Cara Membuat Rambut Menjadi Halus dan Lembut

Cara Membuat Rambut Menjadi Halus dan Lembut

Ketika waktu masih sekolah dulu, suka sebal jika sudah berurusan dengan rambut. Karena tidak seperti teman-teman lainnya, rambut aku sangat susah untuk diatur. Dan belum lagi jika nanti kena terik matahari maka rambut akan menjadi kering. Hal ini tentu saja membuat aku menjadi tidak percaya diri. Sudah coba gonta-ganti shampoo tetapi tetap saja masalah rambut kering dan susah diatur ini tidak bisa teratasi.

Terkadang suka iri melihat teman yang memiliki rambut halus dan lembut. Pernah terlintas didalam benak dan ingin mengetahui apa sih rahasianya atau bagaimana sih cara membuat rambut menjadi halus dan lembut seperti itu. Tapi, terkadang muncul rasa malu untuk bertanya dan pada akhirnya sampai tamat sekolahpun masalah mengenai rambut yang kering dan susah diatur ini masih saja terus menghantui

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kini kita bisa dengan mudah mengakses internet dan membaca tips mengenai permasalahan rambut. Dari hasil membaca berbagai sumber, akhirnya didapatlah tips atau cara membuat rambut halus dan lembut. Ternyata sangat simpel untuk membuat rambut menjadi halus.

Berikut beberapa tips untuk membuat rambut menjadi halus dan lembut.

1.Keramas Secara Teratur
Keramas sangatlah penting guna menghilangkan kotoran-kotoran yang ada pada kulit rambut ataupun pada rambut itu sendiri. Lakukanlah keramas secara teratur, misalnya 1 kali dalam dua hari atau seminggu 2 kali keramas. Ada baiknya Anda tidak terlalu sering berkeramas karena hal ini bisa mengurangi minyak alami pada rambut sehingga menyebabkan rambut Anda menjadi kering.

2. Gunakan Shampo Yang Tepat
Pemilihan shampo yang tidak tepat bisa menyebabkan rambut Anda menjadi kering. Untuk itu sangat penting bagi kita memilih shampo yang tepat. Usahakan jika Anda ingin membeli shampo maka membaca terlebih dahulu apa saja kandungan yang terdapat didalam shampo tersebut. Anda bisa membacanya pada kemasan. Pastikan shampo yang Anda beli mengandung bahan-bahan alami saja.

Hindari membeli shampo yang memiliki aroma wangi yang sangat tajam. Itu tidak baik untuk kesehatan rambut Anda. Shampo dengan wangi yang kuat biasanya mengandung pewangi buatan, dimana bahan tersebut bisa membuat rambut menjadi kering

Jika Anda bingung memilih shampo mana yang bagus untuk rambut maka bisa menggunakan shampo bayi saja. Shampo bayi atau anak-anak, lebih efektif didalam menjaga kelembutan rambut Anda.

3. Jangan Lupakan Kondisioner
 Setelah keramas menggunakan shampo maka jangan lupa untuk memakai kondisioner agar rambut Anda menjadi lebih lembut, halus dan jatuh ketika di sisir. Pilihlah kondisioner yang mengandung bahan-bahan alami seperti shea butter, minyak kelapa atau minyak alpukat.
Oleskan kondisioner secara merata mulai dari akar hingga ujung rambut. Lalu diamkan beberapa saat, setelah itu silahkan bilas kembali rambut Anda.

4. Vitamin Rambut
Setelah selesai keramas dan mengeringkan rambut maka lanjutkan dengan memakai vitamin rambut untuk membuat rambut menjadi lembut dan sehat. Usahakan untuk tidak mengenai kulit kepala ketika mengaplikasikan vitamin rambut karena akan membuat kulit kepala menjadi berminyak dan membuat rambut menjadi cepat lepek. Oleskan saja pada batang rambut.

Vitamin rambut, selain membuat rambut menjadi halus dan lembut, juga bisa membuat rambut Anda menjadi lebih wangi.

5. Minyak Alami
Anda juga bisa memakai minyak alami. Salah satu minyak alami yang bisa diandalkan untuk menghaluskan rambut adalah minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa ini pada pangkal hingga ujung rambut, kemudian bungkus rambut dengan shower cap atau juga bisa menggunakan handuk yang sebelumnya sudah direndam didalam air hangat. Biarkan selama 15 menit atau bisa juga sampai 1 jam, setelah itu buka dan cuci rambut Anda.

6. Hindari Memakai Pengering Rambut
Ada baiknya Anda menghindari pengering rambut. Karena alat yang satu ini bisa merusak rambut Anda apabila digunakan setiap hari. Alat pengering rambut bisa menyebabkan rambut Anda menjadi kering. Selain itu, hindari juga mengecat rambut karena bisa merusak rambut Anda.

7. Potong Rambut Secara Teratur
Kemudian tips terakhir yaitu pastikan jika Anda selalu memotong rambut secara teratur. Memotong rambut secara berkala dan teratur akan membuat rambut Anda menjadi lebih kuat dan tertata. Selain itu, memotong rambut juga bisa membantu menghilangkan rambut bercabang pada ujung rambut.


Itulah sedikit tips bagaimana cara membuat rambut menjadi halus dan lembut. Butuh perawatan yang konsisten untuk mendapatkan hasil terbaik. Hasil pada setiap orang berbeda-beda, mungkin ada dalam waktu 6 bulan rambut mereka sudah halus dengan mengikuti tips diatas dan mungkin ada juga yang lebih cepat. Tergantung tingkat keparahan kerusakan rambut Anda

Semoga informasi diatas bermanfaat, silahkan di share !