Cara Merawat Wajah Agar Awet Muda

Cara merawat wajah agar awet muda dan cantik
Memiliki wajah yang cantik dan awet muda hingga usia tua bukanlah perkara yang mudah karena untuk mendapatkan hal tersebut kita dituntut untuk rutin dan rajin dalam melakukan perawatan wajah setiap hari. Jangan malas untuk merawat wajah sejak dini karena dengan perawatan yang benar dan tepat sejak Anda masih di usia remaja bisa meminimalisir terjadinya penuaan dini sehingga akan membuat wajah Anda tetap cantik dan akan terlihat awet muda meskipun usia Anda nantinya sudah tidak muda lagi.

Nah, sebelum kita membahas bagaimana cara merawat wajah sejak dini agar tetap awet muda maka ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang harus dihindari sejak remaja agar wajah tidak cepat keriput dan mengalami penuaan dini.

Penyebab Wajah Remaja Menjadi Tua


1. Salah Memilih Kosmetik
Penyebab pertama yang sering kali menjadi biang keladi mengapa wajah menjadi terlihat tua adalah karena salah dalam memilih dan menggunakan kosmetik. Perhatikan riasan wajah Anda karena apabila salah dalam menggunakan make up maka bukannya menjadi cantik malah bisa-bisa membuat wajah terlihat lebih tua. Satu lagi, terkadang gonta-ganti kosmetik atau make up juga bisa memicu terjadinya penuaan dini pada kulit wajah. So, hati-hati dalam memilih kosmetik dan pilihlah yang sesuai dan benar-benar cocok untuk kulit Anda.

2. Begadang
Kemudian kebiasaan buruk yang harus Anda hindari sejak usia muda adalah begadang. Begadang merupakan salah satu penyebab yang membuat wajah menjadi cepat tua . Tidak hanya itu, terlalu sering begadang juga bisa mengakibatkan tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

3. Sinar Matahari
Sinar matahari kerap kali dianggap sebagai biang keladi yang menjadi penyebab kulit wajah menjadi kusam, hitam hingga keriput. Ya hal tersebut memang benar, maka dari itu usahakan agar Anda selalu melindungi kulit wajah ketika hendak keluar rumah agar paparan sinar matahari tidak merusak dan membuat kulit Anda menjadi keriput. Namun bukan berarti sinar matahari tidak baik untuk kita loh, sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan tulang kita.

4. Alkohol dan rokok
Kemudian hal selanjutnya yang harus dihindari sejak usia remaja adalah alkohol dan rokok agar nantinya wajah Anda tetap awet muda dan segar sepajang waktu. Kandungan alkohol dan rokok sangat tidak baik untuk kesehatan kulit kita sehingga membuat kulit wajah menjadi kusam dan mempercepat proses penuaan.  So, hindari hal diatas jika Anda ingin memiliki wajah yang awet muda.

Cara Merawat Wajah Sejak Dini Agar Awet Muda


Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa untuk mendapatkan wajah yang cantik dan awet muda kita harus melakukan perawatan wajah sedini mungkin. Nah, mungkin sebagian dari kita masih bingung dan tidak mengetahui bagaimana sih cara merawat wajah agar awet muda sejak di usia muda. Tenang jangan khawatir simak tips dibawah ini.

1. Selalu Bersihkan Wajah Ketika Hendak Tidur di Malam Hari
Langkah pertama untuk menjaga wajah agar tetap cantik dan awet muda hingga tua nanti adalah yaitu rajin mencuci atau membersihkan wajah setiap malam ketika hendak tidur dimalam hari. Hal ini sangat penting karena apabila Anda malas untuk membersihkan wajah dimalam hari maka kulit wajah akan mengalami berbagai masalah yang tentuya akan membuat Anda cepat terlihat tua.

2. Anti Aging
Kemudian tip selanjutnya yang harus Anda lakukan saat masih remaja adalah selalu menggunakan anti aging agar wajah Anda tetap awet muda hingga tua nanti. Gunakan produk-produk anti aging setiap malam seperti serum, toner, krim malam dan krim mata. Namun perhatikan, pilihlah produk anti aging yang sesuai dengan usia Anda dan ditujukan untuk wanita usia 20-an agar hasilnya bisa maksimal.  Jadi kesimpulannya adalah setelah mencuci dan membersihkan wajah maka jangan lupa untuk menggunakan serum, toner, krim malam dan krim mata. Meskipun terlihat ribet tetapi jika Anda rutin melakukannya maka percayalah hasilnya akan membuat Anda tersenyum.

3. Masker Wajah
Anda juga bisa sesekali menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan alami, salah satu masker wajah yang sangat rekomended adalah masker putih telur. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rutin menggunakan masker putih telur diantaranya adalah mencerahkan wajah, mengencangkan kulit wajah dan mengatasi berbagai permasalahan lainnya. Cara untuk membuat masker wajah ini juga terbilang sangat simpel yaitu Anda hanya perlu menyiapkan satu buah telur ayam kampung lalu oleskan putihnya pada wajah Anda. Diamkan saja semalaman dan baru bilas dipagi harinya.

4. Gunakan Scrub Wajah
Kemudian tips selanjutnya adalah yaitu rutin menggunakan scrub wajah setidaknya sekali dalam seminggu atau sebulan sekali juga bisa. Scrub wajah ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah Anda sehingga wajah akan selalu tampak awet muda serta halus. Anda bisa membeli atau membuat sendiri scrub wajah di rumah dengan menggunakan campuran gula dan madu.


5. Lindungi Kulit Wajah dari Paparan Matahari
Terakhir yaitu selalu lindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari. Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa sinar matahari bisa membuat wajah Anda menjadi cepat tua sehingga maka dari itu jangan lupa untuk selalu menggunakan sunlblok setiap hendak keluar rumah agar wajah Anda tetap terlindungi dan awet muda.


Itulah cara merawat wajah agar awet muda sehingga Anda akan tetap terlihat cantik dan segar meskipun usia sudah tidak muda lagi. So, jika Anda ingin awet muda dan cantik sepanjang waktu maka lakukanlah perawatan wajah mulai dari remaja. Baca Juga : 6 Tips Cantik dan Awet Muda di Usia 30-an