Jangan Lakukan 4 Kebiasaan Ini Saat Mandi Karena Bisa Merusak Kulit

Hal Terlarang Saat Mandi

Mandi adalah salah satu aktivitas rutin yang tidak boleh untuk dilewatkan. Pada umumnya, kita mandi dua kali didalam sehari yaitu mandi dipagi hari ketika akan berangkat kerja atau sekolah dan kemudian yang kedua yaitu pada sore hari setelah selesai bekerja. Namun terkadang ada juga beberapa orang yang mandi hingga sampai 3 kali dalam sehari. Biasanya orang-orang yang seperti ini adalah orang yang memiliki aktivitas padat sehingga mereka sering sekali menambah jadwal mandi yaitu dimalam hari sebelum tidur.


Namun ada baiknya jika Anda menghindari mandi malam, terlalu sering mandi malam juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa orang mengatakan jika mandi malam adalah salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit seperti paru-paru basah, rematik dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Nah ngomong-ngomong soal mandi, ternyata ada beberapa kebiasaan yang tidak boleh untuk kita lakukan saat sedang mandi. Karena kebiasaan tersebut tanpa Anda sadari bisa menyebabkan kulit kita menjadi rusak. Apa saja kebiasaan terlarang yang tidak boleh dilakukan saat mandi ? simak selengkapnya dibawah ini.

1. Mandi Menggunakan Air Hangat
Mandi menggunakan air hangat memang sangat mengasyikan, kita tidak akan kedinginan pada saat mandi. Hal inilah kemudian yang membuat kebanyakan orang menjadi betah berlama-lama berendam didalam air hangat. Apalagi ketika tubuh sangat capek sehabis pulang kerja, berendam di dalam air hangat adalah pilihan terbaik. Capek dan pegal akan langsung menghilang, tubuh kitapun akan menjadi lebih rileks.

Namun jika boleh menyarankan, ada baiknya Anda tidak berlama-lama atau terlalu sering mandi menggunakan air hangat. Mandi air hangat memang terasa nikmat, apalagi cuaca pada saat itu sedang hujan. Akan tetapi, jika terlalu sering mandi menggunakan air hangat akan membuat kulit Anda menjadi kering dan kusam. Air hangat dapat menghilangkan minyak alami pada tubuh sehingga membuat kulit Anda menjadi kering dan kusam.

2. Mandi Terlalu Lama
Jika Anda adalah salah satu orang yang suka mandi berlama-lama, maka mulai dari sekarang usahakan agar mengubah kebiasaan tersebut. Terlalu lama mandi dan berulang kali menggosokan sabun pada kulit bisa berdampak buruk pada kulit Anda. Kulit akan kehilangan kelembaban alaminya sehingga hal ini akan membuat kulit Anda menjadi kering. Usahakan agar Anda selesai mandi tidak lebih dari 8 menit.

3. Menggunakan Sponge
Mandi dengan menggunakan spons akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan kesat. Hal tersebut memang benar, namun pastikan bahwa Anda benar-benar menjaga kebersihan spons mandi karena didalam spons mandi bisa menjadi tempat bersarangnya kuman.
Gantilah spons mandi Anda secara berkala, kemudian jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan spons mandi sebaiknya Anda mencucinya seminggu 1 kali.

Jika Anda bukan orang yang telaten maka ada baiknya tidak menggunakan spons mandi. Karena spons mandi yang kotor bisa menjadi sarang kuman. Kuman-kuman tersebut bisa menyebar ketubuh Anda dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

4. Pemakaian Handuk Yang Salah
Hal ini sering kali dianggap sesuatu yang sepele, kita terkadang asal-asalan saja didalam mengeringkan badan dengan menggunakan handuk. Padahal pemakaian handuk yang tepat untuk mengeringkan badan bukan dengan cara menggosok badan tetapi cukup dengan menepuk-nepuk tubuh dengan menggunakan handuk yang lembut.

Mengeringkan tubuh sehabis mandi dengan cara digosok, apalagi handuk yang kita gunakan handuk kasar maka itu bisa menyebabkan kulit Anda menjadi rusak.


Itu saja yang mungkin harus Anda ketahui. Sebaiknya 4 kebiasaan ini jangan dilakukan pada saat mandi agar kulit Anda tetap terjaga kesehatannya. Terima kasih semoga bermanfaat !