10 Gaya Hidup Tidak Sehat Yang Harus di Hindari

Gaya hidup tidak sehat sering kali dianggap sebagai biang keladi yang menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh. Beragam penyakit akan menyerang Anda apabila terus menerus melakukan berbagai kebiasaan buruk di kehidupan sehari-hari, bahkan kebiasaan buruk atau gaya hidup tidak sehat yang sering kita lakukan sangat beresiko dan bisa menyebabkan kematian.

Nah ngomong-ngomong mengenai gaya hidup, berikut dibawah ini ada beberapa gaya hidup tidak sehat yang harus Anda hindari karena apabila Anda tidak juga melakukan perubahan maka bukan tidak mungkin kematian akan menanti Anda.

Gaya Hidup Tidak Sehat Yang Harus di Hindari penyebab kematian



Gaya Hidup Tidak Sehat 


1. Tidak Sarapan Pagi
Melewatkan sarapan pagi sering kali dianggap sepele oleh sebagian orang, bahkan ada juga beberapa dari kita yang mungkin sama sekali tidak pernah sarapan pagi. Tahukah Anda, melewatkan sarapan pagi ternyata bukanlah sesuatu yang sepele tetapi bisa dikatakan hal tersebut merupakan adalah suatu kebiasaan buruk yang sangat tidak baik bagi kesehatan. 

Orang-orang yang sering atau tidak pernah sarapan di pagi hari biasanya tubuhnya akan terasa lesu serta lemas ketika beraktivitas sehingga hal ini terkadang membuat kita menjadi sulit untuk berkonsentrasi dan mengganggu produktivitas kita. Bukan hanya itu saja, melewatkan sarapan pagi juga bisa mengganggu metabolisme tubuh sehingga membuat kita rentan terkena obesitas, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

2. Begadang
Gaya hidup tidak sehat selanjutnya yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan dari kita adalah yaitu begadang. Banyak orang yang suka begadang, entah itu karena alasan pekerjaan atau hanya untuk bersenang-senang saja. Terlalu sering begadang akan membuat waktu tidur Anda menjadi berkurang, idealnya kita tidur 8 jam dalam sehari apabila kita begadang tentunya waktu tidur kita menjadi berkurang sehingga hal ini menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu. 

Apabila kebiasaan begadang ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin jika nanti Anda akan mudah terserang berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes. Anda pasti tahu bukan, jika penyakit diatas sangat mematikan.


3. Jarang Tertawa
Tertawa memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita sehingga maka dari itu tak heran apabila banyak para ahli kesehatan yang menganjurkan kita untuk selalu tersenyum dan tertawa setiap hari. Bahkan di beberapa negara ada yang menjadikan tertawa sebagai terapi untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Cobalah untuk selalu tersenyum dan tertawa setiap hari dan jangan terlalu pelit untuk tertawa karena orang yang jarang tertawa ternyata sangat rentan terkena stres. Dengan tertawa maka kita bisa menurunkan tingkat stres, membuat tubuh menjadi rileks hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Namun perhatikan, jangan pula Anda tertawa sendiri sepanjang jalan karena hal ini justru tidka sehat dan bisa-bisa malah Anda dianggap sebagai orang gila.

4. Jarang Bergerak
Gaya hidup selanjutnya yang harus Anda hindari atau tinggalkan adalah yaitu bermalas-malasan, banyak duduk dan jarang bergerak. Orang yang jarang bergerak dan keseharian nya banyak duduk sangat rentan untuk terkena berbagai macam penyakit mematikan. Menurut penelitian di British Medical Journal duduk terlalu lama bisa meningkatkan penyakit kanker, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Nah, maka dari itu bagi Anda yang merasa banyak duduk dan malas bergerak maka mulailah dari sekarang untuk selalu bergerak aktif dan perbanyak melakukan olahraga. Apabila Anda bekerja didepan komputer yang mengharuskan untuk duduk berlama-lama maka Anda harus pintar-pintar mengatur waktu. Cobalah untuk berdiri atau berjalan-jalan sebentar setiap berapa jam sekali agar Anda tidak terpaku hanya duduk didepan komputer saja.

5. Merokok 
Merokok ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh. Di dalam satu batang rokok terdapat 4000 bahan kimia berbahaya yang sangat mematikan, bahkan bahan-bahan kimia yang terdapat didalam rokok ini bisa menyebabkan penyakit kanker. 

Nah, maka dari itu apabila Anda ingin selalu sehat maka hindarilah rokok karena merokok ini tidak memiliki manfaat sama sekali bagi Anda. 

6. Mengkonsumsi Alkohol
Mengkonsumsi alkohol juga merupakan salah satu kebiasaan buruk yang tidak ada manfaatnya dan bahkan kebiasaan buruk yang satu ini bisa menurunkan kekebalan tubuh sehingga hal ini tentunya sangat beresiko bagi kesehatan kita dan mengundang berbagai macam penyakit untuk datang. Mengkonsumsi alkohol setiap hari sama saja dengan mengundang kematian sehingga maka dari itu bagi Anda yang gemar atau sering mengkonsumsi minuman beralkohol maka hentikanlah kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang agar tubuh tetap sehat dan kita terhindar dari penyakit mematikan.

7. Sering Mengkonsumsi Makanan Instan
Makanan instan atau cepat saji memang terbilang praktis sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi untuk memasak, tinggal angkat telpon dan pesan lalu makanan datang diantar. Meskipun hal ini dianggap praktis tetapi terlalu sering mengkonsumsi makanan instan atau cepat saji juga tidak baik bagi kesehatan tubuh kita dan bisa menyebabkan kita terkena berbagai macam penyakit. Lebih baik kita mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri dirumah karena lebih terjamin kualitas dan keamanan nya. 

8. Kurang Minum Air Putih
Air putih sangatlah penting karena apabila kita kurang minum air putih maka tubuh akan mengalami dehidarasi. Tidak hanya itu saja, bahkan orang-orang yang kurang minum sangat rentan terkena penyakit batu ginjal. Nah maka dari itu jangan malas untuk minum air putih, minumlah air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari agar tubuh tetap sehat dan kitapun terhindar dari berbagai macam penyakit.

9. Sering Bangun Siang
Kebiasaan bangun siang juga memiliki dampak negatif bagi tubuh. Anda harus mengubah gaya hidup yang tidak sehat tersebut, tidurlah setidaknya 8 jam sehari dan hindari begadang agar Anda tidak bangun kesiangan setiap hari. Orang-orang yang sering bangun tidur disiang hari biasanya badan nya selalu lemas dan lesu sehingga membuat kita menjadi malas-malasan untuk beraktivitas. Bahkan menurut penelitian, orang yang bangun kesiangan ini sangat beresiko terkena penyakit hati.

10. Makan Tidak Teratur
Terakhir, gaya hidup tidak sehat yang bisa menyebabkan kesehatan Anda menjadi terganggu adalah yaitu sering kali makan tidak teratur. Makan yang tidak teratur ini memang sering kali terjadi pada orang-orang masa kini karena biasanya terlalu sibuk mengerjakan pekerjaan sehingga mereka terkadang menjadi lupa makan, bahkan beberapa dari kita terkadang makan tidak tepat waktu. 

Seperti yang kita ketahui bahwa makan tidak teratur ini memang sangat berdampak buruk bagi tubuh kita, apabila kebiasaan makan yang tidak teratur ini terus-terusan berlanjut maka bukan hanya maag akut yang akan Anda alami tetapi juga bisa mempercepat kematian.


Itulah gaya hidup tidak sehat yang harus anda dihindari karena bukan hanya beresiko menyebabkan kita terkena berbagai macam penyakit saja tetapi gaya hidup tidak sehat tersebut juga bisa mengundang kematian.