Cara Mudah Menghilangkan Rasa Cemas Di Dalam Diri

Rasa cemas, takut dan gelisah merupakan salah satu masalah besar yang harus dihilangkan dari dalam diri kita. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap manusia tentunya pernah mengalami dan merasakan yang namanya ketakutan, kegelisahan serta kecemasan didalam hidupnya dan hal tersebut sesuatu yang wajar dan alami. Namun yang harus diperhatikan apabila rasa cemas, takut dan gelisah tersebut telah berlebihan sehingga membuat Anda merasa tidak tenang dan nyaman dalam menjalani hidup.

Cara Menghilangkan rasa cemas di dalam diri kita


Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang selalu cemas dan takut diantaranya adalah cemas dan takut akan hidup miskin, kemudian cemas dan takut apabila tidak diterima oleh masyarakat dan masih banyak lain penyebab mengapa seseorang bisa menjadi cemas dan takut. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara untuk menghilangkan ras cemas dan takut yang ada didalam diri Anda. Penasaran ? yuk silahkan simak tulisan dibawah ini.

1. Tarik Napas Dalam-Dalam
Jika Anda merasa gelisah dan cemas maka cobalah untuk menarik napas dalam-dalam agar pikiran Anda kembali rileks. Cara ini sangat simpel dan mudah untuk diikuti sehingga siapa saja bisa melakukannya. Usahakan ketika Anda menarik napas maka bebaskan pikiran dari berbagai macam pikiran negatif dan pejamkan mata. Tahan napas dalam beberapa detik lalu hembuskan kembali, lakukan cara ini berulang setidaknya sampai 3 kali hingga pikiran rileks.

2. Tulis Rasa Cemas Anda Pada Selembar Kertas
Kemudian cara mudah dan praktis selanjutnya adalah dengan cara menuliskan rasa takut dan cemas Anda pada selembar kertas. Cara ini terbilang sangat efektif untuk mengeluarkan segala keluh dan kesah yang Anda rasakan sehingga membuat beban yang Anda rasakan sedikit berkurang. Tulislah dengan jujur apa yang Anda rasakan dan apa saja yang menjadi ketakutan terbesar Anda, mudah-mudahan dengan cara ini Anda bisa mengurangi sedikit rasa khawatir dan cemas didalam diri.

3. Dekatkan Diri Pada Tuhan
Salah satu cara terbaik untuk mengusir rasa khawatir dan cemas adalah dengan mendekatkan diri pada Tuhan. Perbanyaklah kegiatan agama agar jiwa Anda tenang dan tentram karena seperti yang kita ketahui bahwa Tuhan akan selalu menolong siapa saja manusia yang mendekatkan diri pada-Nya.

4. Tertawa dan Berolahraga
Rasa cemas yang sering mengantui kita sebenarnya bisa dihilangkan dengan berolahraga dan tertawa. Orang yang murah senyum dan selalu bahagia hidupnya tentu saja akan jauh dari rasa cemas dan khawatir karena orang-orang yang bahagia selalu berpikiran positif.

5. Bersyukur
Bersyukur membuat hidup kita lebih tenang dan damai sehingga kita tidak hidup dalam ketakutan sepanjang wakut. Dengan bersyukur kita tidak akan takut dan merasa kekurangan serta terhindar dari penyakit hati seperti iri, dengki dan dendam yang tentunya membuat hidup kita menjadi tidak tenang. Selain itu, orang yang pandai bersyukur tentunya rezeki mereka akan terus melimpah karena hal ini sudah di jamin oleh Allah melalui Al-Quran.

6. Hindari Kafein, Alkohol dan Rokok
Hati-hati dan perhatikan Apa yang Anda konsumsi karena ternyata beberapa minuman tertentu seperti kopi, minuman beralkohol dan kebiasaan merokok bisa memicu perasaan cemas. So, maka dari itu sebaiknya hindari hal-hal diatas agar pikiran Anda tenang.


7. Tidur
Tips terakhir untuk mengusir rasa cemas dan khawatir yang ada didalam diri kita adalah dengan cara tidur. Jika Anda merasa lelah dan sedikit cemas, pergi saja ke pembaringan untuk apalagi kalau bukan tidur.

Itulah cara mudah untuk menghilangkan rasa cemas yang ada didalam diri kita. Bagaimana mudah bukan ? so, hiduplah sewajarnya dan selalu bersyukur agar kita tenang dalam menjalani hidup tanpa ada rasa takut, cemas dan gelisah. Baca Juga : Ingin Hidup Sukses ? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Di Pagi Hari