7 Manfaat Hebat Berpelukan Bagi Kesehatan Tubuh

Berpelukan tidak hanya sekedar ekspresi rasa kasih sayang dan cinta kita terhadap seseorang namun dibalik itu ternyata kita tidak pernah menyadari bahwa ternyata pelukan hangat kepada orang yang kita sayangi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.Bahkan tidak hanya itu saja, berpelukan juga mampu membuat mood menjadi baik dan mengurangi rasa stres pada diri kita sehingga tak heran jika para ahli mengatakan bahwa sentuhan-sentuhan positif bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan terhindar dari depresi.

manfaat berpelukan

Mungkin sebagian dari kita tidak banyak yang mengetahui akan manfaat berpelukan bagi kesehatan tubuh, padahal hal yang sepele seperti itu mempunyai sejuta manfaat. Nah, jika Anda masih bertanya-tanya dan ragu maka silahkan simak tulisan dibawah ini yaitu ada 7 manfaat berpelukan bagi kesehatan tubuh.

1. Sistem kekebalan meningkat
Sistem kekebalan tubuh merupakan prajurit yang selalu siap siaga untuk melawan berbagai bakteri dan virus jahat yang menyerang tubuh. Nah, apabila sistem kekebalan tubuh menurun maka daya tahan tubuh akan melemah sehingga menyebabkan kita menjadi mudah terserang oleh berbagai penyakit. Untuk itu maka perhatikan apa yang kita konsumsi dan mulailah gaya hidup yang sehat agar kekebalan tubuh tetap kuat dan meningkat. Selain hal diatas, ternyata untuk meningkatkan kekebalan tubuh tidaklah terlalu sulit karena hal sepele seperti berpelukan juga bisa membuat sistem imun didalam tubuh meningkat dan hal ini telah diakui oleh para peneliti.

2. Kurangi rasa sakit
Tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh tetapi berpelukan juga merupakan salah satu obat paling ampuh untuk mengurangi rasa sakit. Berpelukan mempunyai efek yang menenangkan sehingga hal ini membuat kita menjadi nyaman dan sedikit melupakan rasa sakit. Hal ini telah terbukti yaitu salah satunya mungkin sering Anda alami sendiri.

3. Kepercayaan diri bertambah
Pelukan dari orang yang kita cintai tidak hanya membuat kita menjadi tenang namun juga membuat rasa percaya diri kita menjadi meningkat. Mungkin sebagian dari kita tidak akan percaya akan hal ini sebelum mencobanya sendiri, meskipun terlihat sepele tetapi mampu membangkitkan rasa optimis pada diri kita.

4. Lebih rileks
Ketika seseorang berpelukan maka tubuh akan melepaskan hormon okitosin dan dopamin. Nah, hormon dopamin inilah yang memberi efek lebih rileks pada tubuh kita. So, jika tubuh sudah rileks maka stres pasti akan berkurang sehingga kita bisa terhindar dari depresi.

5. Jantung sehat
Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang sangat penting karena organ ini sangat vital dan penting bagi kehidupan manusia. Nah, selain dengan mengatur pola hidup dan makan serta olahraga yang cukup ternyata hanya dengan berpelukan kita juga sudah termasuk menjaga kesehatan jantung. Para ahli mengatakan bahwa manfaat berpelukan adalah salah satunya mengurangi resiko penyakit jantung.

6. Cegah depresi
Stres berlebihan tanpa bisa dikendalikan maka jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan seseorang mengalami depresi. Nah, untuk mengurangi rasa stres agar tidak menjadi depresi maka cobalah atasi dengan cara berpelukan. Pelukan tidak hanya tanda kasih sayang saja tetapi sangat menyehatkan tubuh kita.

7. Tekanan darah stabil
Tekanan darah yang tidak normal bisa membuat gangguan pada tubuh kita yaitu salah satunya adalah pusing, mual dan lainnya. Nah, agar tekanan darah kita tetap normal dan stabil maka cobalah untuk berpelukan dengan orang yang Anda sayangi.

Itulah 7 manfaat berpelukan bagi kesehatan tubuh yang mungkin jarang disadari oleh kebanyakan orang. Bagaimana, untuk memiliki tubuh yang sehat ternyata mudah bukan dan hanya dengan hal-hal sepele seperti itu sudah sangat membantu menyehatkan kita. Baca Juga : 10 Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Stres