Cara Mengurangi Rasa Mual dan Ingin Muntah Saat Hamil

Cara Mengurangi Mual Saat Hamil Muda Trimester 1
Cara mengurangi rasa mual dan ingin muntah ketika sedang hamil sebenarnya tidaklah terlalu susah, bahkan hal ini bisa diatasi secara alami tanpa harus mengkonsumsi obat-obat penghilang rasa mual. Rasa mual yang timbul di trimester pertama kehamilan merupakan sesuatu yang wajar sehingga Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal ini. Tetapi meskipun demikian, tetap saja kita tidak boleh mengabaikan nya karena apabila dibiarkan maka pastinya akan sangat mengganggu aktivitas harian Anda.

Berikut ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan saat hamil muda atau trimester pertama untuk mengurangi rasa mual dan ingin muntah (morning sicks) :


Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil


1. Hindari stres
Hal pertama yang harus Anda lakukan agar selalu sehat dan bisa mengurangi rasa mual di saat sedang hamil muda adalah menghindari stres. Seperti yang kita ketahui bahwa stres ini tidak hanya bisa memicu timbulnya depresi tetapi juga sangat berdampak buruk bagi psikis ibu hamil sehingga hal ini akan menyebabkan ibu hamil menjadi gampang lelah. Nah, rasa lelah akibat stres ini bisa memicu mual pada ibu hamil.

2. Makan Porsi Kecil Tetapi Sering
Rasa mual saat hamil membuat para wanita menjadi malas untuk makan, nah apabila dibiarkan maka hal ini tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda dan janin. Agar rasa mual tersebut bisa berkurang maka caranya yaitu Anda sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan dalam porsi besar. Cukup mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi intensitasnya sering, dengan mengkonsumsi makanan sedikit demi sedikit seperti ini maka rasa eneg bisa berkurang.

3. Hindari Makanan Yang Menyebabkan Mual
Ketika memasuki usia kehamilan Anda tidak bisa lagi mengkonsumsi makanan secara sembarangan karena apabila salah dalam mengkonsumsi makanan maka tidak hanya membuat kesehatan Anda menurun tetapi juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Hindari makanan yang bisa membuat Anda menjadi mual seperti makanan berlemak tinggi, makanan pedas dan makanan berminyak seperti gorengan.  Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan ber gas seperti nangka, kol, durian, sawi hijau dan makanan fermentasi.

4. Konsumsi Buahan
Mengkonsumsi buahan disaat sedang hamil muda sangatlah baik karena selain mengenyangkan, buahan juga bisa membantu para ibu hamil dalam mengurangi rasa mual yang berlebihan. Salah satu buah yang sangat bagus untuk ibu hamil adalah buah apel, kandungan antioksidan dan vitamin didalam buah yang satu ini tidak hanya bisa mengurangi rasa mual saja tetapi juga sangat membantu untuk mencegah sembelit pada ibu hamil.


5. Istirahat
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ibu hamil yang lelah akan sangat mudah merasa mual sehingga maka dari itu sangat dianjurkan agar para ibu hamil mendapatkan istirahat yang cukup. Ketika Anda mendapatkan istirahat yang cukup maka tubuh akan terasa rileks, apabila tubuh rileks maka pikiran pun menjadi tenang dan mual pun akan hilang.

6. Berikan Jedah Saat Bangun Tidur
Kemudian untuk mengurangi rasa mual di saat bangun di pagi hari maka perhatikan ketika akan bangun tidur di pagi hari. Berikan jedah dan jangan langsung beranjak dari tempat tidur ketika Anda terbangun di pagi hari karena hal ini bisa saja menyebabkan Anda menjadi mual dan lemas. Berbaringlah di tempat tidur agak sebentar ketika Anda bangun tidur di pagi hari dan jangan langsung beranjak tegak.

7. Konsumsi Air Putih Cukup
Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari, jangan terlalu banyak juga karena hal ini malah akan membuat Anda menjadi mual. Segelas air putih hangat di pagi hari sangat membantu Anda dalam mengurangi rasa mual.

8. Olahraga
Terakhir, agar rasa mual di saat hamil bisa berkurang maka pastikan bahwa Anda selalu dalam kondisi sehat. Jangan lupa untuk berolahraga, cukup olahraga ringan saja seperti jalan santai di pagi hari. Selain menyehatkan, udara pagi juga sangat bagus untuk Anda dan membuat pikiran menjadi rileks.


Itulah cara mengatasi rasa mual saat hamil atau morning sick. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan dialami oleh setiap wanita yang hamil sehingga Anda tidak perlu khawatir berlebihan menyikapinya. Tetapi meskipun demikian Anda tetap harus memperhatikan gejala mual yang di rasakan karena apabila kondisi mual yang Anda alami sudah berlebihan seperti selalu muntah setiap makan dan minum, sedikit berkemih serta jumlah urin juga sedikit dan selalu lesu maka sebaiknya cepat periksakan kondisi Anda pada dokter. Biasanya didalam dunia medis, gejala diatas dinamakan penyakit hiperemisi gravidarum yaitu dimana mual dan muntah secara berlebihan atau over.

Share this :

Previous
Next Post »