Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat dan Alami

Apakah Anda penderita kolesterol tinggi ? jika iya maka jangan diabaikan karena hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan Anda. Pada umumnya kolesterol bukanlah sesuatu yang menakutkan karena kolesterol ini merupakan suatu lemak alami yang dihasilkan oleh tubuh dan berfungsi untuk membantu pembentukan dinding sel serta menjadi bahan baku untuk pembuatan beberapa hormon. Selain di produksi sendiri oleh tubuh, kolesterol juga bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti susu, keju, daging, unggas, ikan dan margarin. 

Cara menurunkan kolesterol didalam tubuh

Nah, meskipun kolesterol ini bermanfaat untuk tubuh tetapi apabila kelebihan kolesterol juga tidak baik untuk kesehatan bahkan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit diantaranya adalah penyakit jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung ini merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan karena bisa datang dengan tiba-tiba.


Karena begitu bahayanya penyakit yang ditimbulkan akibat kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuh maka untuk itu Anda harus jeli dan rajin cek kadar kolesterol tubuh agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Berikut ada beberapa tanda-tanda bahwa koleterol didalam tubuh Anda sedang tinggi.

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi


1. Sering Pusing di Kepala Bagian Belakang
Tanda pertama adalah sering merasa pusing di kepala bagian belakang. Jika Anda sering merasakan hal tersebut maka jangan diabaikan dan segera periksakan ke dokter, pusing ini disebabkan karena telah adanya penyumbatan pada pembuluh darah dan apabila dibiarkan maka pembuluh darah tersebut akan pecah sehingga bisa menyebabkan kematian.

2. Sering Pegal Pada Pundak dan Tengkuk
Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan berbagai penyumbatan pembuluh darah sehingga menyebabkan darah tidak mengalir dengan lancar. Nah, apabila darah tidak lancar di bagian tengkuk dan pundak maka bisa menyebabkan rasa pegal-pegal di area tersebut. Jika Anda sering merasakan hal tersebut maka segera periksakan pada dokter.

3. Sering Kesemutan Pada Kaki dan Tangan
Seperti yang sudah dibahas tadi bahwa kolesterol jahat yang terlalu tinggi didalam tubuh bisa menyumbat pembuluh darah dan hal ini sudah pasti akan menyebabkan berbagai nyeri pada tubuh salah satunya nyeri kesemutan pada tangan dan kaki. Nah, apabila Anda sering mengalami kesemutan pada tangan maupun kaki maka hal ini harus diwaspadai.

4. Nyeri Pada Dada Kiri
Kemudian tanda terakhir bahwa kolesterol Anda tinggi adalah sering merasakan nyeri pada dada sebelah kiri. Jangan biarkan atau sepelakan jika Anda sering merasakan hal tersebut karena sangat berbahaya untuk kesehatan dan nyawa Anda.

Nah, setelah Anda mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi maka selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami. 

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami


1. Olahraga
Cara pertama yang bisa kita lakukan tentunya adalah dengan berolahraga. Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, meskipun kita hanya melakukan olahraga 30 menit namun apabila dilakukan secara konsisten setiap hari maka itu sudah cukup. Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh dan menyehatkan jantung.

2. Batasi Asupan Lemak Jenuh
Kemudian cara selanjutnya adalah dengan cara membatasi asupan makanan yang Anda konsumsi. Untuk mempertahankan kadar kolesterol agar tetap normal didalam tubuh maka selain melakukan olahraga kita juga harus pintar-pintar dalam mengatur pola makan. Konsumsilah makanan yang seimbang dan jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak seperti daging, popcorn, margarin, makanan cepat saji dan makanan beku siap saji karena hal ini hanya akan memperburuk dan memicu kenaikan kadar kolesterol jahat didalam tubuh Anda. Bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan diatas tetapi alangkah baiknya jika Anda mengkonsumsi makanan secara seimbang dan tidak berlebihan

3. Konsumsi Buah dan Sayuran
Semua orang tahu jika buah dan sayur merupakan salah satu makanan yang wajib ada didalam daftar menu makanan Anda setiap hari. Buah dan sayur ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, bahkan beberapa buah tertentu bisa menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh kita diantaranya alpukat, jeruk nipis, apel, tomat, mangga dan anggur. Selain itu, kita juga bisa menggunakan bawang putih untuk menurunkan kadar kolesterol, caranya yaitu cukup konsumsi 2 siung bawang putih setiap pagi.

4. Turunkan Berat Badan
Percaya atau tidak, menurunkan berat badan maka hal ini sama saja dengan kita menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh. Diet sehat yang kita lakukan untuk mengurangi berat badan tidak hanya membuat tubuh menjadi langsing tetapi juga membuat kolesterol didalam tubuh menjadi stabil. Apalagi diet sehat yang Anda lakukan ditambah dengan olahraga maka itu bisa dikatakan sangat sempurna karena selain berat badan ideal, hal ini juga membuat tubuh menjadi sehat.

5. Tinggalkan Kebiasaan Buruk
Kolesterol tinggi sering kali dipicu karena beberapa kebiasaan buruk yang sering kita lakukan setiap hari seperti mengkonsumsi minuman soda, merokok dan alkohol. Nah, apabila Anda ingin menurunkan kadar kolestero yang terlalu tinggi didalam tubuh makan mulailah menjalani gaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk diatas.

6. Istirahat Cukup
Istirahat merupakan salah satu cara terbaik untuk penyembuhan karena ketika sedang beristirahat maka tubuh akan bekerja dari dalam untuk meperbaiki sel-sel yang rusak dan menggantinya dengan yang baru serta membuat segala racun dari dalam tubuh. Nah, maka dari itu jangan begadang dan tidurlah ketika jam sudah menunjukan 0.009-10.00 malam.

7. Kunjungi Dokter
Kemudian tips selanjutnya maka tentu saja Anda harus mengunjungi dokter dan memeriksakan kondisi tubuh serta cek kadar kolesterol setidaknya 6 bulan sekali. 


Itulah cara menurunkan kolesterol yang tinggi didalam tubuh secara alami dan cepat. Apabila Anda sudah menjalani gaya hidup sehat dan konsisten maka tentu saja tubuh akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.