berkembang biak dan merusak kesehatan gigi dan mulut Anda. Perhatikan, apabila lidah Anda tidak juga sembuh didalam tujuh hari maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Tips Mencegah Lidah Terbakar


Setelah diatas tadi kita membahas bagaimana cara mengatasi lidah terbakar akibat makanan panas maka selanjutnya adalah kita membahas bagaimana mencegah atau menghindari agar kejadian lidah terbakar ini tidak terulang dan menyiksa Anda.

1. Dinginkan Makanan
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendinginkan atau membiarkan makanan hingga menjadi dingin dan lalu  baru disantap. Jangan langsung konsumsi makanan yang baru saja diangkat dari atas kompor karena makanan tersebut pasti masih sangat panas.

2. Tiup Sebelum Makan
Nah, bagi Anda yang mungkin sudah kelaparan dan sudah tidak tahan lagi ingin makan maka cobalah untuk meniup makanan tersebut sebelum dikonsumsi. Konsumsilah makanan sedikit demi sedikit untuk mencegah agar lidah Anda tidak terbakar.


Itulah cara mengatasi lidah terbakar akibat makanan panas beserta tips pencegahannya. Semoga bermanfaat bagi Anda.