9 Kebiasaan Buruk Yang Harus di Hindari Ketika Selasai Makan

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa terkadang mereka selalu melakukan beberapa kebiasaan buruk ketika selesai makan. Misalnya seperti merokok, makan buah dan bahkan terkadang ada beberapa diantara kita yang langsung tidur ketika selesai makan. Meskipun hal diatas tersebut kelihatanya sepele tetapi sebenarnya Anda tidak boleh melakukan kebiasaan-kebiasaan seperti merokok, tidur atau makan buah ketika selesai makan karena hal ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan Anda.

Nah, berikut dibawah ini ada 9 kebiasaan buruk yang sebaiknya jangan Anda lakukan ketika selesai makan. Penasaran ? yuk langsung saja simak selengkapnya dibawah ini.

Kebiasaan Buruk Yang Harus di Hindari Ketika Selasai Makan



Kebiasaan Buruk Setelah Makan


1.  Merokok
Kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang ketika mereka selesai makan adalah merokok. Bagi pencandu rokok, mereka mengatakan bahwa sehabis makan tidak merokok rasanya beda dan mulut terasa masam. Padahal merokok sehabis makan ini sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh kita dan sangat beresiko meningkatkan timbulnya kanker paru-paru, kanker tenggorokan hingga bahkan kanker perut. Merokok sehabis makan sama halnya dengan Anda mengkonsumsi rokok 10 bungkus sekaligus.


2. Makan Buah
Kemudian kebiasaan kedua yang juga harus dihindari ketika selesai makan adalah mengkonsumsi buahan. Banyak orang yang salah kaprah mengenai hal ini, mereka menganggap bahwa buah adalah makanan penutup dan mengkonsumsinya ketika selesai mengkonsumsi makanan utama. Padahal mengkonsumsi buah sehabis makan bisa membuat perut terasa penuh sehingga pencernaan kita menjadi sulit mencerna serat makanan yang masuk kedalam tubuh. Buah seharusnya dikonsumsi di awal, agar tubuh lebih banyak mendapat manfaat nutrisi dan proteinnya.

3. Minum Air Es
Mengkonsumi minuman dingin atau air es sehabis makan memang terasa nikmat, tetapi tahukah Anda bahwa ternyata kebiasaan ini memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh kita. Air dingin atau air es ini akan membuat pencernaan kita menjadi tidak optimal dan mengganggu proses penyerapan nutrisi pada tubuh.

4. Mandi
Langsung mandi sehabis makan juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan para ahli kesehatan jauh-jauh hari sudah memperingati akan bahaya mandi sehabis makan ini. Orang-orang yang sering melakukan kebiasaan ini maka lama-kelamaan sistem pencernaan nya akan melemah sehingga akan mengganggu proses pencernaan. Apabila sistem pencernaan kita sudah terganggu maka bisa menyebabkan berbagai macam penaykit pada tubuh kita.


5. Tidur
Ketika selesai makan biasanya perut akan menjadi kenyang. Nah, apabila sudah kenyang maka biasanya mata pun akan terasa sangat ngantuk sehingga hal ini membuat kita serasa ingin tidur. Meskipun mata Anda terasa ngantuk tetapi sebaiknya janganlah tidur karena tidur setelah selesai makan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini membuat pencernaan Anda tidak bisa bekerja secara optimal sehingga makanan yang baru saja masuk tidak bisa dicerna dengan baik. Tidak hanya itu saja bahkan tidur sehabis makan ini juga bisa menyebabkan perut Anda menjadi kembung serta beresiko terjadinya peradangan.

6. Minum Teh Hangat
Apakah Anda sering mengkonsumsi segelas teh hangat sehabis makan ? jika iya maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena Ini juga merupakan suatu kebiasaan buruk yang harus dihindari ketika selesai makan. Kandungan tannin yang terdapat pada teh bisa mempengaruhi dan mengganggu proses penyerapan protein didalam lambung. Tidak hanya itu saja, zat tersebut juga bisa menghambat penyerapan zat besi sehingga apabila kebiasaan ini terus Anda lakukan maka lama-kelamaan akan menyebabkan Anda terkena anemia.


7. Jalan Cepat
Kemudian kebiasaan buruk lainnya yang harus Anda hindari ketika selesai makan adalah berjalan cepat. Jalan cepat sehabis makan bisa mengganggu proses penyerapan nutrisi dan bahkan terkadang bisa menyebabkan perut terasa seperti tertusuk-tusuk serta mual.

8. Melonggarkan Ikat Pinggang
Ketika perut terasa kenyang, biasanya sebagian dari kita akan berusaha untuk melonggarkan ikat pinggang agar perut menjadi lega. Nah, ternyata hal ini adalah suatu kebiasaan buruk yang harus Anda hindari ketika selesai makan karena melonggarkan ikat pinggang sehabis makan bisa menyebabkan lambung menjadi turun akibat tekanan dalam perut yang diturunkan. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan usus terbelit.

9. Menari
Kemudian kebiasaan buruk terakhir yang harus dihindari ketika selesai makan adalah menari. Menari sehabis makan ini bisa menyebabkan pencernaan Anda menjadi terganggu sehingga proses penyerapan nutrisi pun menjadi terhambat. Tunggulah hingga 30 menit atau satu jam setelah selesai makan maka silahkan Anda lanjutkan untuk menari.

Itulah 9 kebiasaan buruk yang harus dihindari ketika selesai makan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.