6 Bahaya Menyimpan HP di Bawah Bantal Saat Tidur

Handphone atau ponsel sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dikeseharian kita, apalagi pada saat ini sudah banyak bermunculan ponsel-ponsel pintar dan canggih yang mana fungsinya tidak hanya sebagai alat komunikasi saja tetapi juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik lainnya yang membuat para pengguna handphone ini menjadi semakin betah untuk berlama-lama memegang handphone mereka dan seakan tidak ingin meninggalkan nya walaupun hanya sebentar.

Bahkan ketika akan tidur dimalam haripun para pengguna ponsel pintar atau smartphone ini masih saja meluangkan waktu untuk melihat layar ponsel mereka dan kemudian meletakan ponsel tersebut didekat mereka ketika akan tidur. Beberapa orang terkadang malah menyimpan handphone mereka dibawah bantal saat mereka tidur.



Meletakan atau menyimpan handphone dibawah bantal saat tidur dimalam hari ini biasanya sangat sering dilakukan oleh para remaja, terutama bagi mereka yang kasmaran atau baru jadian. Apapun alasan nya itu meletakan HP di bawah bantal saat tidur bukanlah sesuatu yang baik, radiasi dari HP tersebut justru bisa membahayakan kesehatan Anda dan menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan. Apa saja bahaya dari meletakan HP dibawah bantal saat tidur ? simak ulasan nya dibawah ini.


Bahaya Meletakan HP di Bawah Bantal


1. Menyebabkan Sakit Kepala
Bahaya keseringan meletakan HP di bawah bantal yang pertama adalah bisa menyebabkan kita menjadi sakit kepala. Radiasi yang dipancarkan oleh handphone bisa merusak sel-sel yang ada didalam otak Anda, apabila Anda tetap melakukan kebiasaan buruk ini setiap hari maka dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Bahkan, hal yang paling menakutkan adalah bisa memicu terjadinya kanker otak.

2. Menggangu Tidur
Kemudian bahaya kedua akibat dari terlalu sering meletakan Hp dibawah bantal adalah bisa menyebabkan Anda insomnia. Insomnia adalah suatu gangguan tidur dimana penderitanya mengalami kesulitan tidur, apabila tidak segera diatasi dengan cepat maka bukan tidak mungkin apabila insomnia ini bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit pada tubuh.

Radiasi yang dipancarkan oleh handphone tersebut bisa menggangu produksi hormon melatonin didalam tubuh. Nah, apabila hormon ini terganggu maka dampaknya akan menyebabkan Anda menjadi kesulitan tidur atau yang biasa disebut insomnia. Meskipun tampak sepele tetapi Anda tidak boleh mengabaikan hal ini dan sebaiknya mulailah dari sekarang untuk menjauhkan handphone dari tempat tidur Anda.

3. Memicu Timbulnya Kanker
Meletakan ponsel atau handphone dibawah bantal saat tidur dimalam hari sama halnya dengan bunuh diri secara perlahan. Efek radiasi pada handphone ini memang tidak akan terasa dalam waktu satu atau dua tahun tetapi nanti dalam jangka waktu yang panjang Anda akan merasakan dampak negatifnya. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Bioinitiative pada tahun 2012 melaporkan bahwa  dengan menggunakan ponsel sekitar sepuluh tahun dapat menyebabkan tumor. Penelitian yang dilakukan secara khusus telah menyatakan adanya korelasi yang signifikan antara radiasi RF dari ponsel dengan berkembangnya tumor otak.

4. Bantal Terbakar
Mungkin hal ini terdengar sedikit aneh, tetapi tetap saja kemungkinan itu ada sehingga maka dari itu jangan pernah meletakan ponsel Anda dibawah bantal saat akan tidur dimalam hari. Di beberapa negara, kasus bantal terbakar akibat HP ini memang pernah benar-benar terjadi dan memakan korban.

5. Menurunkan Kesuburan
Bahaya yang juga akan menghantui Anda apabila terlalu sering meletakan HP dibawah bantal adalah bisa menurunkan tingkat kesuburan Anda. Hal ini diperkuat dengan beberapa study yang telah dilakukan di Universitas Queen di Kanada serta studi yang dilakukan oleh Medical University of Graz, Austria mengatakan bahwa Akibat paparan radiasi electromagnetick handphone dapat mengakibatkan tingkat produksi hormon luteinizing (LH) yang merupakan hormon reproduksi penting yang disekresikan oleh kelenjar hipofisis di otak menjadi lebih rendah.

6. Merusak Sel Otak
Terakhir, dampak negatif akibat terlalu sering meletakan HP dibawah bantal saat tidur adalah membuat kerusakan sel pada otak. Hal ini tentunya bukan masalah yang sepele karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa radiasi ponsel ini tidak hanya membuat sel otak menjadi rusak tetapi juga bisa memicu terjadinya kanker.


Itulah bahaya meletakan HP di bawah bantal saat tidur dimalam hari. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.