Cara Ampuh Agar Berhenti Merokok

Apakah Anda seorang perokok ? jika iya maka sebaiknya mulailah dari sekarang untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut karena seperti yang kita ketahui bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, bahkan dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit mengerikan yaitu salah satunya adalah kanker. Maka dari itu untuk menjaga kesehatan tubuh, selain berolahraga dan menerepakan pola makan teratur kita juga harus menjalani gaya hidup yang sehat yaitu salah satunya dengan cara berhenti merokok mulai dari sekarang

Cara berhenti merokok yang ampuh dan berhasil


Nah, berbicara mengenai berhenti merokok maka pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana tips dan cara berhenti merokok dengan mudah dan cepat sehingga Anda benar-benar bisa berhenti total dan pada akhirnya akan meninggalkan rokok. Penasaran ? yuk simak tipsnya di bawah ini.

Cara Berhenti Merokok Yang Mudah dan Ampuh


1. Niat
Hal pertama tentu saja yang harus Anda tanamkan didalam diri adalah niat untuk berhenti merokok. Kita semua tahu bahwa tidak ada obat untuk berhenti merokok, obat terbaik ada didalam diri kita sendiri yaitu niat itu sendiri. 

2. Perlahan
Kemudian tips selanjutnya adalah lakukan cara termudah untuk berhenti merokok yaitu dengan perlahan namun pasti. Biasanya para pecandu rokok berat sangat sulit untuk langsung berhenti merokok total, bahkan terkadang ada sebagian orang yang merasa gelisah dan stres. Nah maka dari itu untuk awal-awal maka coba untuk menurunkan porsi merokok Anda misalnya dari satu bungkus sehari menjadi 2 batang sehari. Lakukan secara perlahan hingga Anda benar-benar bisa melawan keinginan untuk merokok.

3. Buat Perjanjian Dengan Teman Atau Keluarga
Nah, apabila Anda sudah bisa mulai mengurangi porsi merokok maka tips selanjutnya adalah buatlah perjanjian dengan teman atau keluarga bahwa Anda akan berhenti merokok dan jangan segan untuk menyuruhnya memberikan hukuman jika Anda merokok kembali. Meskipun terdengar lucu dan sepele namun hal ini bisa menjadi motivasi tersendiri bagi Anda dan cara berhenti merokok seperti ini sudah terbukti dan berhasil. 

4. Jauhi Kebiasaan Yang Bisa Memancing Anda Untuk Merokok
Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat Anda ingin kembali merokok ? Biasanya kebiasaan seperti ngopi, begadang dan duduk-duduk kumpul bersama teman perokok bisa memancing kita untuk merokok kembali. Bagi Anda yang sudah lama berhenti merokok mungkin kebiasaan diatas tidak maslaah tetapi bagi Anda yang baru akan berhenti merokok maka tentu saja hal diatas bisa memancing rasa ingin merokok. So, bagi Anda yang ingin benar-benar berhenti merokok dengan cepat maka sebaiknya hindari terlebih dahulu kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan dan memancing kita ingin merokok.

5. Jangan Berdiam Diri Tetapi Carilah Kesibukan
Melakukan berbagai kegiatan biasanya akan membuat Anda menjadi lupa dan terhindar dari keinginan merokok. Maka dari itu jika Anda ingin benar-benar berhenti merokok maka jangan hanya berdiam diri saja tetapi lakukankan berbagai macam aktivitas agar Anda menjadi sibuk dan tidak ada waktu lagi untuk memikirkan rokok.

6. Siapkan Permen
Bagi Anda yang pada awal-awal masa berhenti merokok maka jangan lupa untuk selalu mengantongi permen sebagai pengganti rokok. Apabila Anda sesudah makan maka usahakan untuk mengalihkan perhatian dengan cara mengkonsumsi permen atau makanan lainnya seperti coklat untuk meredam keinginan merokok.

7. Perbanyak Istirahat dan Konsumsi Air Putih
Mengkonsumsi air putih dan istirahat cukup merupakan salah satu cara terbaik untuk membersihkan racun-racun rokok didalam tubuh. Selain itu, tentunya kita butuh istirahat karena sudah capek seharian melakukan berbagai aktivitas untuk menghindari rokok. 

8. Berpikir Positif
Ketika Anda mulai berhenti merokok maka tetaplah berpikir positif dan jangan anggap bahwa Anda berhenti merokok adalah pengorbanan tetapi anggap saja bahwa hal tersebut merupakan langkah awal kita untuk menjalani gaya hidup sehat. 

9. Mulai Dari Sekarang
Nah jika Anda sudah siap akan berhenti merokok maka mulailah dari sekarang karena jika hanya niat saja tanpa ada tindakan sama saja dengan bohong. 


Itulah cara berhenti merokok yang ampuh dan bisa Anda tiru. Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk berhenti merokok mulai dari sekarang ? kapan lagi kalau tidak sekarang. Baca Juga : 5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Di Usia 30-an