7 Cara Alami Mengobati Sengatan Lebah

Apakah Anda pernah tersengat lebah ? jika iya pasti tahu bagaimana rasanya. Biasanya orang yang terkena sengatan lebah akan mengalami gatal, pembengkakan di sekitar kulit yang tersengat hingga menjadi demam. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena akibat reaksi dari racun lebah yang menyengat kita tadi sehingga itulah mengapa kita disarankan untuk memberikan penanganan yang cepat ketika seseorang tersengat lebah agar rasa sakitnya tidak berlarut-larut.

tips mengobati sengatan lebah

Nah, bagi Anda yang pada saat ini sedang mencari cara bagaimana mengobati seseorang yang terkena sengatan lebah maka selamat karena pada artikel kali ini kita akan membahas cara alami untuk mengobati sengatan lebah agar rasa sakitnya bisa berkurang. Penasaran ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Kompres Dengan Es Batu
Pertolongan pertama ketika seseorang tersengat lebah adalah mengompresnya dengan batu es. Ambil sebongkah batu es kemudian tempelkan pada bagian kulit yang tersengat lebah tadi dan biarkan saja selama 15 menit. Cara ini bisa mengurangi rasa sakit karena area kulit yang di kompres dengan batu es akan menjadi mati rasa sehingga rasa nyerinya tidak  terlalu menyiksa

2. Pasta Gigi
Pasta gigi tidak hanya berfungsi untuk memutihkan gigi saja, bahkan ada sebagian orang yang menggunakan pasti gigi sebagai obat untuk menghilangkan jerawat. Nah, selain itu, ternyata pasta gigi juga bermanfaat loh sebagai obat sengatan lebah. Kandungan gliserin yang terdapat didalam pasta gigi mampu menetralkan racun lebah sehingga bisa menghilangkan rasa sakit dengan cepat. Perhatikan apabila ada iritasi setelah mengoleskan pasta gigi pada area kulit yang di sengat lebah maka segera cuci dengan air.

3. Pepaya
Cara alami yang ketiga untuk mengobati kulit yang terkena sengatan lebah adalah menggunakan pepaya. Kandungan enzim papain pada pepaya mampu memecah protein racun dari lebah tersebut sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat. Caranya mudah yaitu tinggal gosok aja bagian kulit yang terkena sengata lebah dengan menggunakan pepaya.

4. Baking Soda
Baking soda juga bisa di andalkan untuk mengobati sengatan lebah bahkan juga bisa dikatakan sangat praktis dan mudah. Caranya oleskan saja baking soda pada area kulit yang terkena sengatan lebah dan biarkan selama 20 menit, baking soda bisa meredakan sakit akibat sengatan lebah.

5. Minyak Atsiri ( Essential Oils )
Minyakt Atsiri mungkin belum terlalu populer di kalangan masyarakt kita namun tidak ada salahnya apabila Anda menyimpan minyak yang satu ini di rumah karena bisa mengobati sengatan lebah. Selain bisa mengurangi rasa nyeri, minyak atsiri ini juga bisa mengurangi rasa bengkak.

6. Lidah Buaya
Mungkin lidah buaya bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kita karena tanaman yang satu ini sangat mudah ditemukan dan memiliki sejuta manfaat bagi kesehata maupun kecantikan kulit dan rambut. Nah, ternyata gel lidah buaya juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati seseorang yang terkena sengatan lebah. Caranya cukup mudah yaitu campurkan gel lidah buaya dengan madu lalu kemudian tinggal oleskan saja pada bagian kulit yang terkena sengatan tadi.

7. Cuka
Untuk cara alami yang terakhir untuk mengatasi sengatan lebah ini maka kita bisa menggunakan camuran cuka dengan baking soda. Campurkan kedua bahan hingga terbentuk seperti pasta lalu tinggal oleskan saja pada daerah kulit yang terkena sengatan.

Itulah 7 cara alami mengobati sengatan lebah yang bisa Anda coba di rumah. Jangan dibiarkan saja karena sengata lebah ini bisa membuat kita menjadi demam dan merasakan nyeri sehingga tidur malam menjadi terganggu.