7 Makanan Yang Ampuh Untuk Usir Rasa Kantuk

Cara menghilangkan ngantuk sebenarnya tidaklah susah karena ternyata ada beberapa makanan tertentu yang bisa bisa Anda konsumsi untuk mengusir rasa kantuk dan membuat mata tetap melek. Seperti yang kita ketahui bahwa rasa mengantuk saat bekerja ataupun belajar disekolah sangatlah mengganggu dan membuat konsesntrasi kita menurun sehingga tidak fokus dalam menjalani pekerjaan atau mengikuti pelajaran. Pada akhirnya tentu saja akan membuat produktivitas kerja dan prestasi kita disekolah menjadi tergganggu.

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengusir rasa kantuk disiang hari. Penasaran ? yuk silahkan kita simak saja tulisan dibawah ini.


Makanan untuk usir rasa kantuk





1. Kopi
Jika Anda mulai ngantuk maka seduh saja kopi maka mata akan kembali melek dan tubuh menjadi segar serta bersemangat kembali. Semua orang sudah tahu bahwa kopi merupakan minuman nikmat yang bermanfaat untuk mengusir rasa ngantuk sehingga tak heran apabila para pekerja kantoran sering mengandalkan minuman yang satu ini untuk melawan rasa kantuk. Namun meskipun kopi ini bisa menghilangkan ngantuk tetapi jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya ya teman-teman karena sesuatu yang berlebihan itu tentu saja tidak baik.

2. Dark Chocolate
Nah, bagi Anda yang tidak suka minum kopi maka bisa menggantinya dengan dark chocolate. Minuman ini juga sangat ampuh untuk membuat mata kita tetap melek dan mengusir rasa kantuk. Selain itu, dark chocolate juga mengandung zat besi dan magnesium yang bisa membuat kita semangat kembali karena kedua zat tersebut bisa membangkitkan energi sehingga kita tetap aktif sepanjang hari.

3. Konsumsi Makanan Pedas
Makanan pedas tidak selalu jelek tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita dan juga bisa mengusir rasa kantuk disiang hari. Makanan pedas ini juga bisa memberi kita energi sehingga tubuh yang sudah mulai lesu akan semangat kembali. So, jika Anda sudah mulai menguap ketika dikantor atau disekolah maka cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang agak sedikit pedas agar mata kembali melek.

4. Air Kelapa Muda
Mengkonsumsi air kelapa muda di siang hari yang terik sudah pasti akan membuat kita merasa segar sekaligus membuat mata menjadi melek kembali. Rasa kantuk yang mulai datang disiang hari akan segera hilang hanya dengan mengkonsumsi air kelapa muda atau degan. Selain itu, kandungan trigliserida didalam degan mampu menambah energi bagi tubuh kita.

5. Telur
Telur merupakan sumber protein yang sangat baik bagi tubuh dan tentunya memiliki banyak manfaat salah satunya adalah bisa memberikan energi pada tubuh dan menghilangkan rasa kantuk. Nah, maka dari itu apabila Anda sudah mulai mengantuk disiang hari maka cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini.

6. Air Putih
Kemudian untuk mengusir rasa mengantuk disiang hari ketika masih dikantor ataupun disekolah adalah dengan cara mengkonsumsi air putih. Terkadang rasa mengantuk bisa saja diakibatkan karena tubuh mengalami dehidrasi dan kelelahan sehingga maka dari itu kita perlu mengkonsumsi air putih agar tubuh tetap segar dan berenergi.

7. Pisang
Pisang juga bisa diandalkan untuk mengatasi rasa ngantuk yang berlebihan disiang hari. Dengan mengkonsumsi satu buah pisang maka tubuh akan terasa segar kembali sekaligus membuat kadar gula didalam darah menjadi stabil serta memudahkan gerakan usus.


Itulah makanan untuk menghilangkan rasa ngantuk disiang hari. Namun perhatikan ya teman-teman, apabila Anda merasa selalu mengantuk berkepanjangan disiang hari maka itu bisa dikatakan sesuatu yang tidak wajar dan siapa tahu suatu pertanda bahwa ada yang tidak beres didalam tubuh Anda.