4 Tanda-Tanda Jantung Anda Bermasalah

Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh manusia terbesar didunia sehingga Anda harus mewaspadai dan mencegah datangnya penyakit ini dengan cara menjalani pola makan dan hidup yang sehat. Kenapa penyakit jantung sangat mematikan ? seperti yang kita ketahui bersama bahwa penyakit ini tidak menimbulkan gejala apapun pada tahapa awal sehingga sangat sulit dideteksi dan datang secara tiba-tiba. Selain itu, penyakit jantung tidak pandang bulu karena semua orang bisa terkena penyakit ini baik itu orang dewasa, remaja, anak-anak maupun wanita.

Nah walaupun penyakit jantung tidak menimbulkan gejala apapun pada tahap awal, bukan berarti kita tidak bisa mencegah penyakit ini. Selain menjaga pola makan dan hidup yang sehat ternyata 4 hal ini bisa menjadi pertanda bahwa jantung Anda sedang bermasalah.

tanda penyakit jantung


Tanda-Tanda Jantung Bermasalah


1. Nyeri Leher
Tanda pertama yang bisa menjadi gejala awal penyakit jantung adalah nyeri pada leher. Jangan sepelekan nyeri pada leher yang berkepanjangan karena beberapa pengakuan orang yang terkena penyakit jantung bahwa sebelum terjadinya serangan jantung mereka merasakan nyeri dan tegang pada leher. Banyak orang yang sering mengabaikan hal ini karena mereka hanya fokus pada gejala-gejala yang lebih umum saja seperti nyeri pada dada dan lainnya. Namun Anda juga harus bisa membedakan antara nyeri sesudah bekerja dan nyeri pertanda penyakit jantung.

2. Pusing, Pingsan, atau Sesak Napas
Tanda kedua yang bisa berpotensi menyebabkan penyakit jantung adalah sering merasa sesak napas, pusing bahkan pingsan. Hal ini diakibatkan karena tidak lancarnya peredaran darah sehingga hanya sedikit oksigen yang terangkut ke jantung. Jika dibiarkan maka lama kelamaan akan membuat seseorang menjadi sulit untuk menarik napas dalam dan apabila pembuluh darah koroner sudah tersumbat maka jantung tidak akan mendapatkan suplai oksigen sehingga menyebabkan seseorang merasakan nyeri pada otot jantung.

3. Gangguan Pencernaan, Mual, atau Heartburn
Kemudian hal yang menjadi pertanda bahwa jantung Anda bermasalah selanjutnya adalah sering merasakan mual, gangguan pencernaan dan Heartburn. Biasanya tanda ini dua kali lebih banyak dialami wanita dan menurut penelitian menunjukan bahwa wanita yang pernah mengalami serangan jantung ternyata telah merasakan hal diatas sebelumnya.

4. Sakit Pada Rahang dan Teling
Tanda terakhir yang bisa menjadi indikator kesehatan jantung Anda adalah Rahang dan teling. Apabila Anda sering merasakan sakit pada rahang dan teling tanpa diketahui penyebabnya maka sebaiknya harus waspada dan memeriksakan diri kepada dokter karena ini bisa saja menjadi pertanda bahwa jantung Anda sedang bermasalah. Walaupun para peneliti masih mencari keterkaitan antara sakit pada rahang dan teling dengan penyakit jantung tetapi sejauh ini sudah banyak laporan yang mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami hal ini sebelum mereka terkena serangan jantung.

Nah itulah 4 tanda-tanda jantung Anda bermasalah yang harus diwaspadai. Jangan khawatir karena cara menjaga kesehatan jantung bisa Anda lakukan tanpa obat yaitu cukup dengan berolahraga dan menjalani hidup yang sehat.