Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat dan Aman

Hidung tersumbat memang sangat menyebalkan karena membuat kita sangat tersiksa, bahkan ketika hidung mulai mampet maka biasanya juga sering kali diiringi dengan masalah kesehatan lainnya seperti demam, bersin-bersin dan terkadang sakit kepala. Maka dari itu apabila Anda mulai mengalami masalah diatas maka harus segera di tangani dan diobati dengan cepat agar tidak menganggu aktivitas keseharian Anda.

Cara mengatasi hidung tersumbat karena flu dengan cara alami

Nah, bagi Anda yang pada saat ini sedang mengalami masalah hidung meler, mampet atau tersumbat maka jangan khawatir karena ternyata ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat karena flu. Gak percaya silahkan simak tulisan dibawah ini.

1. Menghirup Inhaler, Balsem, Minyak Angin
Cara pertama yang bisa dikatakan cukup mudah dan praktis adalah dengan menghirup inhaler, balsem atau minyak angin. Cara ini biasanya sangat sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia sebagai alternatif untuk mengatasi hidung tersumbat secara alami.  Untuk cara menggunakannya sendiri sangat simpel yaitu Anda tinggal siapkan saja salah satu diantara tiga obat diatas. Misalnya jika Anda ingin menggunakan balsem maka tinggal hirup saja balsem tersebut, sensasi panas pada balsem ketika dihirup bisa melegakan hidung mampet. Begitupun dengan inhaler atau minyak kayu putih, tinggal dihirup saja.

2. Mengkonsumsi Makanan Pedas
Kemudian cara selanjutnya yang cukup ampuh dan praktis tanpa obat adalah dengan mengkonsumsi makanan pedas. Makanan pedas tidak hanya menguggah selera tetapi juga bisa membuat lendir yang menyumbat hidung Anda menjadi lebih encer sehingga akan keluar dengan sendirinya.

3. Menghirup Uap Air Panas
Menghirup uap dari air panas juga bisa menjadi solusi jitu untuk mengatasi hidung tersumbat ini. Seperti yang kita ketahui bahwa kelembaban dan uap dari air panas ini mampu meredakan peradangan sehingga membuat hidung Anda menjadi lega kembali.

4. Mandi Dengan Air Hangat
Mandi menggunakan air hangat biasanya sering kali kita lakukan ketika cuaca sedang dingin, hal ini untuk mengantisipasi agar kita tidak kedinginan dan mengigil. Nah, ternyata selain itu mandi dengan menggunakan air hangat juga bisa menyembuhkan atau mengatasi hidung tersumbat. Uap dari air hangat ini bisa membuat lendir yang menutupi hidung Anda menjadi encer sehingga lendir tersebut bisa keluar dengan sendirinya dan membuat hidung Anda menjadi lega.

5. Konsumsi Sup Ayam
Sup ayam memang nikmat dan memiliki nilai gizi yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Namun tahukah Anda ternyata selain enak, sup ayam juga bisa menjadi obat alternatif untuk mengatasi hidung terumbat. So, jika Anda sedang di rumah dan memang tidak ada pekerjaan maka silahkan buat sup ayam agar hidung kembali lega.

6. Gunakan Netipot
Menggunakan netipot untuk mengatasi hidung tersumbat mungkin tidak terlalu populer bagi masyarakat Indonesia. Namun meskipun demikian cara ini juga bisa diandalkan sebagai obat alternatif yang alami untuk mengeluarkan lendir di hidung. Netipot merupakan berbentuk seperti ceret atau teko namun ukurannya lebih kecil. Untuk cara pemakaianya juga sangat simpel yaitu kita isi netipot tersebut dengan air hangat dan garam satu sendok lalu aduk hingga garam menyatu dengan air.  Lalu masukan netipot pada hidung lalu tuangkan airnya hingga mengalir keluar melalui lubang hidung yang satunya.

7. Obat
Jika Anda malas untuk melakukan cara-cara alami diatas maka bisa menggunakan cara praktis yaitu dengan mengkonsumsi obat. Pada saat ini kita bisa dengan mudah menemukan obat-obatan untuk mengatasi masalah hidung tersumbat karena flu dan bisa dibeli di warung-warung terdekat.

8. Istirahat
Kemudian tips terakhir adalah dengan beristirahat cukup. Istirahat sangat penting agar tubuh bisa memperbaiki dirinya sendiri sehingga Anda bisa lebih cepat sembuh. Namun perhatikan posisi tidur Anda ketika hidung sedang tersumbat atau meler, posisi tidur yang tepat adalah dengan telentang namun usahakan posisi kepala Anda lebih tinggi.


Itulah tips mengatasi hidung tersumbat secara alami yang disebabkan oleh flu. So, jagalah kesehatan Anda dengan menjalani pola hidup sehat agar kita tidak mudah jatuh sakit.