Cara Menghilangkan Kutu Di Rambut Beserta Telurnya Secara Tuntas

Cara menghilangkan kutu di rambut beserta telurnya sebenarnya tidaklah sulit dan bisa kita lakukan sendiri dirumah hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti bawang merah, cuka atau minyak zaitun. Seperti yang kita ketahui bahwa rambut berkutu tidak hanya membuat kita menjadi kurang percaya diri tetapi juga bisa menyebabkan kepala terasa sangat gatal sehingga tentu saja hal ini akan sangat menganggu dan menyebalkan karena akan membuat Anda menggaruk kepala setiap saat.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan mudah dan alami


Nah, maka dari itu jangan sepelekan kutu rambut dan secepat mungkin harus diatasi agar kutu tidak berkembang biak lebih banyak lagi di rambut Anda. Berikut dibawah ini ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kutu di rambut beserta telurnya dengan cepat dan tuntas. 

1. Sisir Kutu
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kutu di rambut adalah dengan menggunakan sisir khusus yang bergigi rapat. Cara ini paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang karena dianggap praktis dan mudah yaitu cukup dengan menyisir berulang-ulang kali maka kutu beserta telurnya akan jatuh kebawah. Jangan gunakan cara ini apabila jenis rambut Anda kering dan kusut karena hasilnya tidak akan maksimal.

2. Campuran Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis
Campuran minyak kayu putih dan jeruk nipis juga bisa di andalkan untuk membasmi kutu dirambut beserta telurnya secara tuntas dan cepat. Cara membuatnya juga sangat simpel yaitu Anda bisa langsung campurkan beberapa sendok minyak kayu putih lalu oleskan campuran tersebut pada rambut Anda secara merata. Remas-remas dan berikan sedikit pijatan pada kepala Anda kemudian tutup rambut dengan penutup kepala dan diamkan selama satu jam, lalu setelah itu baru dibersihkan dan keramas rambut Anda dengan menggunakan shampo. Jangan lupa sesudah itu Anda sisir rambut menggunakan sisir khsusus kutu, untuk hasil yang lebih baik maka gunakan cara diatas beberapa kali dalam seminggu hingga kutu beserta telurnya hilang.

3. Bawang Merah
Bawang merah biasanya digunakan sebagai bumbu dapur oleh ibu rumah tangga untuk menyedapkan masakan. Namun selain itu, ternyata kita juga bisa memanfaatkan bawang merah untuk membasmi kutu pada rambut. Caranya sangat mudah yaitu haluskan bawang merah secukupnya dan kemudian balurkan pada rambut Anda hingga merata, lalu berikan sedikit pijatan agar bawang merah benar-benar bisa mengenai seluruh rambut Anda. Kemudian setelah itu diamkan saja selama 1 jam dan baru setelah itu dibersihkan dan keramas rambut Anda dengan shampo agar bau bawang merah bisa hilang. Anda bisa melakukan cara ini setidaknya beberapa kali dalam seminggu hingga kutu dan telurnya bisa hilang secara tuntas.

4. Cuka Putih
Cuka putih mengandung asam asetat yang ampuh untuk membasmi kutu pada rambut serta membuat telur kutu gagal untuk menetas sekaligus bisa melepaskan telur-telur kutu dari rambut. Cara penggunaanya sangat mudah yaitu Anda tinggal oleskan saja cuka putih pada rambut secara merata dari akar hingga ujung rambut lalu diamkan selama 1 jam, setelah itu silahkan cuci dan keramas rambut Anda dengan shampo untuk menghilangkan bau cuka. Perhatikan untuk mengurangi efek negatif penggunaan cuka ini maka campurkan sedikit air sebelum mengoleskan cuka pada rambut. 

5. Minyak Zaitun
Minyak zaitun mungkin sudah tidak asing lagi di telingga kita, semua orang tahu jika minyak ajaib yang satu ini memiliki sejuta manfaat untuk manusia baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan wajah dan rambut. Nah, minyak zaitun ini juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan kutu dirambut. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah yaitu Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada rambut yang berkutu ketika hendak tidur di malam hari lalu tutup rambut Anda dengan shower-cap dan diamkan semalaman. Cuci rambut Anda dipagi hari dan keramas menggunakan shampo.

6. Alkohol
Kemudian cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengtasi masalah kutu di rambut adalah dengan menggunakan alkohol. Cara menggunakannya juga sangat sederhana yaitu tuangkan alkohol pada mangkok lalu setelah itu usapkan alkohol tersebut menggunakan kedua tangan pada rambut Anda secara merata dari akar hingga ujung rambut. Jangan lupa gosok dan usap secara perlahan agar kutu dirambut mati, kemudian tambahkan sedikit kondisioner lalu gosok kembali rambut Anda. Setelah itu, ambil sisir bergigi rapat lalu sisir rambut Anda hingga kutu dan telur jatuh dan apabila dirasa sudah tidak ada lagi kutu di rambut Anda maka langkah selanjutnya adalah bersihkan dan keramas rambut Anda menggunakan shampo.

7. Minyak Kelapa
Minyak kelapa juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah kutu di rambut. Cara pemakaiannya juga sangat mudah yaitu Anda oleskan minyak kelapa pada rambut ketika hendak tidur dimalam hari lalu tutup rambut Anda dengan shower cap dan diamkan semalaman, lalu baru dipagi hari bilas rambut Anda dan keramas menggunakan shampo

8. Obat Pembasmi Kutu
Nah cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kutu dirambut adalah dengan membeli obat pembasmi kutu di apotek terdekat. Meskipun cara ini terbilang ampuh tetapi perhatikan bahan-bahan yang terkandung didalam obat pembasmi kutu yang akan Anda beli agar kesehatan rambut tetap terjaga.


Itulah cara menghilangkan kutu beserta telurnya yang bisa Anda coba. Sedikit tambahan, apabila rambut Anda telah terbebas dari kutu maka untuk mencegah agar kutu tidak datang kembali adalah dengan cara selalu rutin menjaga kebersihan rambut dan yang paling penting adalah menjauhi orang yang memiliki kutu rambut agar kutunya tidak pindah pada rambut Anda. Baca Juga : 4 Cara Alami Untuk Meluruskan Rambut Tanpa Rebonding