8 Bahaya Tidur Di Pagi Hari Menurut Kesehatan dan Islam

Tidur di pagi hari merupakan suatu kebiasaan buruk yang harus di hindari karena apabila Anda sering melakukan hal ini maka bukan tidak mungkin jika nantinya bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh Anda sendiri. Meskipun telah banyak orang yang mengetahui akan bahaya tidur dipagi hari ini tetapi terkadang hal tersebut sering kali dianggap sepele dan sebagian dari kita masih saja melakukan kebiasaan buruk yang satu ini.

Banyak alasan mengapa seseorang sering tidur dipagi hari, salah satu penyebab yang paling umum adalah karena begadang. Orang yang begadang atau tidak tidur semalaman tentunya akan merasa sangat ngantuk di pagi hari sehingga hal ini membuat mereka enggan untuk bangun dipagi hari dan lebih memilih untuk tidur dipagi hari. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa godaan untuk melanjutkan tidur dipagi hari memang sangat berat, apalagi bagi mereka yang baru saja begadang semalaman suntuk maka tidur dipagi hari adalah suatu keharusan bagi mereka.

Bahaya Tidur Di Pagi Hari Menurut Kesehatan dan Islam


Nah, maka dari itu hindarilah begadang dimalam hari ini karena hal ini bisa membuat Anda terasa mengantuk dipagi hari. Tidur dipagi hari sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita dan bisa menyebabkan tubuh rentan terkena berbagai macam penyakit. Gak percaya ? Berikut dibawah ini ada beberapa bahaya tidur dipagi hari yang mungkin belum Anda ketahui.


Bahaya Tidur di Pagi Hari


1. Membuat Tubuh Lemas Seharian
Dampak negatif yang pertama akibat sering tidur dipagi hari adalah bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas sehingga membuat kita malas untuk melakukan aktivitas harian. Bagi Anda yang sering melakukan kebiasaan tidur dipagi hari tentunya mungkin pernah mengalami hal ini, tubuh lemas dan lesu seharian sehingga membuat kita hanya ingin tidur saja seharian.

Kondisi tubuh yang lemas dan lesu ini sesuatu yang wajar, hal ini disebabkan karena metabolisme tubuh Anda masih bekerja dalam “set” malam hari sehingga sangat mempengaruhi tingkat energi tubuh kita.

2. Mengganggu Sistem Metobolisme
Kemudian bahaya akibat tidur pagi yang kedua adalah bisa menyebabkan sistem metabolisme tubuh menjadi tergganggu dan kacau. Tubuh Anda diciptakan tidak hanya untuk tidur saja tetapi melainkan juga untuk beraktivitas sehingga apabila Anda terlalu banyak menggunakan waktu untuk tidur maka sistem metabolisme didalam tubuh akan menjadi terganggu. Idealnya, pagi hari adalah waktunya untuk sarapan pagi agar energi tubuh Anda tercukupi sehingga bersemangat didalam menjalani aktivitas harian dan bukannya malah digunakan untuk tidur.

3. Sakit Kepala
Tidur dipagi hari yang terlalu lama juga bisa menyebabkan kepala Anda menjadi sakit atau pusing. Hal ini disebabkan karena pada saat kita tidur ada semacam cairan yang bernama serebrospina yang masuk ke otak. Nah, apabila waktu tidur kita lebih lama maka tentunya cairan ini terus mengalir ke otak Anda dan menyebabkan sakit kepala. Maka dari itu, tidurlah lebih awal dimalam hari agar Anda tidak mengantuk dan tidur lagi di pagi hari.

4. Kanker Darah
Kanker darah juga bisa terjadi akibat kebiasaan tidur dipagi hari. Tidur dipagi hari akan membuat kadar darah putih didalam tubuh Anda meningkat, apabila hal ini terus berlangsung maka sangat beresiko bagi kesehatan Anda dan bahkan bisa menyebabkan Anda terkena penyakit kanker darah. Terutama, bagi mereka yang sering tidur pada jam 10 pagi hingga jam 12 siang maka akibatnya sangat fatal bagi kesehatan Anda.

5. Bahaya Kematian
Semakin sering tidur dipagi hari maka akan semakin meningkatkan resiko terjadinya kematian. Banyak penyakit yang akan mengintai Anda mulai dari diabetes, jantung, anemia dan ketidakseimbangan fungsi otak. Penyakit-penyakit tersebut tentunya sangat berbahaya dan bisa meningkatkan resiko kematian.

Bahaya Tidur Pagi Menurut Islam


1. Menghalangi Rezeki
Tidak hanya buruk bagi kesehatan saja, tidur pagi ternyata juga sangat dilarang dalam agam islam dan sangat tidak sesuai dengan ajaran Rasullulah SAW. Nah, salah satu dampak negatif akibat tidur dipagi hari menurut islam adalah yaitu bisa menghalangi datangnya rezeki.

2. Melewatkan Waktu Berkah
Banyak berkah yang terdapat di waktu pagi sehingga apabila Anda melewatkan pagi hari dengan tidur maka sudah pasti Anda akan kehilangan berkah di waktu pagi. Ketika Anda bangun di pagi hari hendaknya berdoa agar mendapatkan keberkahan. Keberkahan disini artinya sangat luas tetapi Secara umum maknanya adalah bertambahnya kebaikan

3. Mudah Sakit
Sebelum para peneliti modern mengatakan bahwa tidur dipagi hari tidak baik bagi kesehatan, islam sudah menyampaikan hal ini terlebih dahulu. Tidur pagi akan membuat Anda menjadi mudah terkena berbagai macam penyakit dan membuat tubuh menjadi lemah, lemas serta lesu.


Itulah bahaya tidur dipagi hari bagi kesehatan yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Silahkan bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat agar semua orang mengetahui hal ini.