8 Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk purut adalah sejenis tanaman perdu yang memiliki banyak sekali manfaat terutama buah dan daun nya. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan, jeruk purut ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan wajah. Karena memiliki beragam manfaat yang luar biasa maka tidak heran apabila banyak orang yang menanam jeruk purut ini diperkarangan rumah mereka sehingga ketika sewaktu-waktu membutuhkan maka tinggal petik saja tanpa repot-repot harus membeli daun atau buah jeruk purut ke pasar.

Nah, bagi anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lengkap apa saja  manfaat dari jeruk purut ini maka silahkan simak artikel dibawah ini.

Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan dan Kecantikan



Manfaat Jeruk Purut Bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Menyembuhkan Flu
Manfaat jeruk purut yang pertama adalah mampu membantu menyembuhkan flu atau influensa. Seperti yang kita ketahui bahwa influensa merupakan salah satu penyakit yang cukup menjengkelkan sehingga maka dari itu kita harus mengatasi nya secepat mungkin agar flu ini tidak mengganggu aktivitas harian kita.

Salah satu cara alami untuk menyembuhkan dan mengatasi flu ini adalah dengan mengkonsumsi air jeruk purut. Caranya membuat ramuan untuk menyembuhkan flu dari jeruk purut ini sangatlah mudah yaitu cukup dengan menyiapkan dua buah jeruk purut matang lalu peras dan masukan airnya kedalam gelas, setelah itu tambahkan air hangat secukupnya. Minumlah ramuan tersebut setidaknya dua kali dalam sehari hingga flu yang Anda alami sembuh. Kkandung an vitamin C yang terdapat didalam buah jeruk nipis ini mampu membantu mengobati demam, flu, batuk dan pilek.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Selain bisa menyembuhkan flu dan pilek, jeruk purut juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh kita sehingga membuat tubuh menjadi kebal terhadap berbagai serangan penyakit. Kandungan vitamin C didalam jeruk purut juga mampu menangkal radikal bebas , yang mana zat ini merupakan penyebab kanker sehingga dengan rutin mengkonsumsi air jeruk purut hangat setiap pagi tidak hanya membuat tubuh Anda menjadi sehat tetapi juga bisa menghindari Anda dari penyakit kanker.

3. Diet
Kemudian manfaat jeruk purut selanjutnya adalah mampu membantu menurunkan berat badan Anda secara alami sehingga Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan atau jamu pelangsing yang banyak dijual dipasaran. Anda cukup mengkonsumsi air perasan jeruk purut yang dicampur dengan segelas air hangat setiap pagi maka itu sudah sangat membantu program diet Anda ddalam menurunkan berat badan yang berlebih.

4. Membuat Tubuh Menjadi Rileks
Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, daun jeruk purut juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh salah satunya adalah membuat tubuh menjadi rileks dan membantu menghilangkan rasa capek sehabis bekerja

Caranya yaitu, ambil dua genggam daun jeruk purut  dan kemudian rebus dengan tiga liter air bersih. Biarkan hingga mendidih (selama 10 menit), lalu setelah itu tuangkan air rebusan tersebut kedalam ember. Tambahkan sedikit air dingin agar air rebusan daun jeruk purut tersebut menjadi hangat-hangat kuku, kemudian apabila dirasa sudah tidak terlalu panas maka gunakan air tersebut untuk mandi. Aroma daun jeruk purut ini mampu menenangkan dan menghilangkan stres sehingga rasa capek pada tubuh bsia segera hilang.

5. Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik
Kulit kering dan bersisik kerap kali membuat kita menjadi tidak percaya diri dan malu untuk keluar rumah. Nah, meskipun demikian Anda tidak perlu sedih dan terlalu khawatir berlebihan karena sebenarnya untuk mengatasi masalah ini tidak harus mengeluarkan uang yang banyak untuk pergi kedokter tetapi ada beberapa cara alami yang murah meriah untuk mengatasi kulit kering dan bersisik ini. Salah satu cara alami tersebut adalah dengan menggunakan jeruk purut.

Cara mengaplikasi kan jeruk purut untuk mengatasi kulit kering dan bersisik ini sangatlah mudah yaitu Anda cukup menyediakan satu buah jeruk purut matang dan kemudian belah menjadi dua. Gosokan belahan jeruk purut tersebut pada kulit Anda secara rutin sekali sehari, mudah-mudahan kulit kering dan bersisik Anda akan segera hilang.

6. Menghilangkan Jerawat
Manfaat jeruk purut selanjutnya adalah bisa membantu menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan jeruk purut ini sangatlah simpel, anda cukup menyediakan satu buah jeruk purut matang dan 6 lembar daun jeruk purut. Haluskan daun jeruk purut tersebut dan kemudian peras buah jeruk purut matang yang telah Anda siapkan tadi, ambil airnya. 
Campurkan air perasan jeruk purut dengan daun jeruk purut yang telah dihaluskan tadi, kemudian setelah tercampur rata maka jadikan ramuan tersebut sebagai masker wajah. Gunakan masker ini selama 15 menit ketika hendak tidur dimalam hari.

7. Menghilangkan Ketombe
Bagi Anda yang rambutnya berketombe maka juga bisa memanfaat jeruk purut ini karena buah yang satu ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Caranya yaitu, sediakan satu buah jeruk purut matang yang agak besar lalu kemudian belah menjadi dua. Nah, kemudian gosok-gosokan belahan jeruk purut tersebut secara perlahan keseluruh bagian rambut Anda. Setelah itu, bilas dan cuci rambut Anda seperti biasa. Selain menghilangkan ketombe, jeruk purut ini juga mampu membantu menguatkan akar rambut kita sehingga bisa mencegah kerontokan rambut

8. Menghaluskan Kulit Wajah
Bukan hanya jeruk nipis saja yang sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah, jeruk purut juga mempunyai manfaat untuk menghaluskan wajah. Hal ini dikarenakan, didalam jeruk purut tidak hanya terdapat vitamin C saja tetapi juga ada semacam zat exfoliating yang berfungsi untuk membantu mengangkat sel-sel kulit yang ada diwajah Anda.

Cara memanfaatkan jeruk purut untuk wajah sangatlah mudah yaitu Anda cukup menyediakan satu buah jeruk purut matang, kemudian peras dan ambil airnya. Oleskan air perasan jeruk purut tersebut pada wajah Anda dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 15 menit dan kemudian setelah itu baru bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal maka gunakan cara ini rutin setiap hendak tidur dimalam hari.


Itulah manfaat jeruk purut bagi kesehatan dan kecantikan yang mungkin jarang kita ketahui selama ini. Tidak hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, daun jeruk purut juga memiliki manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.