Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Ampuh

Meskipun tampak sepele karang gigi tidak bisa dianggap enteng sehingga harus dibersihkan secara berkala agar gigi Anda tetap sehat, putih, kuat dan bau nafas pun menjadi segar. Seperti yang kita ketahui, walaupun karang gigi ini tampak sepele tetapi apabila dibiarkan maka lama kelamaan karang gigi tersebut akan menebal dan berwarna kuning sehingga sangat mengganggu penampilan serta membuat rasa percaya diri kita menjadi menurun.

Karang atau plak yang menempel pada gigi bukannya timbul tanpa sebb tetapi hal ini karena kesalahan Anda sendiri yang malas untuk menggosok gigi sehingga  sisa-sisa makanan yang Anda konsumsi menempel pada gigi Anda. Nah, semakin malas Anda mebersihkan gigi maka makanan tadi akan terus menempel dan mengeras sehingga sudah sangat sulit dibersihkan sekalipun di gosok menggunakan sikat gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi


Maka dari itu, apabila Anda ingin terhindar dan terbebas dari karang gigi maka mulailah dari sekarang untuk rajin memperhatikan kebersihan gigi Anda. Namun bagi Anda yang pada saat ini yang sudah terlanjur mempunyai karang gigi maka jangan khawatir karena selain pergi kedokter, cara menghilangkan karang gigi ini juga bisa kita lakukan dari rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Gak percaya ? mari simak tulisan dibawah ini.

Baca Juga : 3 Cara Alami Memutihkan Gigi Hitam

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami


1. Cengkeh
Bagi Anda yang ingin menghilangkan karang gigi secara alami maka salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan adalah cengkeh. Cengkeh ini memiliki banyak manfaat baik itu bagi kesehatan maupun kecantikan sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mecobanya.
Cara penggunaanya juga snagat mudah yaitu Anda hanya perlu menyiapkan cengkeh secukupnya saja dan kemudian gosokan pada gigi Anda yang terdapat karang atau plak. Setelah itu, agar hasilnya maksimal maka rendamlah cengkeh kedalam air hangat lalu kumur-kumur menggunakan air rendaman cengkeh tadi. Selain bisa menghilangkan karang gigi, cara ini juga bisa menghilangkan bau mulut Anda.

2. Kulit Jeruk
Kemudian bahan alami yang kedua yaitu kulit jeruk. Cara menghilangkan karang gigi menggunakan kulit jeruk ini sangat lah mudah dan saya yakin siapapun pasti bisa melakukan nya dirumah.  Anda tinggal gosokan saja kulit jeruk pada gigi Anda baik itu gigi bagian dalam maupun luar secara merata. Kulit jeruk ini mampu menghilangkan plak atau karang gigi yang membandel sekalipun, kuncinya yaitu konsisten dan rutin setiap hari menggunakan cara ini.

3. Mengkonsumsi Apel
Apel merupakan buah yang kaya manfaat. Selain memiliki kandungan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan, apel juga bisa dijadikan masker wajah yang bermanfaat membuat wajah kita menjadi putih dan bebas minyak. Nah, tetapi kali ini kita tidak akan membahas manfaat apel untuk wajah namun kita akan memanfaatkan buah yang satu ini untuk menghilangkan karang gigi.
Untuk menghilangkan karang gigi dengan menggunakan apel ini sebenarnya sangatlah simpel dan mudah yaitu Anda tidak perlu harus menggosok-gosok buah apel pada gigi tetapi langsung konsumsi saja buah apel bersamaan dengan kulitnya. Kandungan serat pada buah apel dipercaya mampu membantu mengangkat karang yang menempel apda gigi.

4. Siwak
Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui apa itu siwak, terutama bagi umat islam. Siwak merupakan salah satu sunah Rasulullah SAW yang bermanfaat untuk membuat gigi tetap bersih dan sehat. Seiring perkembangan zaman, siwak tidak lagi populer karena keberadaannya telah tergantikan oleh sikat gigi sehingga sudah sangat jarang kita menemukan orang yang membersihkan giginya dengan menggunakan siwak.

Nah ternyata selain membuat gigi menjadi sehat, siwak ini juga bisa diandalkan untuk menghilangkan plak atau karang gigi. Gunakan saja siwak setiap hari agar karang yang ada di gigi Anda bisa hilang dan gigi Anda kembali putih serta bersih.

5. Bersihkan Ke Dokter Gigi
Kemudian cara terakhir yang sangat ampuh dan cepat serta praktis adalah dengan cara membersihkan karang gigi pada dokter gigi. Tidak perlu takut untuk membersihkan karang gigi dengan dokter gigi karena tidak sakit kok dan harganya juga masih terjangkau sehingga tidak membuat kantong menjadi bolong.

Baca Juga: Cara Mencegah Timbulnya Karang Gigi

Itulah tips dan cara membersihkan karang gigi secara alami menggunakan bahan-bahan rumahan yang murah meriah. Jangan lupa selalu membersihkan gigi setiap hari agar gigi kita tetap sehat, kuat dan terbebas dari karang gigi.