5 Cara Mudah Untuk Cek Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan masih menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh penduduk dunia karena penyakit yang satu ini sangat mematikan sehingga tak heran apabila badan kesehatan dunia mengkategorikan penyakit jantung sebagai pembunuh manusia terbesar di dunia. Biasanya serangan jantung bisa datang secara tiba-tiba tanpa ada gejala terlebih dahulu, bahkan penyakit ini tidak memandang bulu karena semua orang beresiko terkena serangan jantung baik itu pria, wanita, anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Cara cek kesehatan jantung gratis


Nah dari tulisan diatas sudah jelaskan, bagaimana gambaran mengenai bahayanya penyakit jantung ini maka dari itu jika ingin terhindar dari penyakit ini maka mulailah menjalani hidup sehat dan menjaga pola makan. Selain menjaga kesehatan jantung dengan menjalani pola hidup sehat, kita juga diharuskan untuk rutin memeriksa kondisi jantung setidaknya 1 tahun sekali agar masalah sekecil apapun yang ada pada jantung bisa diatasi dengan cepat dan tepat

Bagi Anda yang malas untuk pergi ke dokter maka dibawah ini ada 5 cara mudah untuk cek kesehatan jantung gratis tanpa biaya apapun. Penasaran bagaimana caranya ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

Cara Cek Kesehatan Jantung Tanpa Biaya


1. Lidah
Indikator pertama yang bisa kita jadikan patokan untuk kesehatan jantung adalah lidah. Lihat kondisi lidah Anda, biasanya lidah orang yang normal warnanya kemerah-merahan dan terlihat segar. Nah, apabila lidah Anda terlihat berwarna sedikit ungu maka hal ini jangan diabaikan karena bisa jadi sedang terjadi masalah pada jantung Anda.

2. Kaki
Kaki juga merupakan bisa menjadi indikator untuk mengetahui kesehatan jantung Anda, bahkan banyak penyakit yang bisa kita deteksi melalui kaki salah satunya adalah batu ginjal. Biasanya orang yang mengalami batu ginjal kakinya akan mengalami pembengkakan.

Nah, namun kali ini kita tidak membahas masalah batu ginjal tetapi kita akan deteksi kesehatan jantung melalui kaki. Biasanya pada orang yang normal, di sela-sela jari kaki mereka di tumbuhi oleh bulu-bulu halus tetapi bagi orang yang mempunyai masalah dengan jantungnya biasanya bulu-bulu halus tersebut tidak tumbuh.

3. Warna Kuku
Warna kuku biasanya sangat jarang diperhatikan oleh sebagian orang, padahal warna kuku bisa memberi tahu seseorang mengenai suatu penyakit. Biasanya pada orang normal kita sering melihat warna kukunya putih kemerah-merahan, nah apabila warna kuku Anda warnanya berbeda dan agak sedikit ungu maka hal ini patut diwaspadai karena bisa jadi sebagai pertanda bahwa jantung Anda tidak sehat.

4. Telapak Tangan
Apakah Anda sering memperhatikan telapak tangan ? jika iya maka coba ingat apakah warna telapak tangan Anda merah muda. Telapak tangan orang yang normal umumnya berwarna merah muda, nah jika telapak tangan Anda terlihat pucat dan selalu berkeringat maka bisa jadi hal ini menjadi suatu pertanda bahwa jantung Anda sedang bermasalah.

5. Mata
Cara cek kesehatan jantung yang terakhir melalui mata. Seseorang mungkin bisa berbohong tetapi matanya tidak, begitu juga dengan penyakit. Mungkin orang bisa menutupi penyakit mereka namun kita bisa mengetahui lewat mata mereka.

Nah, coba lihat mata Anda apakah terdapat cincin putih di sekitar irisan bola mata atau juga arteri sekitar mata berubah warna menjadi keperakan ? jika iya maka hal ini merupakan pertanda bahwa jantung Anda sedang bermasalah.

Nah itulah 5 cara mudah untuk cek kesehatan jantung tanpa biaya sehingga bisa di coba oleh siapapun. Namun untuk hasil yang lebih akurat maka sebaiknya periksakan pada dokter ahli karena mencegah lebih baik daripada mengobati. So, deteksi kesehatan jantung Anda sejak dini agar tidak menyesal nantinya. Baca Juga : 4 Tanda-Tanda Jantung Anda Bermasalah