7 Langkah Benar Mencatok Rambut Sendiri di Rumah

7 Langkah Benar Mencatok Rambut Sendiri di Rumah
Cara mencatok rambut sendiri dirumah sebenarnya tidaklah terlalu susah sehingga anda tidak perlu harus repot-repot untuk pergi kesalon dan mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk mencatok rambut. Tetapi perlu di ingat juga, meskipun mencatok ini sangat mudah tetapi ternyata tidak banyak loh wanita yang bisa melakukan catok sendiri dengan benar, bahkan tak jarang ada beberapa wanita yang sering melakukan kesalahan didalam mencatok rambutnya sehingga bukannya mendapatkan hasil yang memuaskan tetapi justru malah membuat rambut menjadi rusak.

Nah, berikut dibawah ini ada beberapa tips atau langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika akan mencatok rambut sendiri dirumah agar nanti lurusnya bisa tahan seharian dan lama. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari kerusakan rambut parah. Penasaran ? yuk langsung saja kita simak tipsnya dibawah ini.


Langkah-Langkah Benar Mencatok Rambut


1. Keramas
Sebelum Anda melakukan catok rambut sendiri dirumah maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci rambut dengan menggunakan shampo. Hal ini sangat penting agar rambut kita bersih saat di catok nanti dan bebas dari pasir ataupun kotoran lainnya.

2. Keringkan Rambut
Kemudian selanjutnya Anda harus mengeringkan rambut. Pastikan bahwa rambut Anda telah benar-benar kering karena apabila kita mencatok dalam keadaan rambut basah maka hasilnya nanti tidak akan bagus. Anda bisa mengeringkan rambut dengan menggunakan hairdryer agar rambut kering sempurna.

3. Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian
Kemudian, setelah rambut kering maka langkah selanjutnya adalah membagi rambut Anda menjadi beberapa bagian sesuai dengan tingkat ketebalan rambut untuk memudahkan pemberian cream pelurus rambut.

4. Oleskan Smoothing Cream
Anda tinggal mengoleskan saja smoothing cream pada bagian-bagian rambut yang telah dibagi menjadi beberapa bagian tadi. Gunakan ujung sisir flat untuk mengambil cream dan mengoleskan nya pada bagian-bagian rambut Anda, tetapi usahakan agar jangan sampai mengenai kulit kepala. Setelah itu, diamkan saja selama 20-30 menit agar krim bisa bekerja sempurna pada rambut Anda

5. Cuci Rambut
Kemudian selanjutnya cuci kembali rambut Anda dengan menggunakan air hangat tetapi tidak perlu menggunakan shampo. Kemudian setelah bersih dan tidak ada krim yang tersisa di rambut maka silahkan keringkan kembali rambut Anda dengan menggunakan hairdryer.

6. Mulai Mencatok
Sebelum mulai mencatok rambut maka semprotkan terlebih dahulu anti frizz ke seluruh rambut Anda agar nantinya rambut tidak mengembang.  Kemudian perhatikan juga tingkat kepanasan dari catokan, pastikan agar catokan tidak terlalu panas. Jika sudah siap maka Anda bagi rambut menjadi beberapa bagian dengan menggunakan jepitan, lalu mulailah mencatok sedikit demi sedikit. Lakukan proses mencatok ini sedikit demi sedikit hingga sampai selesai dan semua rambut menjadi lurus.

Biasanya ketika sesudah dicatok, rambut akan terlihat lepek tetapi meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena hal ini merupakan sesuatu yang lumrah. Oleskan saja Neutralizer cream pada rambut Anda dan diamkan selama 20 menit.

7. Selesai


Itulah 7 langkah benar mencatok rambut sendiri dirumah yang bisa Anda coba. Meskipun sepertinya sangat mudah tetapi mencatok rambut membutuhkan kesabaran dan ketelitian sehingga tidak bisa terburu-buru.