Cara Membuat Scrub Wajah Sendiri Yang Mudah dan Simpel

Cara Membuat Scrub Wajah Sendiri Yang Mudah dan Simpel
Cara membuat scrub wajah alami sendiri dirumah sebenarnya sangatlah mudah sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing harus mengeluarkan uang hingga ratusan ribu bahkan jutaan hanya untuk membeli scrub wajah yang di jual dipasaran. Selain bisa lebih irit, scrub wajah yang kita buat sendiri dari bahan-bahan alami ini tentunya lebih aman karena bebas bahan kimia.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat scrub wajah sendiri dirumah dengan menggunakan bahan alami maka silahkan simak tulisan dibawah ini.



Cara Membuat Scrub Wajah Alami di Rumah


1. Gula, Madu dan Teh Hijau
Cara membuat scrub wajah yang pertama adalah dengan menggunakan campuran antara gula, madu dan teh hijau. Ketiga bahan tersebut merupakan kombinasi yang tepat untuk wajah Anda karena selain bisa mengangkat sel-sel kulit mati, dengan rajin menggunakan scrub wajah yang terbuat dari bahan ini mampu mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit wajah.

Seduh teh hijau dengan menggunakan air hangat, lalu setelah itu masukan air seduhan tadi kira-kira 3-4 sendok teh hijau kedalam mangkok. Kemudian tambahkan satu sendok gula pasir kedalam air seduhan teh tadi. Tambahkan lagi gula hingga tektsturnya agak sedikit kasar, tapi pastikan agar campuran tersebut masih cukup basah dan tidak terlalu kering akibat kebanyakan gula.
Terakhir, tambahkan satu sendok madu dan kemudian aduk hingga rata agar ketiga bahan tercampur semua. Masukan scrub wajah yang Anda buat tadi kedalam botol jar dan tutup dengan rapat, scrub ini bisa bertahan hingga beberapa minggu.

Cara pemakaian nya sendiri sangatlah simpel, yaitu bersihkan terlebih dahulu wajah Anda dengan menggunakan air hangat lalu ambil secukupnya scrub wajah yang telah Anda buat tadi dan kemudian gosokan secara perlahan pada wajah Anda secara merata. Berikan sedikit pijatan, jika sudah maka silahkan cuci kembali wajah Anda dengan menggunakan air dingin.

2. Minyak Kelapa, Gula dan Lemon
Kemudian cara membuat scrub wajah yang kedua adalah dengan menggunakan bahan alami seperti minyak kelapa, gula dan lemon. Kandungan pada minyak kelapa dikenal sangat bagus untuk kulit wajah Anda dan dikenal sebagai tonik, sedangkan gula dan lemon akan membantu wajah Anda lebih lembab dan halus.

Cara membuat scrub dari bahan ini sangatlah mudah yaitu masukan setengah gelas minyak kelapa kedalam mangkok, jika tidak ada minyak kelapa bisa menggunakan minyak zaitun. Setelah itu, tambahkan gula kira-kira dua sendok. Silahkan tambahkan lagi gulanya hingga teksturnya berpasir, tetapi pastikan juga jangan sampai kebanyakan gula dan terlalu kering. Apabila sudah, tambahkan juga satu sendok air perasan lemon kedalam ramuan tadi. Aduk hingga ketiga bahan tersebut tercampur rata dan kemudian baru digunakan untuk wajah Anda.

Sebelum menggunakan scrub wajah ini maka seperti biasa, cuci terlebih dahulu wajah Anda dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, baru dioleskan scrub tersebut pada seluruh wajah Anda secara merata dengan sedikit diberi pijatan. Gunakan handuk basah untuk menghilangkan scrub diwajah Anda, setelah itu baru di cuci dengan menggunakan air dingin. Sisa scrub wajah bisa Anda simpa didalam botol jar dan bisa digunakan untuk minggu depan.

3. Bubuk Kopi
Apakah Anda gemar mengkonsumsi kopi ? ya, kopi tidak hanya enak untuk dikonsumsi dan bisa menghilangkan kantuk saja tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai scrub wajah. Scrub wajah yang terbuat dari kopi ini mampu membantu kulit wajah Anda menjadi lebih halus dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah Anda.

Cara membuat scrub kopi ini sendiri sangatlah simpel yaitu ambil saja satu atau dua sendok bubuk kopi lalu kemudian tambahkan dengan air secukupnya. Setelah itu bisa langsung Anda aplikasikan pada wajah. Cuci terlebih dahulu wajah Anda dengan menggunakan air hangat, kemudian oleskan scrub kopi tadi secara merata dan berikan sedikit pijatan. Biarkan scrub wajah menempel selama 10 menit kemudian baru bilas wajah Anda dengan menggunakan air dingin.

4. Beras, Lemon dan Madu
Selanjutnya, Anda juga bisa membuat scrub wajah menggunakan campuran dari beras, lemon dan madu. Cara membuatnya juga sangat simpel yaitu, pertama Anda giling terlebih dahulu beras sebanyak dua genggam. Giling kasar saja dan jangan terlalu lama menggiling nya agar beras tidak menjadi halus karena kita membutuhkan butiran-butiran kecil dari beras.

Setelah itu, masukan beras yang sudah digiling tadi kedalam mangkok lalu tambahkan dengan madu hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian, potong atau belah menjadi dua lemon yang telah Anda siapkan tadi. Celupkan bagian dalam dari potongan lemon tersebut pada campuran madu dan beras tadi, oleskan dan gosokan potongan lemon tersebut pada wajah Anda dengan gerakan melingkar. Ulangi cara ini seminggu sekali agar hasilnya benar-benar maksimal.

5. Garam dan Pasta Gigi
Cara membuat scrub wajah juga bisa dengan menggunakan campuran antara garam dan pasta gigi. Scrub ini dipercaya sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan jerawat yang ada diwajah Anda.

Cara membuatnya sangat mudah yaitu campurkan saja satu sendok garam dan pasta gigi. Ingat, gunakan pasta gigi yang biasa saja dan bukan yang berbentuk gel. Aduk sedikit agar bahan tersebut tercampur rata, setelah itu silahkan aplikasikan pada wajah Anda. Bersihkan terlebih dahulu wajah Anda dengan menggunakan air hangat, kemudian baru oleskan scrub ini pada wajah Anda secara merata sambil diberikan sedikit pijatan. Setelah 10 menit, baru bilas wajah Anda dengan menggunakan air hangat dan kemudian bilas lagi dengan menggunakan air dingin agar pori-pori wajah kembali menutup.


Itulah cara membuat scrub wajah sendiri dirumah dengan menggunakan bahan- bahan alami. Menggunakan scrub wajah secara rutin seminggu sekali sangatlah agar sel-sel kulit yang menumpuk pada wajah Anda bisa terangkat sehingga wajah Anda akan menjadi bersih, putih dan bebas jerawat.

Semoga bermanfaat dan membantu Anda. Silahkan bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui hal ini.