10 Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke

Stroke adalah penyakit mematikan yang paling ditakuti di dunia karena serangan stroke bisa datang secara tiba-tiba dan mendadak. Di Indonesia sendiri stroke menempati posisi ke tiga sebagai penyakit pembunuh manusia terbanyak. Selain bisa merenggut nyawa seseorang, ternyata serangan stroke juga bisa menyebabkan penderitanya menjadi cacat seumur hidup dan akan sangat sulit untuk kembali normal seperti sedia kala.

Makanan sehat untuk penderita stroke

Berbicara mengenai stroke maka pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa saja makanan yang baik untuk para penderita stroke agar penyakit mematikan yang satu ini tidak berulang-ulang menyerang Anda. Yuk kita simak tulisan dibawah ini :

Makanan Sehat Untuk Penderita Stroke


1. Beras Merah
Beras merah mungkin tidak terlalu populer bagi masyarakat Indonesia karena seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat kita lebih familiar dengan beras putih. Meskipun beras merah dan beras putih sama baiknya untuk kesehatan tubuh tetapi apabila Anda penderita stroke maka lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi beras merah. 

Beras merah ini memiliki kandungan selenium yang tinggi sehingga bisa mencegah agar penyakit stroke tidak berulang menyerang Anda. Selain itu, masih banyak lagi kandungan lainnya di dalam beras merah yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Oatmel
Jika Anda bosan mengkonsumsi beras merah maka bisa menggantinya dengan oatmel. Oatmel ini merupakan makanan olahan yang terbuat dari biji gandum dan mengandung karbohidrat komplek serta tinggi serat. Selain membuat jantung menjadi sehat, mengkonsumsi oatmel juga bisa membantu para penderita stroke agar penyakitnya tidak mengulang dan kambuh. 

3. Roti Gandum
Kemudian makanan sehat untuk penderita stroke selanjutnya adalah roti gandum. Mungkin makanan yang satu ini tidak begitu populer bagi masyarakat kita dan biasanya kita sering mengkonsumsi roti yang terbuat dari tepung. Namun jangan khawatir, roti gandum ini juga memiliki rasa yang enak seperti halnya roti yang terbuat dari tepung. Kandungan nutrisi di dalam roti gandum juga sangat bagus untuk kesehatan, terutama kandungan omega-3 nya yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh sehingga Anda bisa terhindar dari serangan stroke secara berulang-ulang

4. Ikan
Para penderita stroke di perbolehkan untuk mengkonsumsi ikan terutama ikan salmon dan makarel karena kedua jenis ikan tersebut mengandung omega 3, DHA dan EPA yang sangat bagus untuk melindungi kesehatan jantung serta mengendalikan kolesterol jahat didalam tubuh. Nah, bagi Anda penderita stroke maka makanan sehat dan terbaik yang bisa Anda konsumsi adalah ikan salmon atau makarel. 

5. Terong dan Brokoli
Terong dan brokoli juga merupakan makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk penderita stroke karena kandungan didalam terong mampu mengatasi masalah darah tinggi dan membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga tidak ada lagi penyumbatan sedangkan brokoli bagus untuk melindungi kesehatan jantung. So, makanan sehat ini sangat cocok bagi Anda yang menderita stroke karena bisa mencegah agar stroke tidak berulang

Buahan Sehat Untuk Penderita Stroke


1. Pepaya
Buah pepaya memang enak dan manis apabila sudah matang, bahkan buah yang satu ini juga nikmat apabila dijadikan campuran es. Namun tahukah Anda ternyata buah pepaya ini juga sangat baik untuk penderita stroke. So, jika Anda penderita stroke maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah pepaya.

2. Anggur
Buah Anggur juga sangat baik untuk penderita stroke karena buah yang satu ini mengandung polifenol dari senyawa resveratrol. Kandungan resveratol inilah yang merupakan sumber antioksidan dan berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dan jantung. 

3. Apel
Para ahli mengatakan bahwa mengkonsumsi satu buah apel setiap hari bisa memperpanjang usia Anda. Hal ini bisa dikatakan ada benarnya karena kandungan didalam buah apel ini memang sangat bagus untuk kesehatan dan bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Selain itu, kandungan flavonoid dan polifenol didalam apel juga bagus untuk penderita stroke.

4. Pisang
Buah pisang mengandung potasium dan kalium yang bermanfaat untuk membantu mengatur tekanan darah kita dan mengatur denyut jantung. Maka dari itu buah ini sangat cocok untuk Anda para penderita stroke.

5. Tomat
Tomat juga termasuk buahan yang bagus untuk penderita stroke karena buah yang satu ini mengandung vitamin C tinggi serta lycopen. Lycopen ini mampu menangkal radikal bebas serta mengendalikan proses peradangan dan kolesterol buruk didalam tubuh.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat dan Alami

Itulah makanan sehat untuk penderita stroke. Sekedar tambahan, untuk mengantisipasi agar stroke tidak menyerang Anda kembali maka jauhilah makanan-makanan yang mengandung lemak jahat, pemanis buatan serta makanan dibakar dan digoreng. Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Jantung Tanpa Obat