Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas dan Jenuh Ketika Belajar

Apakah Anda pernah merasa malas dan jenuh ketika belajar ? jika iya maka hal tersebut bisa dikatakan sesuatu yang wajar karena kita tidak bisa memungkiri bahwa memang terkadang ada saatnya dimana kita merasa malas dan jenuh untuk belajar. Namun, jangan biarkan kemalasan dan kejenuhan ini terus-terusan menghampiri Anda karena tentunya akan berdampak negatif bagi diri Anda sendiri.

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada orang yang menjual obat malas karena memang malas dan rajin seseorang itu tergantung dari diri mereka sendiri. Jangan biarkan rasa malas belajar ini mengakar kuat didalam diri Anda karena hal ini tentunya akan sangat berdampak negatif dan mempengaruhi prestasi Anda disekolah bahkan yang lebih parahnya lagi yaitu membuat masa depan Anda menjadi suram.

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa tips agar Anda bisa melawan rasa malas atau jenuh ketika sedang belajar. Penasaran ? yuk simak tulisan dibawah ini.

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas dan Jenuh Ketika Belajar



1. Tenangkan Pikiran
Sebelum Anda mulai belajar maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menangkan pikiran terlebih dahulu agar nantinya pelajaran yang Anda baca bisa diserap dengan baik dan akan menambah semangt belajar Anda. Rileks dan jangan merasa terbebani dengan apa yang Anda pelajari karena apabila kita sudah merasa tidak nyaman maka tentunya akan membuat kita menjadi malas dan jenuh untuk belajar.

2. Tetapkan Tujuan Secara Tertulis
Kemudian tips selanjutnya adalah tuliskan tujuan dan cita-cita Anda pada sebuah kertas. Hal ini akan membuat Anda semakin bersemangat untuk belajar karena ingin segera mencapai cita-cita yang Anda inginkan. Jika Anda mulai merasa malas dan jenuh maka bacalah kembali apa tujuan dan cita-cita yang telah Anda tulis maka tanpa disadari hal ini akan membangkitkan kembali semangat belajar Anda secara instan.

3. Berdoa
Jangan sepelekan hal ini karena doa merupakan salah satu kunci kesuksesan. Berdoalah sebelum belajar dan minta kepada Tuhan agar Anda bisa menyerap pelajaran tersebut dengan baik. Bukankah sudah saya jelaskan diatas apabila pelajaran tersebut dengan mudah kita serap maka semangat belajar akan semakin meningkat dan kita tidak akan mudah bosan.

4. Perhatikan Posisi Belajar Anda
Posisi belajar ternyata juga bisa mempengaruhi seseorang didalam belajar. Usahakan jangan belajar dalam posisi berbaring karena hal ini akan membuat Anda mudah mengantuk tetapi cobalah belajar dengan posisi duduk dimeja belajar. Selain itu, belajarlah dalam keadaaan yang tenang dan tidak banyak keributan agar konsentrasi Anda tetap terjaga dan fokus didalam belajar.

5. Gunakan Metode Belajar yang Menyenangkan
Biasanya salah satu penyebab kita malas belajar adalah karena cara guru menyampaikan pelajaran tersebut terkadang sulit dimengerti atau terlalu cepat. Nah, untuk itu maka Anda bisa belajar dirumah dengan metode sendiri yang Anda anggap lebih menyenangkan dan mudah untuk dimengerti.

6. Lakukan Jedah Sebentar
Nah apabila hal diatas masih belum bisa mengatasi rasa jenuh Anda ketika belajar maka cara terakhir adalah ambilah waktu atau jedah belajar sebentar. Ketika Anda sedang istirahat belajar maka gunakanlah waktu itu untuk melakukan hal-hal yang menyegarkan pikiran agar nanti semangat belajar Anda bisa kembali dengan cepat.


Itulah cara mengatasi rasa malas ataupun jenuh saat belajar. Bagaimana mudah bukan ? jangan sampai rasa malas menguasai diri Anda karena hal ini hanya akan membawa Anda pada kesengsaraan dan membuat masa depan menjadi suram.