6 Penyakit Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Hamil dan punya anak merupakan anugerah yang terindah bagi setiap pasangan, terutama bagi wanita mereka akan merasa sempurna apabila bisa melahirkan seorang anak. Namun sayangnya tidak semua wanita mudah untuk hamil, bahkan tak jarang ada sebagian wanita yang mandul. Sebenarnya wanita yang sulit hamil bisa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah masalah kesehatan baik itu pada pria maupun wanita itu sendiri.

6 Penyakit Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil
 
Nah, berbicara mengenai kesehatan maka berikut dibawah ini ada 6 penyakit yang menyebabkan wanita sulit hamil. Penasaran, apa saja penyakit tersebut ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Sindrom Ovarium Polikistik
Apakah anda pernah mendengar penyakit ini ? sindrom ovarium polikistik ini adalah penyakit yang menyebabkan kalenjer adrenal menghasilkan lebih banyak androgen. Nah, akrena kadar androgen yang tinggi ini membuat perkembangan folikel ovarium dan pelepasan sel telur selama ovulasi menjadi terganggu. Hal ini akan mengakibatkan kista atau kantung yang berisi cairan berkembang dalam ovarium.  Sampai saat ini belum diketahui apa penyebab dari penyakit ini, namun masalah ini cukup banyak terjadi pada wanita.

2. Penyakit Radang Pinggul
Penyakit radang pinggul bisa dikatakan sangat serius karena infeksi yang disebabkan bisa merusak uterus, ovarium, saluran tuba dan bagian lain dari sistem reproduksi wanita secara permanen sehingga wanita sulit untuk hamil. Untuk gejalanya sendiri biasanya adanya rasa nyeri pada perut bagian bawah atau perut kanan bagian atas.

3. Endrometriosis
Endrometriosis ini terjadi akibat adanya gangguan pada endometrium yang tumbuh di luar rahim. Namun jaringan endometrium tidak hanya tumbuh diluar tetapi juga menyebar hingga keluar daerah pinggul sehingga jaringan tersebut menjadi terperangkap didalam tubuh. Akibatnya jaringan yang terperangkap tersebut menyebabkan iritasi pada jaringan sekitarnya dan mengembangkan jaringan parut sehingga bisa memicu rasa nyeri yang terkadang bisa dikatakan cukup parah, apalagi pada masa menstruasi.

4. Kegagalan Ovarium Prematur
Kegagalan ovarium prematur tidaklah sama dengan monopause sehingga harus dibedakan. Biasanya penyakit ini menyebabkan ovarium wanita berhenti bekerja secara normal pada usia sebelum 40 tahun. Biasanya wanita yang mengalami hal ini tidak mengalami menstruasi bulanan dan siklus menstruasinya tidak teratur, selain itu wanita yang mengalami penyakit ini akan lebih cepat terkena oesteoporosis.

5. Fibroid Rahim
Penyebab wanita sulit hamil selanjutnya adalah karena adanya penyakit fibroid rahim atau biasa disebut dengan mioma. Penyakit ini kecil kemungkinan untuk meningkat menjadi kanker rahim sehingga anda tidak perlu khawatir.  Sebanyak 3 dari 4 wanita memiliki fibroid rahim selama hidup mereka, tetapi kebanyakan tidak menyadarinya karena itu sering tidak menimbulkan gejala. Anda mungkin akan menemukan fibroid di tubuh saat pemeriksaan panggul atau USG.

6. Infeksi
Penyakit terakhir yang menyebabkan wanita menjadi sulit hamil adalah adanya infeksi. Salah satu infeksi yang sering terjadi adalah klamidia dan ini bisa menular lewat hubungan yang sering bergonta-ganti pasangan.

Nah, itulah 6 penyakit yang bisa menyebabkan wanita sulit hamil yang harus diketahui agar bisa dapat penanganan yang tepat dan Andapun bisa segera hami dan mendapatkan bayi.