7 Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas di Pagi Hari

Berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki seperti sandal ataupun sepatu di pagi hari memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Orang-orang zaman dahulu menganggap bahwa berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki dipagi hari ini adalah suatu terapi, yang mana mereka sangat percaya jika kebiasaan tersebut terus dilakukan secara rutin maka bisa membantu meningkatkan vitalitas serta kebugaran tubuh mereka dan juga sangat membantu didalam mengatasi berbagai macam penyakit.

Anda tidak perlu takut untuk melepaskan sandal dan berjalan-jalan santai dipagi hari tanpa menggunakan alas kaki. Karena selain menyehatkan tubuh, suasana dipagi hari yang tenang dan ditambah cuaca yang sejuk akan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks sehingga Anda akan terhindar dari rasa stres. Anggap saja hal ini seperti olahraga, tetapi Anda tidak perlu berlari dan cukup hanya berjalan tanpa alas kaki maka itu sudah cukup untuk membuat tubuh Anda menjadi sehat.

Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas sandal di Pagi Hari


Nah, bagi anda yang penasaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat jalan kaki tanpa menggunakan alas di pagi hari maka silahkan simak selengkapnya dibawah ini.



Manfaat Jalan Kaki Tanpa Alas di Pagi Hari



1. Mengatasi Insomnia
Berjalan tanpa alas kaki dipagi hari akan membantu Anda dalam mengatasi insomnia. Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya menjadi sangat sulit tidur dimalam hari sehingga apabila dibiarkan maka tentunya akan berdampak negatif bagi kesehatan Anda. Dengan rutin berjalan kaki dipagi hari tanpa menggunakan alas kaki maka masalah insomnia yang Anda alami akan hilang dan kualitas tidur Anda pun akan meningkat. Gak percaya ? coba aja sendiri.

2. Membuat Tubuh Lebih Sehat dan Bugar
Kemudian manfaat kedua jalan kaki tanpa menggunakan alas kaki dipagi hari yang kedua yaitu bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Seseorang yang sering melakukan kebiasaan berjalan kaki tanpa alas kaki dipagi hari maka sistem kekebalan tubuh mereka akan meningkat sehingga hal ini membuat mereka tidak mudah menjadi sakit.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang rutin berjalan kaki tanpa alas di pagi hari akan sangat kecil resikonya terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melakukan kebiasaan ini. Selain itu, jalan kaki tanpa menggunakan alas atau sendal dipagi hari akan meminimalisir terjadinya sakit kepala dan kembung.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan
Kebiasaan berjalan kaki tanpa alas kaki dipagi hari juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan didalam tubuh Anda sehingga apabila Anda sedang tidak enak badan atau sedang didalam proses penyembuhan penyakit maka cobalah terapi berjalan tanpa alas kaki ini. Lakukan di pagi hari secara rutin dan rasakan manfaatnya.

5. Meningkatkan Mood
Tidak hanya menyehatkan tubuh saja, tetapi berjalan kaki tanpa alas di pagi hari  ini juga sangat membantu Anda didalam meningkatkan mood. Berdasarkan sebuah studi yang pernah meneliti tentang ini mengatakan bahwa orang-orang yang “membumi” suasana hatinya cenderung lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan jalan kaki tanpa alas dipagi hari

6. Mengurangi Stres
Bagi Anda yang sering mengalami stres, baik itu stres akibat pekerjaan maupun stres akibat lainnya maka cobalah untuk melakukan terapi berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki di pagi hari. Udara pagi yang sejuk akan terasa sangat menyegarkan dan membuat otak Anda menjadi lebih fresh sehingga stres pun akan berkurang. Kemudian di sisi lain, kontak antara kaki  dengan batu-batu kecil akan memberikan sensasi pijatan yang membuat otot tubuh semakin rileks.

7. Melancarkan Sirkulasi Darah
Terakhir, manfaat jalan kaki tanpa alas bagi tubuh yaitu bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Apabila sirkulasi darah didalam tubuh kita lancar maka tentu saja hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.


Itulah manfaat jalan kaki tanpa alas di pagi hari. Anggap saja hal ini seperti olahraga dipagi hari sehingga Anda tidak pelu malu untuk melepas sandal dan berjalan tanpa alas kaki dipagi hari. Namun perhatikan jalan yang Anda lalui dan pastikan bahwa jalan tersebut tidak ada benda-benda tajam seperti pecahan kaca, paku dan benda lainnya yang bisa melukai kaki kita. Kemudian jangan lupa, cuci kaki ketika sampai di rumah nanti agar kaki Anda bersih kembali.