5 Bahaya Kesehatan Apabila Makan Terlalu Larut Malam

Makan terlalu larut malam sangat tidak baik bagi kesehatan sehingga kebiasaan buruk ini harus di hentikan mulai dari sekarang. Idealnya manusia makan hanya 3 kali sehari yaitu pada pagi hari atau biasa disebut dengan sarapan lalu makan siang dan makan malam dan selebihnya biasanya mengemil makanan ringan untuk menunda lapar hingga jam makan tiba. Namun dengan berbagai alasan biasanya banyak sebagian dari kita yang sering mengundur waktu makan mereka karena berbagai alasan. Tahukah anda bahwa mengundur waktu makan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita loh, bahkan bisa menyebabkan penyakit maag.

Bahaya Makan Diatas Jam 7 Malam


Nah, berbicara mengenai masalah waktu makan ternyata makan malam yang terlalu larut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan bisa menimbulkan berbagai penyakit saperti diabetes, obesitas hingga menggangu kualitas tidur kita. Gak percaya ? mari kita simak tulisan dibawah ini.

Bahaya Makan Diatas Jam 7 Malam


1. Obesitas
Idealnya waktu yang tepat untuk makan malan adalah sebelum pukul tujuh agar tidak ada terjadi penumpukan kalori didalam tubuh karena pada jam tersebut kita masih akan terus bergerak. Nah, apabila kita makan agak sedikit larut malam maka hal ini membuat kalori dan lemak akan menumpuk didalam tubuh dan lama kelamaan akan membuat berat badan menjadi bertambah sehingga membuat anda mudah terkena obesitas.

2. Diabetes
Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa jika seseorang terlalu sering makan larut malam maka bisa menyebabkan obesitas. Nah, apabila sudah obesitas maka sangat rentan untuk terkena diabetes yaitu penyakit mematikan yang akan membuat Anda tersiksa.

3. Menganggu Pencernaan
Biasanya apabila seseorang makan terlalu larut malam maka sehabis makan tersebut mereka akan mengantuk dan langsung tidur. Tahukah Anda bahwa ternyata hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan karena tidur setelah makan malam bisa menyebabkan perut menjadi kembung dan ketika bangun nanti akan membuat perut terasa penuh karena kesehatan pencernaan terganggu dan tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik.

4. Menggangu Kualitas Tidur
Makan yang terlalu larut malam bisa mengganggu irama sirkadian atau siklus tidur anda karena tubuh yang seharusnya istirahat malah dipaksa terus bekerja sepanjang malam untuk mencerna makanan yang anda konsumsi sebelum tidur tadi. So, usahakan untuk makan malam sebelum jam 7 malam.

5. Serangan Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh terbesar manusia di dunia karena penyakit ini tidak ada tanda-tandanya dan bisa langsung menyerang kapan dan siapa saja baik itu anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Namun anda jangan khawatir karena ada cara menjaga kesehatan jantung tanpa obat yang bisa di aplikasikan di rumah. Penyakit jantung ini diakibatkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah karena sering makan terlalu larut malam.

Nah itulah 5 bahaya kesehatan apabila makan terlalu larut malam. So, sebisa mungkin dengan alasan apapun sebaiknya jangan mengundur waktu makan karena hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.