5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Di Usia 30-an

Tak bisa dipungkiri bahwa semakin hari tubuh kita akan semakin menua dan apabila kita tidak pintar-pintar dalam menjaga kesehatan, terutama kesehatan jantung maka tentunya akan berdampak negatif bagi diri kita sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung ini sangatlah berbahaya dan bisa merenggut nyawa seseorang tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

Jantung sehat di usia 30-an

Selain itu, penyakit jantung juga tidak mengenal usia dan bisa menyerang siapa saja baik itu remaja maupun orang dewasa. Namun biasanya orang yang paling rentan terkena serangan jantung adalah di usi 30-an yaitu dimana pada usia tersebut seseorang telah mempunyai banyak tanggungan sehingga beban pikiran menjadi meningkat. Nah, apabila stres ini tidak bisa dikendalikan maka lama-kelamaan akan bisa membuat seseorang beresiko terkena penyakit jantung

Untuk itu, dibawah ini ada 5 tips yang bisa Anda ikuti untuk menjaga kesehatan jantung bagi orang yang telah berusia 30-an keatas.

1. Makan sehat
Jika ingin jantung Anda tetap sehat hingga tua nanti maka mulailah untuk mengkonsumsi makanan sehat sedini mungkin. Jangan asal makan saja karena bisa membahayakan tubuh dan kesehatan Anda, apalagi terlalu sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak maka sudah pasti Anda beresiko terkena serangan jantung. Nah, jika usia Anda suda memasuki 30-an maka cobalah selektif dalam memilih makanan dan hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan berkolesterol. Pilihlah makanan yang sehat seperti sayur, buahan dan ikan.

2. Tidur berkualitas
Ketika usia kita sudah memasuki 30-an maka jangan samakan dengan ketika kita masih remaja karena tentu saja hal ini akan berbeda. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup sepanjang malam dan menghindari mengkonsumsi alkohol serta rokok agar kesehatan jantung tetap terjaga.

3. Sarapan
Mungkin bagi sebagian orang melewatkan sarapan adalah hal sepele namun jika jantung Anda ingin tetap sehat maka usahakan agar selalu sarapan dipagi hari. Di usia 30-an kita harus bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap fit sehingga tidak mengganggu aktivitas atau pekerjaan kita.

4. Jangan Sembarang Konsumsi Obat
Mengkonsumsi obat secara sembarangan tidak hanya bisa merusak kesehatan ginjal  kita tetapi juga merusak jantung. Nah, bagi Anda yang mempunyai riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit jantung maka jangan sesekali mengkonsumsi obat secara sembarangan tanpa resep dokter karena ini sangat berbahaya.

5. Batasi gula dan asupan garam
Kemudian tips terakhir agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga ketika memasuki usia 30-an adalah  dengan membatasi konsumsi gula dan garam. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi kedua hal diatas karena sangat tidak baik bagi kesehatan jantung Anda. Batasi saja asupan harian gula dan garam Anda karena jika kekurangan dua makanan tersebut juga bisa menganggu kesehatan tubuh.

Itulah 5 tips menjaga kesehatan jantung di usia 30-an agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati.