5 Gerakan Yoga Yang Bisa Bantu Kamu Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Yoga

Susah tidur dimalam hari atau insomnia adalah merupakan salah satu masalah serius yang tidak bisa dianggap sepele. Kadang-kadang kita menjadi jengkel sekaligus kesal, padahal sudah berada ditempat tidur cukup lama. Gulingkan badan kekanan, kemudian ke kiri tetapi mata tidak juga mau terlelap. Meskipun kadang-kadang bisa juga tertidur tetapi rasanya tidur kita kurang nyenyak dan bahkan sering terbangun dimalam hari.


Nah, jika Anda sering merasakan hal seperti ini maka ada baiknya Anda mencari solusi. Karena bagaimanapun juga tidur yang nyenyak adalah salah satu kunci agar tubuh tetap segar serta fresh sehingga kita tidak mudah mengantuk ketika beraktivitas di siang hari.

Sebenarnya sudah banyak tips atau cara mengatasi insomnia ini yang ditulis oleh beberapa blogger. Mereka memberikan berbagai macam saran yaitu mulai dari mengkonsumsi makanan penghilang insomnia hingga tips-tips unik lainnya. Namun dari sekian banyaknya tips, ada satu tips yang patut Anda coba yaitu melakukan yoga. Ada beberapa gerakan yoga yang bisa Anda lakukan, bahkan Anda bisa melakukannya ditempat tidur. Gerakan yoga ini dipercaya dapat membantu Anda didalam melawan insomnia dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Yoga


1. Upside-down relaxation
Pose yoga yang pertama yaitu Upside-down relaxation. Pose ini dipercaya mampu membantu Anda untuk bisa tidur lebih nyenyak. Lakukanlah pose ini selama 2 menit. Untuk gerakannya silahkan Anda lihat pada gambar dibawah ini

Upside-down relaxation


Silahkan berbaring di dekat dinding, kemudian selonjorkan kaki Anda keatas dinding. Perhatikan posisi lengan kamu, pastikan lengan diletakan di samping tubuh dengan menghadap keatas. Ambil napas dengan lembut, kemudian rasakan peregangan pada bagian kaki. Bertahan diposisi ini selama 2 menit.

2. Winding down twist
Kemudian lanjutkan dengan posisi winding down twist. Lakukan kurang lebih selama 1 menit. Lihat pada gambar dibawah ini

winding down twist


Anda ambil posisi duduk layaknya orang yang sedang bersila, boleh dilakukan di tempat tidur. Kemudian tempatkan tangan kanan Anda pada lutut bagian kiri dan sedangkan tangan kiri dibelakang tulang ekor. Lakukan gerakan ini sambil membuang napas.

Kemudian putar secara perlahan badan Anda ke posisi kiri, pandangan mata Anda juga mengikuti arah puataran. Ambil napas dalam-dalam dan kemudian kembali lagi pada posisi normal sambil membuang napas. Lakukan hal yang sama dengan posisi berlawanan.

3. Nighttime goddess stretch
Lanjutkan lagi dengan gerakan nighttime goddess stretch. Lakukan gerakan ini setidaknya selama 2 menit. Lihat bagaimana gerakannya pada gambar dibawah ini

nighttime goddess stretch


Silahkan Anda tidur terlentang ditempat tidur, kemudian tekuk lutut Anda. Usahakan agar kedua telapak kaki bertemu satu sama lain. Rileks, istirahatkan tangan Anda dengan posisi terbuka ke bagian atas. Biarkan selama 2 menit berdiam diri dengan posisi seperti ini.

4. Child's pose
Jika sudah maka lanjutkan lagi dengan gerakan Child's pose. Anda bisa melihat bagaimana gerakan ini pada gambar dibawah. Lakukan gerakan ini selama 2 menit.

Child's pose


Posisikan diri Anda seperti layaknya orang yang akan bersujud. Kemudian rebahkan tubuhmu kedepan, letakan dahi dengan nyaman diatas tempat tidur. Posisikan dada dekat dengan lutut dan panjangkan lengan Anda kedepan. Tahan posisi ini selama 2 menit.

5. Rock-a-bye roll
Kemudian kita lanjutkan dengan gerakan yang terakhir yaitu Rock-a-bye roll. Kita cukup melakukan posisi ini selama 1 menit saja. Lihat gerakannya pada gambar dibawah ini

Rock-a-bye roll


Baringkan badan Anda diatas tempat tidur dan kemudian angkak kaki Anda sedikit kedepan. Silangkan kaki Anda, kemudian letakan kedua tangan kita diatas kaki. Tarik napas dan kemudian gerakan tubuh Anda seolah kita akan mau duduk tetapi bukan duduk beneran. Tetap pertahankan pose seperti itu. Jika sudah maka lepaskan


Itulah 5 gerakan yoga untuk mengatasi insomnia. Anda bisa mencoba melakukan pose-pose yoga diatas ketika hendak tidur dimalam hari. Gerakan yoga tersebut dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.