8 Makanan Sehat Untuk Meredakan Demam

Demam merupakan salah satu penyakit yang sering kali dialami oleh masyarakat Indonesia, penyebabnya sendiri sangat beragam diantaranya yaitu mulai dari karena perubahan cuaca, terlalu lama dibawah sinar matahari atau karena adanya infeksi ringan.

Seperti yang kita ketahui bahwa meskipun tampak sepele dan bisa sembuh secara sendiri tetapi penyakit demam ini sangat menjengkelkan apabila dibiarkan karena biasanya ketika kita sedang demam maka tidak hanya badan saja yang terasa panas tetapi terkadang juga sering dibarengi dengan rasa sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, terkadang berkeringat dingin dan yang lebih tidak enaknya lagi yaitu lidah terasa pahit sehingga tidak nafsu untuk makan. Meskipun kita disuguhi makanan yang enak atau makanan kesukaan kita sekalipun maka tetap saja rasanya menjadi tidak enak apabila dikonsumsi disaat kita sedang demam.

Makanan sehat untuk meredakan demam


Nah, berikut dibawah ini ada beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi di saat sedang demam. Selain bisa mengurangi rasa mual, makanan ini sangat membantu untuk meredakan demam yang Anda alami.


Makanan Sehat Untuk Meredakan Demam


1. Sup Ayam
Ketika Anda sedang demam maka cobalah untuk mengkonsumsi sup ayam karena selain enak, sup ayam di percaya mampu meredakan demam terutama pilek yang Anda derita. Kandungan asam amino atau yang juga biasa disebut cistine didalam daging ayam mampu membantu mencairkan lendir yang ada di tenggorokan kita sehingga memudahkannya untuk keluar. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi sup ayam saat sedang demam juga bisa membantu meredakan peradangan pada tenggorokan.

2. Sup Kaldu Sayuran
Bagi Anda yang tidak suka mengkonsumsi daging atau vegetarian maka bisa mengganti sup ayam dengan sup kaldu sayuran. Anda bisa membuat sup kaldu sayuran dari beberapa jenis sayuran yang paling Anda sukai, tetapi usahakan agar menambahkan jahe kedalam sup sayuran yang Anda buat. Selain bisa membuat aroma sup Anda semakin kuat, jahe bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Bubur
Kemudian makanan terbaik yang bisa kita santap saat sedang demam adalah bubur. Tekstur bubur yang sangat lembut tentunya akan sangat mudah diserap oleh pencernaan dan membuat tubuh kita lebih berenergi sehingga proses penyembuhan pun akan berjalan dengan cepat. Anda bisa membuat sendiri bubur nasi di rumah, caranya sangat mudah yaitu cukup haluskan saja nasi secukupnya lalu tambahkan dengan sedikit bawang putih dan merahserta garam.

4. Pisang
Pisang juga sangat bagus dikonsumsi ketika kita sedang mengalami demam. Selain rasanya yang manis, pisang ini mampu membuat pencernaan kita menjadi stabil dan mudah dicerna oleh tubuh. Tidak hanya itu saja, buah yang satu ini juga mampu membantu menurunkan temperatur tubuh dan menggantikan elektrolit didalam tubuh yang hilang akibat muntah-muntah.

5. Apel
Selain pisang, Anda juga bisa mengkonsumsi buah apel ketika sedang demam. Seperti yang kita ketahui bahwa apel ini mengandung antioksidan yang sangat baik untuk tubuh sehingga mampu melawan radikal bebas dan membuat proses penyembuhan demam Anda menjadi semakin cepat. Mengkonsumsi satu buah apel setiap hari akan membuat detak jantung Anda menjadi sehat dan membantu melawan efek peradangan akibat demam.

6. Teh Panas
Teh panas juga sangat baik dikonsumsi ketika Anda sedang demam karena bisa membuat tenggorokan terasa nyaman dan memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Apabila Anda tidak suka dengan teh maka bisa menggantinya dengan air panas yang telah dicampur dengan perasan lemon.

7. Wedang Jahe
Wedang jahe mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita karena minuman yang satu ini dengan mudah kita temukan dan banyak di jual dipasaran. Nah, bagi Anda yang pada saat ini sedang demam maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumi minuman yang satu ini karena selain bisa mengurangi rasa mual, wedang jahe juga membuat pencernaan Anda menjadi nyaman dan tentunya bisa membantu mempercepat proses penyembuhan Anda.

8. Sayuran Kukus
Selanjutnya, Anda juga bisa mengkonsumsi sayuran kukus ketika sedang demam. Sayuran kukus seperti brokoli, kol, kubis dan sawi merupakan makanan terbaik yang bisa Anda konsumsi saat sedang demam karena kandungan sulforaphane didalam sayuran ini mampu membantu melawan peradangan akibat demam.


Itulah makanan sehat untuk meredakan demam yang bisa Anda konsumsi. Selain itu, agar proses penyembuhan berjalan dengan cepat maka untuk sementara  Anda harus menghindari makanan yang bisa memperburuk kondisi demam seperti makanan yang di goreng, soda dan daging merah.