10 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Seiring dengan berkembangnya teknologi maka pada saat ini kita sudah sangat dimanjakan dengan berbagai kecanggihan yang membuat kita semakin malas untuk bergerak, apalagi berjalan kaki. Seperti yang kita ketahui bahwa mayoritas masyarakat kita selalu menggunakan motor atau mobil pribadi ketika berpergian, bahkan terkadang hanya untuk ke warung terdekat saja kita selalu menggunakan motor dan malas untuk berjalan kaki.

Tidak hanya itu saja, kehadiran aplikasi online yang semakin memudahkan untuk berbelanja berbagai kebutuhan juga membuat kemalasan kita semakin kronis karena tinggal telepon atau pesan via online maka barang yang Anda inginkan akan sampai kerumah tanpa perlu capek-capek berjalan untuk pergi berbelanja keluar rumah.

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan


Meskipun kita tidak bisa membendung dan menghindari perkembangan teknologi tetapi sebaiknya kita tetap harus bijak didalam menggunakannya dan jangan sampai kemudahan-kemudahan ini membuat Anda terlena dan malas untuk bergerak atau berjalan kaki. Berjalan kaki memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh Anda dan bisa dikatakan sebagai cara paling murah serta praktis untuk menyehatkan tubuh. Berikut dibawah ini ada beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh :


Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan


1. Membuat Tubuh Lebih Bugar
Sering berjalan kaki ternyata membuat tubuh kita menjadi lebih bugar dibandingkan orang yang jarang berjalan kaki. Berjalan kaki akan membuat kondisi tubuh kita menjadi lebih baik dan bisa membantu membentuk otot-otot pada tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu, rutin berjalan kaki juga bisa membantu membuat kekebalan tubuh kita meningkat sehingga kitapun jarang sakit.

2. Membakar Kalori
Berjalan kaki juga bisa membuat kalori didalam tubuh Anda bekurang. Saat kita berjalan kaki maka tubuh akan bergerak dan ketika kita bergerak maka tubuh akan membakar kalori yang ada didalam tubuh. Hal ini juga sangat membantu Anda didalam menurunkan berat badan dan membuat bentuk tubuh Anda tetap ideal.

3. Melancarakan Sirkulasi Darah
Manfaat berjalan kaki selanjutnya yaitu bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Cobalah membiasakan diri untuk berjalan kaki secara rutin di pagi hari. Maka tubuh Anda akan menjadi sehat serta bugar karena sirkulasi darah menjadi lancar. Selain itu, udara pagi yang sejuk juga sangat menenangkan dan bisa membantu menghilangkan stres.

4. Mencegah Osteoporosis
Jalan kaki bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar saja tetapi apabila dilakukan secara rutin maka juga sangat membantu di dalam mencegah osteoporosis. Osteoporosis atau tulang keropos adalah salah satu penyakit yang cukup ditakuti dan cukup membuat penderitanya tersiksa. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir secara berlebihan karena osteoporosis ini bisa dicegah sejak dini yaitu cukup dengan membiasakan diri rutin untuk berjalan kaki selama 30 menit setiap pagi dan menjalani gaya hidup sehat maka itu sudah sangat membantu Anda terhindar dari osteoporosis.

5. Mencegah Datangnya Penyakit
Dengan rutin berjalan kaki maka Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti stroke, jantung, diabetes dan darah tinggi. Selain itu, berjalan kaki juga bisa membuat metabolisme didalam tubuh kita meningkat sehingga tubuh bisa membakar kalori lebih banyak. Hal ini tentu saja sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet, hanya dengan rutin berjalan kaki maka berat badan tubuh Anda bisa turun secara alami

6. Meningkatkan Mood
Berjalan kaki di pagi hari akan membuat pikiran kita menjadi lebih jernih dan menyeimbangkan emosi sehingga mood kita menjadi lebih bagus. Apabila mood sudah bagus dipagi hari maka tentunya Anda akan lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas harian. Nah, bagi Anda yang selalu merasa malas dan lesu maka cobalah bangun di pagi hari dan kemudian keluarlah untuk sekedar berjalan santai. Jalan santai di pagi hari akan membuat pikiran kita menjadi lebih jernih.

7. Meningkatkan Kreativitas
Siapa sangka jika ternyata berjalan kaki terutama jalan kaki di pagi hari bisa meningkatkan kreativitas Anda. Berjalan kaki di pagi hari saat udara masih sejuk sambil melihat pemandangan si sekitar kita akan merangsang munculnya berbagai ide-ide serta gagasan baru didalam kepala Anda.

8. Mencegah Kepikunan
Masalah kepikunan memang sangat sering dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia, meskipun hal ini terbilang wajar tetapi sebenarnya kita bisa mencegah agar tidak menjadi orang pikun di hari tua nanti. Cara mencegah kepikunan di hari tua ini sangatlah mudah yaitu cukup dengan rutin berjalan kaki secara rutin setiap pagi maka itu sudah sangat membantu Anda di hari tua nantinya. Jika rutin berjalan kaki di pagi hari, maka secara fisik akan mampu melindungi fungsi otak dan mampu mengurangi resiko pikun hingga 40%.

9. Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Bagi Anda yang sering merasa tidak nyenyak ketika tidur dimalam hari maka cobalah untuk membiasakan diri untuk selalu rutin berjalan kaki di pagi hari. Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan rutin berjalan kaki di pagi hari maka bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar saja tetapi juga sangat membantu Anda agar bisa tidur lebih nyenyak dimalam hari. Cukup dengan berjalan kaki 30 menit setiap pagi maka itu sudah sangat membantu Anda.

10.  Bertemu Banyak Orang
Kemudian manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan apabila sering berjalan kaki, terutama jalan kaki di pagi hari yaitu banyak bertemu dengan orang lain. Kita tidak pernah tahu akan bertemu siapa hari ini, bisa saja nanti ketika Anda sedang berjalan kaki di pagi hari bertemu dengan teman lama Anda. Tentu hal ini sangat menyenangkan bukan ? dan bukan tidak mungkin jika nanti Anda bisa saja berbisnis atau menjalin kerja sama dengan teman Anda tersebut.


Itulah manfaat berjalan kaki bagi kesehatan yang mungkin sering kali di anggap sepele oleh kebanyakan orang. So, jangan malas lagi ya untuk berjalan kaki karena manfaatnya begitu banyak untuk Anda sendiri.