Penyebab Mata Ngantuk Terus dan Cara Mengatasinya

Mata ngantuk terus dan tubuh terasa lemas sering kali membuat kita menjadi kurang berkonsentrasi dan bersemangat didalam menjalani aktivitas harian sehingga tentunya hal ini sangat-sangat mengganggu pekerjaan dan membuat produktivitas Anda menurun. Seperti yang kita ketahui bahwa mengantuk adalah sesuatu yang wajar dan manusiawi karena sejatinya setiap manusia sudah pasti membutuhkan waktu untuk istirahat dan tidur. Dengan mendapakan tidur yang cukup setiap malam maka akan membuat tubuh menjadi sehat serta bugar ketika menjalani aktivitas di siang hari.

Meskipun tidur yang cukup dimalam hari bisa membuat tubuh menjadi bugar pada pagi harinya dan sangat membantu kita terhindar dari rasa kantuk di siang hari namun terkadang hal ini tidak berlaku pada sebagian orang. Terkadang ada sebagian orang yang sudah mendapatkan tidur cukup setiap malam tetapi masih merasa ngantuk terus  dan lemas ketika bangun di pagi hari dan bekerja di siang hari.

Penyebab Mata Ngantuk Terus dan Cara Mengatasinya


Nah, bagi Anda yang selalu merasa ngantuk terus dan lemas ketika bangun di pagi hari padahal sudah tidur lebih awal dimalam hari maka jangan disepelekan karena bisa saja hal ini sebuah alarm bagi tubuh Anda bahwa ada yang salah pada tubuh Anda. Berikut dibawah ini ada beberapa penyebab mata ngantuk terus dan badan lemas.



Penyebab Mata Ngantuk terus


1. Anemia
Penyebab pertama yang membuat mata terasa ngantuk terus dan badan menjadi lemas padahal sudah mendapatkan tidur yang cukup adalah anemia. Anemia adalah kondisi dimana ketika tubuh kekurangan darah, biasanya seseorang yang mengalami anemia ini tidak hanya selalu ngantuk tetapi juga merasakan lemah, letih, lesu, lemas dan lelah setiap hari.

2. Kekurangan Kalori dan Zat Gizi
Kemudian penyebab kedua mengapa kita selalu ngantuk terus setiap hari padahal sudah tidur cukup dimalam hari adalah karena kekurangan kalori dan zat gizi. Tubuh yang kekurangan kalori dan zat gizi tentunya akan menyebabkan kita menjadi lemas dan selalu mengantuk ketika melakukan aktivitas harian.

3. Melewatkan Sarapan
Melewatkan sarapan di pagi hari juga bisa menjadi penyebab mengapa Anda selalu mengantuk dan lemas. So, maka dari itu jangan lupa untuk selalu sarapan pagi ketika sebelum beraktivitas agar tubuh kita bugar dan semangat sehingga rasa kantuk pun hilang.

4. Terlalu Banyak Makan
Tidak hanya melewatkan sarapan saja yang bisa menyebabkan Anda menjadi mengantuk tetapi terlalu banyak makan di pagi hari juga bisa membuat kita menjadi ngantuk terus. Ketika kita terlalu banyak makan maka perut akan terasa sangat kenyang, nah menurut penelitian mengatakan bahwa perut terlalu kenyang maka bisa menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa.  So, maka dari itu cobalah kontrol asupan makanan yang masuk kedalam tubuh Anda dan makan lah sewajarnya saja serta tidak berlebihan.

5. Dehidarasi
Kemudian penyebab Anda ngantuk terus sepanjang hari adalah karena tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini tidak hanya membuat Anda menjadi mudah mengantuk saja tetapi juga membuat tubuh terasa lemas dan juga bisa menurunkan konsentrasi serta fokus Anda. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu minum air putih setidaknya delapan gelas sehari agar tubuh tetap sehat, bugar dan terhindar dari dehidrasi sehingga Anda pun terbebas dari ngantuk seharian.

6. Insomnia
Penyebab Anda ngantuk terus sepanjang hari adalah karena mengalami insomnia. Insomnia ini adalah suatu kondisi gangguan tidur yang membuat Anda tidak bisa tidur dimalam hari. Apabila insomnia ini tidak diatasi dengan cepat maka tidak hanya membuat Anda selalu mengantuk sepanjang hari saja tetapi juga bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit berbahaya lainnya.

7. Aktivitas Yang Padat
Aktivitas yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab Anda merasa ngantuk terus sepanjang hari dan menyebabkan tubuh menjadi lemas. Ingat, jangan terlalu memaksakan tubuh Anda untuk bekerja karena walau bagaimanapun juga tubuh membutuhkan istirahat sehingga apabila terlalu di forsir maka tentu hal ini akan bisa berdampak negatif bagi Anda sendiri, salah satu dampak yang paling bisa Anda rasakan adalah tubuh akan terasa lemas dan mengantuk setiap hari.

8. Penyakit Diabetes
Penyakit diabetes juga bisa menjadi penyebab Anda selalu merasa ngantuk dan lemas sepanjang hari. So, apabila Anda penderita diabetes maka perasaan ngantuk dan lemas ini adalah sesuatu yang wajar. Tetap jaga kesehatan dan terapkan pola hidup yang sehat agar diabetes yang Anda derita tidak menjadi parah.

Cara Mengatasi Mata Ngantuk Terus


1. Pola Hidup Sehat
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi agar tidak merasa mengantuk sepanjang hari adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Hindari begadang, perbanyaklah mengkonsumsi makanan bergizi dan jangan lupa selalu menyempatkan diri untuk berolahraga. Apabila kita menerapkan pola hidup yang sehat maka tubuh akan menjadi sehat serta bugar sehingga hal ini bisa membuat kita terhindar dari rasa kantuk yang berlebihan terutama di siang hari.

2. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Sayur dan buah sangatlah penting bagi tubuh, kandungan vitamin yang terdapat pada buah maupun sayur mampu membuat tubuh Anda menjadi sehat serta bugar. Konsumsilah buah-buahan seperti aprikot, semangka, apel, anggur, kismis dan buah plum karena buah-buahan tersebut mampu membantu memperlancar aliran darah didalam tubuh kita. Apbila aliran darah kita lancar maka tubuh akan menjadi sehat sehingga Anda pun tidak akan ngantuk terus setiap hari.

3. Konsumsi Air Putih
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kurang mengkonsumsi air putih juga merupakan salah satu penyebab mengapa Anda ngantuk terus sepanjang hari. Nah, maka dari itu pastikan jika Anda mengkonsumsi air putih setidaknya delapan gelas sehari agar tubuh selalu sehat dan bugar serta terhindar dari yang namanya dehidrasi.

4. Biasakan Tidur dan Bangun Pada Jam Yang Sama
Kemudian tips terakhir agar Anda tidak merasa ngantuk terus sepanjang hari adalah dengan membiasakan diri untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari. Meskipun hal ini terlihat sepele tetapi terbukti ampuh dan bisa membuat tubuh menjadi bugar sepanjang hari. Misalnya, Anda tidur jam 9 malam dan bangun jam 5 subuh maka pastikan Anda tidur dan bangun di jam tersebut setiap hari. Kebiasaan ini tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar saja tetapi juga bisa membuat Anda terhindar dari rasa kantuk yang berlebihan ketika disiang hari.


Itulah penyebab mengapa Anda merasa ngantuk terus dan lemas setiap hari beserta cara mengatasinya. Semoga artikel ini menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.