7 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar

Menghilangkan ngantuk saat belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara sehingga Anda tidak perlu banyak alasan untuk malas-malasan ketika sedang belajar dirumah maupun di sekolah. Seperti yang kita ketahui bahwa rasa mengantuk tidak hanya terjadi ketika sedang belajar saja tetapi rasa mengantuk juga terkadang menyerang seseorang ketika sedang bekerja dikantor. Salah satu penyebab ngantuk berlebihan diakibatkan karena faktor kurang tidur sehingga menyebabkan seseorang menjadi ngantuk dipagi hari maupun diang hari.

cara menghilangkan ngantuk saat belajar

Nah, kembali lagi mengenai cara menghilangkan ngantuk saat belajar di sekolah maupun dirumah. Bagi Anda yang selalu merasakan ngantuk ketika belajar maka cobalah cara dibawah ini untuk mengatasinya agar ketika belajar bisa konsentrasi dan semua pelajaran bisa masuk ke dalam otak Anda secara sempurna. Penasaran bagaimana caranya ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Belajar di Sekolah


1. Tidur Cukup
Hal pertama yang harus Anda lakukan agar tidak ngantuk saat belajar di sekolah ataupun dirumah adalah pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup setidaknya 8-10 jam perhari. Jika Anda selalu kekurangan waktu tidur maka tentu saja akan merasa mengantuk sepanjang hari dan hal ini akan menganggu waktu belajar Anda.

2. Baca Materi Pelajaran Kesukaan Anda
Cara ampuh kedua untuk menghilangkan rasa kantuk saat sedang belajar adalah dengan cara mempelajari pelajaran yang Anda sukai. Biasanya sesuatu yang kita sukai maka tidak akan membosankan dan membuat kita antusias untuk belajar. Selain itu, pelajari materi pelajaran yang akan diajarkan guru disekolah  besok sehingga kita bisa memahami dan menikmati pelajaran yang diberikan oleh guru. Apabila kita paham dan mengerti maka ketika belajar di sekolah pada siang hari kita tidak akan mengantuk dan justru mengasikan.

3. Cobalah Berbicara
Tips selanjutnya adalah dengan cara berbicara. Cobalah sesekali berbicara dan bercanda dengan teman yang duduk di sebelah Anda bukanlah sesuatu yang berdosa, hal ini dilakukan semata untuk mengusir rasa bosan dan jenuh menghadapai pelajaran sehingga Anda tidak mudah ngantuk. Namun jangan berbicara sendiri ya nanti Anda dianggap aneh oleh teman sekelas.

4. Bergerak
Ketika rasa ngantuk mulai menyerang Anda saat sedang belajar dirumah atau disekolah maka bergeraklah. Jika Anda sedang belajar di sekolah dan rasa ngantuk menyerang maka cobalah untuk minta izin ke toilet agar tubuh bisa bergerak atau juga bisa mencuci muka agar rasa ngantuk hilang.

5. Pandangi Sekeliling Kita
Belajar di sekolah pada siang hari memang rentan ngantuk sehingga kita harus pintar-pintar dalam mengatasinya. Jika Anda mulai ngantuk ketika sedang belajar disekolah maka cobalah sesekali untuk memandangi disekeliling Anda, lihatlah teman-teman Anda apakah ada juga yang mengantuk ? jika iya maka tentu saja hal ini akan menjadi pemandangan yang lucu sehingga membuat kita menjadi terhibur dan bisa mengusir rasa kantuk didalam kelas.

6. Makan Permen
Makan permen dikelas saat belajar adalah suatu keseruan tersendiri karena jika ketahuan maka bisa kena hukum. Nah, ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri dan membuat kita selalu waspada sehingga membuat rasa kantuk hilang. So, jangan sampai Anda ketahuan guru jika tidak ingin dihukum.

7. Gerakan Kaki
Nah tips terakhir untuk mengusir rasa ngantuk saat sedang belajar adalah dengan mengayunkan atau menggerakan kaki. Jika ini tidak berhasil maka cobalah untuk melepas sepatu ketika dikelas maka ini akan membuat kaki terasa dingin sehingga Anda bisa terbebas dari ngantuk.

Itulah cara menghilangkan ngantuk saat belajar di sekolah. So, selain cara diatas maka jangan lupa untuk mencukupi waktu tidur Anda agar tubuh selalu segar sepanjang hari dan bebas ngantuk berlebihan. Baca Juga : 6 Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Mengantuk