Cara Sehat Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Sehat Menjaga Kesehatan Jantung


Menurut sebuah laporan menyebutkan bahwa setidaknya setiap 10 detik, ada satu orang meninggal akibat serangan jantung. Hal ini tak heran apabila badan kesehatan dunia (WHO) memasukan serangan jantung sebagai penyakit pembunuh manusia nomor satu didunia. Kedatangannya kerap kali tidak ada tanda-tanda, tiba-tiba saja menyerang dan menyebabkan seseorang meninggal.

Sangat mengerikan bukan ? nah, maka dari itu ada baiknya mulai dari sekarang Anda memperhatikan kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung sebenarnya tidaklah susah namun entah mengapa kebanyakan orang malas untuk melakukannya. Salah satu contoh yang paling mudah dan praktis adalah dengan berolahraga. Cukup luangkan waktu Anda setidanya 1 jam sehari untuk berolahraga maka itu sudah bisa membuat jantung Anda menjadi sehat.

Ada beberapa tips lainnya yang juga bisa Anda terapkan dalam keseharian untuk menjaga kesehatan jantung. Tips dibawah ini bukan saja bagus untuk kesehatan jantung Anda tetapi juga mampu membantu membuat kondisi tubuh serta organ-organ tubuh lainnya terjaga kesehatannya.

Cara Sehat Menjaga Kesehatan Jantung 


1. Olahraga

Olahraga sangat baik bagi kesehatan tubuh karena bisa membakar lemak didalam tubuh yaitu salah satu penyebab penyakit jantung. Ada 5 olahraga yang bisa anda coba agar kesehatan jantung anda tetap terjaga yaitu jalan sehat, berlari, berenang, bersepeda dan olahraga interval. Silahkan anda coba salah satu olaharaga diatas, lakukan secara rutin dan konsisten maka anda akan merasakan hasilnya tubuh akan segar jantungpun sehat.

2. Spiritual
Perbanyak kegiatan spritual anda berdasarkan ajaran agama masing-masing. Peneliti menunjukan bahwa seseorang yang rajin beribadah dan mengikuti acara-acara keagamaan tidak hanya bisa meredakan stres tetapi juga bisa menormalkan denyut jantung dengan sendirinya. Selain sehat dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta kita juga merasa tenang, damai dan mendapatkan pahala.

3. Tidur Cukup
Tidur merupakan kebutuhan bagi tubuh yang harus dipenuhi setiap hari setidaknya 8 jam sehari agar tubuh kembali bugar. Apabila anda kekurangan waktu tidur maka sistem didalam tubuh anda akan menjadi terganggu salah satunya bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi dan hal ini tentu saja bisa memicu penyakit jantung

4. Makan Makanan Sehat
Untuk menjaga kesehatan jantung kita maka konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang agar asupan nutrisi dan vitamin kita sehari-hari terpenuhi. Kurangi makanan yang berlemak dan bergaram dan konsumsilah sayuran dan buahan setiap hari karena seperti yang kita ketahui lemak merupakan salah satu penyebab seseorang terkena serangan jantung. Selain itu, makanan yang banyak mengandung garam tidak hanya bisa memicu hipertensi tetapi juga bisa memicu terjadinya batu ginjal

5. Gaya Hidup
Gaya hidup sangat mempengaruhi kesehatan kita untuk itu usahakan selalu menjalani gaya hidup yang sehat dan menjauhi segala sesuatu yang bisa merugikan kesehatan kita seperti mengkonsumsi alkohol dan lainnya. Hal tersebut tidak ada gunanya karena hanya membuat tubuh kita rusak secara perlahan.

Itulah cara sehat menjaga kesehatan jantung. Bagaimana mudah bukan ? setelah Anda mengetahui bagaimana menjaga kesehatan jantung maka ada baiknya jika Anda mengetahui juga apa saja penyebab utama yang membuat kesehatan jantung seseorang terganggu.

Penyebab Utama Penyakit Jantung 


1. Kurang Bergerak
Bagi anda yang bekerja dikantor tentu saja akan kurang bergerak karena dari pagi hingga sore hanya duduk didepan layar monitor untuk menyelesaikan pekerjaan. Kurang bergerak merupakan bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung, seseorang yang kurang gerak dan olahraga maka proses pembakaran lemak didalam tubuhnya akan berjalan lambat sehingga terjadi penumpukan lemak yang bisa menyebabkan obesitas dan akhirya bisa terkena serangan jantung

2. Keturunan
Faktor utama penyebab seseorang terkena serang jantung adalah genetik yaitu apabila keluarga anda mempunyai riwayat penyakit jantung maka besar kemungkinan anaknya akan juga rentan terkena penyakt yang mematikan ini.

3. Stres
Stres tidak hanya membuat anda menjadi depresi tetapi stres yang tidak dikelola dengan baik akan membuat emosi anda menjadi meledak-ledak sehingga bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit dan aliran darah menuju arteri menurun. Hal inilah mengapa stres bisa menyebabkan seseorang bisa terkena serangan jantung

4. Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan biang keladi utama penyebab seseorang terkena serangan jantung sehingga sebisa mungkin untuk menghindari hal-hal yang bisa membuat tekanan darah anda menjadi tinggi seperti mengurangi mengkonsumsi makanan bergaram dan lainnya. Makanan bergaram tidak hanya bisa membuat tekanan darah anda menjadi naik tetapi juga bisa menyebabkan batu ginjal.

5. Merokok
Semua orang sudah pasti tahu bahwa merokok memang tidak baik bagi kesehatan tubuh karena kandungan didalam rokok sangat berbahaya. Tidak hanya peroko aktif saja yang bisa terkena serangan jantung tetapi perokok pasif juga sangat beresiko untuk terkena penyakit yang mematikan ini.