7 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Kesehatan Gigi

Menjaga kesehatan gigi memang harus konsisten dan teratur agar tidak mudah berlubang. Seperti yang kita ketahui gigi berlubang sangat menganggu karena selain sulit dalam menggunyah makan, gigi yang berlubang juga bisa menimbulkan rasa sakit. Nah, selain harus rutin membersihkan gigi sebaiknya kita juga harus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan gigi karena memiliki gigi yang putih, bersih dan sehat bisa menambah rasa percaya diri.

Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Kesehatan Gigi

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja kebiasaan buruk yang bisa merusak gigi tersebut ? baiklah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai ini karena tanpa disadari ternyata sebagian dari kita bisa jadi sangat sering melakukan hal tersebut. Penasaran ? mari kita simak tulisan dibawah ini.

Kebiasaan Buruk Yang Merusak Kesehatan Gigi


1. Merokok
Apakah Anda seorang perokok ? merokok dan ditambah kopi merupakan perpaduan yang nikmat bagi sebagian orang. Namun tahukah anda bahwa merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan tetapi juga bisa berdampak negatif bagi gigi Anda. Merokok bisa menyebabkan plak pada gigi, apalagi ditambah ngopi maka tidak hanya plak yang menumpuk tetapi juga menyebabkan gigi menjadi kuning.

2. Mengunyah Es Batu
Kebiasaan mengunyah es batu merupakan sesuatu yang sepele tetapi tahukah Anda bahwa ternyata hal ini bisa berdampak negatif untuk gigi Anda. Selain bisa membuat gigi menjadi ngilu, mengunyah batu es juga bisa menyebabkan lubang kecil pada gigi yang apabila terus dibiarkan akan semakin membesar dan lama-kelamaan menyebabkan gigi menjadi sakit.

3. Tindik Lidah
Tindik lidah sudah menjadi trend tersendiri dikalangan anak muda yang mengaku diri mereka gaul. Padahal tindik lidah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan gigi Anda. Tindik lidah akan menyebabkan gesekan pada gigi sehingga lama kelamaan akan membuat gigi menjadi keropos dan retak.

4. Obat Batuk Cair
Batuk memang sangat menyebalkan dan bisa menganggu aktivitas sehari-hari sehingga tak heran apabila batuk datang menyerang maka cara instan untuk mengusirnya adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan. Namun tahukah Anda ternyata kandungan gula yang tinggi didalam obat batuk cair bisa merusak gigi Anda. So, jika Anda batuk maka lebih baik menggunakan obat tradisional saja yaitu seperti jeruk nipis.

5. Permen Gummy
Permen gummy adalah satu satu permen favorit anak-anak sehingga tak heran apabila banyak anak kecil yang sanggup menghabiskan permen gummy hanya dalam waktu singkat. Namun tekstur permen gummy yang lembut dan mudah lengket di gigi adalah masalah besar bagi gigi Anda. Hal ini bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih cepat dan bisa merusak kesehatan gigi. So, gosoklah gigi sesudah mengkonsumsi permen gummy.

6. Minuman Bersoda
Minuman bersoda memang mengoda karena sangat menyegarkan apalagi cuaca sedang panas maka mengkonsumsi soda adalah alternatif selain air putih. Selain tidak baik bagi kesehatan ginjal, mengkonsumsi soda secara berlebihan juga bisa menganggu kesehatan gigi Anda. Minuman bersoda biasanya mengandung banyak gula, seperti ayng sudah dijelaskan diatas bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan bisa menimbulkan beberapa masalah pada gigi. Selain itu, soda juga mengandung asam yang bisa membuat gigi menjadi erosi.

7. Membuka Barang Menggunakan Gigi
Apakah anda sering membuka barang menggunakan gigi ? jika iya maka mulai dari sekarang sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini karena bisa merusak kesehatan gigi. Mengigit barang yang keras menggunakan gigi bisa menyebabkan gigi menjadi goyang, selain itu hal ini juga memudahkan masuknya bakteri.

Itulah 7 kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan gigi. Mulai dari sekarang hentikan kebiasaan tersebut karena hanya merugikan diri Anda sendiri.