Cara Menghilangkan Rasa Pahit Di Mulut Ketika Sedang Demam

Apakah Anda pernah sakit ? mungkin pertanyaan diatas sedikit konyol karena sudah pasti setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti pernah mengalami sakit, bahkan sakit ringan seperti flu atau demam sekalipun. Biasanya demam ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan orang yang mengalami demam biasaya suhu tubuhnya akan naik menjadi tinggi sehingga itulah mengapa badan orang yang deman terasa panas apabila di sentuh.

Nah, apabila sudah demam begini maka biasanya kepala pun ikut pusing dan yang paling menyiksa adalah ketika mulut juga terasa pahit sehingga menurunkan nafsu makan kita, padahal semakin malas makan maka akan semakin lama sembuhnya. Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami deman dan mulutnya terasa pahit maka coba ikuti cara sederhana di bawah ini untuk menghilangkan rasa pahit di mulut ketika sedang demam.

Mulut pahit saat sakit


Cara Menghilangkan Rasa Pahit Di Lidah Saat Demam


1. Air Putih
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa pahit dilidah maupun mulut saat demam adalah dengan cara memperbanyak mengkonsumsi air putih. Dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih maka tentu saja produksi air liur akan meningkat sehingga hal ini akan sangat membantu untuk mengencerkan lendir di hidung ataupun tenggorokan dan mengurangi rasa pahit di lidah ataupun tenggorokan.

2. Sikat Gigi
Kemudian cara selanjutnya yang bisa Anda coba lakukan untuk mengurangi dan menghilangkan rasa pahit dilidah di saat sedang demam adalah dengan menggosok gigi. Gosoklah gigi Anda setidaknya dua kali sehari maka hal tersebut mudah-mudahan mampu mengurangi bahkan menghilangkan rasa pahit dilidah. Biasanya pasta gigi bersifat basa sehingga mampu menetralkan rasa pahit di mulut dan lidah Anda.

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayur
Cara selanjutnya untuk mengatasi rasa pahit dilidah saat sedang demam adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran. Salah satu buah yang sangat bagus untuk menghilangkan rasa pahit di mulut ini adalah jeruk, Anda bisa mengkonsumsi jeruk atau jus jeruk setiap pagi agar mulut tidak terlalu terasa pahit. Selain jeruk, Anda juga bisa mengkonsumsi sayur atau buahan lainnya.

4. Berkumur Dengan Obat Kumur
Obat kumur juga ampuh dan bisa diandalkan untuk mengatasi masalah pahit pada lidah ketika sedang deman. Ketika Anda menggosok gigi maka jangan lupa gunakan juga mouthwash atau obat kumur agar gigi sehat dan mulut Anda menjadi segar sehingga bisa mengurangi rasa pahit di mulut dan lidah.

4. Menggunakan Obat Rumahan
Selain cara diatas, untuk menghilangkan rasa pahit di lidah atau mulut saat sedang demam bisa juga dengan obat rumahan yang terbuat dari campuran bakign soda dan garam. Kedua campuran bahan alami tersebut bisa Anda gunakan sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi. Selain bisa menghilangkan dan mengurangi rasa pahit dilidah dan mulut, campuran kedua bahan tersebut juga bisa membantu menghilangkan plak atau karang pada gigi.

5. Hindari Kopi dan Rokok
Terakhir, cobalah untuk menghindari rokok atau kopi karena hal ini bisa memperparah kondisi Anda dan membuat mulut akan semakin pahit. nah, maka dari itu agar rasa pahit di mulut dan lidah Anda bisa berkurang maka hentikan terlebih dahulu mengkonsumsi kopi ataupu merokok saat sedang demam.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bau Mulut Tidak Menyengat Saat Puasa


Itulah cara menghilangkan rasa pahit di mulut ketika sedang demam yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Sakit memang sungguh tidak enak dan semua orang pasti tidak ingin jatuh sakit karena membuat kita tidak bisa bebas beraktivitas. So, tetap jaga kesehatan Anda dengan rajin berolahraga serta atur pola makan yang benar dan seimbang.