Cara Merawat Rambut Agar Terlihat Lebih Sehat dan Indah Secara Alami

Cara Merawat Rambut Agar Terlihat Lebih Sehat dan Indah Secara Alami


Cara merawat rambut agar terlihat lebih sehat dan indah kebanyakan dicari oleh kaum wanita. Hal ini tak lepas dari julukan rambut sebagai mahkota alami yang diberikan Tuhan. Agar rambut terlihat lebih cantik, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan di salon ataupun mengunjungi hair stylist.

Agar tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk membuat rambut cantik sebenarnya Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan herbal alami yang harganya sangatlah murah dan juga melakukan teknik penyisiran yang tepat. Bahkan Anda bisa mendapatkannya di dapur rumah ataupun pasar terdekat. Untuk lebih jelasnya, simak terus ulasan di bawah ini.


Cara Merawat Rambut Agar Terlihat Lebih Sehat dan Indah


1. Cuka Apel dan Air Hangat
Kebanyakan wanita mengeluhkan rambut lepek setelah keramas sehingga terlihat sangat tipis. Tentu saja hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri, terlebih lagi untuk Anda yang setiap harinya harus pergi bekerja ke kantor sehingga mau tidak mau harus bertemu ataupun berpapasan dengan orang banyak.

Agar rambut terlihat lebih bervolume, Anda bisa memanfaatkan cuka apel dan juga air hangat saat keramas. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka apel dan air hangat dengan perbandingan 1:1. Gunakan campuran ini untuk membasahi rambut, lalu diamkan kurang lebih selama 5 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih hingga bau dari cuka apel hilang.

2. Alpukat dan Lidah Buaya
Alpukat merupakan buah yang tinggi akan kandungan vitamin E. Vitamin E ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan kulit. Namun perlu Anda ketahui bahwa salah satu cara merawat rambut agar terlihat lebih sehat dan indah adalah dengan memanfaatkan campuran buah alpukat dan gel lidah buaya untuk dijadikan masker rambut.

Adapun cara membuat masker rambut dari lidah buaya dan buah alpukat adalah dengan mencampurkan kedua bahan ini hingga merata. Selanjutnya oleskan ke seluruh bagian rambut layaknya saat Anda melakukan keramas biasa. Lakukan perawatan ini secara rutin 2 hingga 3 kali dalam seminggu agar rambut sehat dan indah. Selain itu, menggunakan gel lidah buaya untuk merawat rambut bisa menghindarkan Anda dari maslah kerontokan yang sangat menjengkelkan.

3. Air Perasan Lemon
Lemon sering kali dimanfaatkan untuk bahan minuman ataupun bumbu dapur. Namun selain fungsinya yang sebagai bahan makanan, perasan air lemon ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut kusam yang bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. 

Cara merawat rambut agar terlihat lebih sehat dan indah dengan air lemon adalah  mengusapkannya pada seluruh bagian rambut serta kulit kepala setelah Anda melakukan keramas dan diamkan selama 5 hingga 10 menit, baru bilas kembali menggunakan air sampai bersih.

4. Merapikan dan Menyisir Rambut
Masalah kerusakan rambut yang sering kali dialami banyak orang adalah rambut bercabang. Ujung bagian rambut sering kali mengalami masalah yang satu ini, untuk mengatasinya maka rapikan rambut dengan memotongnya secara rutin 3 bulan sekali. Salah satu penyebab utama rambut menjadi bercabang adalah paparan sinar ultraviolet. Jadi agar terlihat lebih rapi maka jangan lupa untuk memotong rambut setiap 3 bulan sekali sehingga potongan rambut tetap bagus.

Cara merawat rambut agar terlihat lebih sehat dan indah yang terakhir adalah dengan melakukan teknik menyisir yang benar. Pemilihan jenis sisir rambut yang tepat juga memiliki peranan dalam menjaga kesehatan rambut. Pilihlah sisir yang tidak terbuat dari bahan plastik karena bisa menimbulkan listrik statis. Setelah memilih sisir, lakukan penyisiran dimulai dari bagian bawah lalu naik ke atas agar rambut terhindar dari kerontokan.