10 Dampak Negatif Akibat Kurang Darah (Anemia)



Penyakit anemia atau kurang darah tidak bisa dianggap sepele karena apabila dibiarkan tanpa ada penanganan yang tepat maka bukan tidak mungkin jika penyakit yang satu ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh Anda. Dampak negatif akibat kurang darah atau anemia ini juga tidak main-main, apabila sudah memasuki tahap anemia berat maka para penderita biasanya sangat membutuhkan transfusi darah agar kondisi mereka tidak semakin memburuk.

Banyak hal yang menyebabkan mengapa seseorang sering mengalami anemia atau kurang darah, namun biasanya faktor yang paling umum adalah karena kurangnya asupan gizi terutam zat besi didalam tubuh kita sehingga hal ini menyebabkan produksi sel darah merah menjadi menurun. Selain kekurangan zat besi faktor penyebab lainnya adalah yaitu kehamilan, keturunan, pendarahan saat menstruasi, adanya gangguan pada bagian usus dan adanya penyakit kronis seperti kanker atau gagal ginjal.

Dampak Negatif Akibat Kurang Darah


Nah, ngomong-ngomong masalah anemia atau kurang darah berikut dibawah ini ada beberapa dampak negatif akibat kurang darah bagi kesehatan tubuh.


Dampak Akibat Kurang Darah Bagi Tubuh


1. Pucat
Salah satu dampak akibat kurang darah yang pertama adalah yaitu menyebabkan kita menjadi pucat. Pucat ini tidak hanya terlihat pada bagian wajah saja tetapi juga bisa terlihat pada telapak tangan kita. Selain wajah dan tangan pucat, biasanya orang yang mengalami anemia kelopak mata bagian dalamnya juga akan terlihat pucat seperti tidak ada darahnya. Pada orang normal biasanya bagian dalam kelopak mata mereka akan terlihat merah darah dan tidak putih pucat seperti pada orang penderita anemia. Jadi, apabila Anda sudah melihat tanda diatas maka jangan dibiarkan maka segera pergi kedokter.

2. Pusing
Selain pucat, dampak negatif akibat kurang darah yang paling menyebalkan adalah pusing. Banyak orang yang menganggap rasa pusing ini sebagai demam biasa dan mereka tidak menyadari bahwa hal tersebut adalah salah satu dampak akibat kurang darah. Ketika seseorang mengalami anemia maka sel darah merah didalam tubuh mereka akan berkurang, padahal fungsi darah ini adalah sebagai pengangkut oksigen. Berkurangnya darah didalam tubuh ini tentu saja akan menghambat peredaran oksigen keseluruh tubuh termasuk ke otak sehingga hal ini menyebabkan kepala menjadi sakit atau pusing.

3. Sering Lelah
Terhambatnya peredaran oksigen ke seluruh tubuh akibat jumlah sel darah merah yang menurun tidak hanya membuat kepala menjadi sakit saja tetapi juga menyebabkan kita menjadi sering lelah. Selain lelah, badan juga akan terasa lemas dan letih sehingga membuat kita seakan tidak mampu atau tidak bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk melakukan pekerjaan ringan sekalipun.

4. Mual
Bagi Anda yang sering mengalami mual, terutama dipagi hari ketika bangun tidur maka hal tersebut bisa dikatakan adalah salah satu tanda bahwa Anda sedang mengalami anemia atau kurang darah. Jika tanda tersebut sering Anda rasakan maka segera pergi kedokter agar penyakit anemia ini tidak menyiksa Anda berkepanjangan.

5. Sistem Kekebalan Tubuh Menurun
Anemia juga bisa membuat sistem imun didalam tubuh menjadi lemah sehingga hal ini dapat menyebabkan Anda sangat rentan terserang berbagai macam penyakit lainnya seperti penyakit flu, demam, pilek, batuk dan pegal-pegal.

6. Sesak Nafas
Kemudian dampak negatif yang terakhir akibat dari kurang darah ini adalah yaitu bisa menyebabkan nafas menjadi sesak dan terengah-engah ketika beraktivitas. Sesak nafas ini disebabkan karena berkurangnya sel darah merah yang bertugas sebagai pengangkut oksigen sehingga menyebabkan pasokan oksigen didalam tubuh Anda menjadi tidak lancar.

Tips Mencegah Anemia


Anemia tidak bisa dianggap sepele karena dampaknya sangat buruk bagi kesehatan Anda, bahkan apabila dibiarkan maka dampak dari anemia ini sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Nah, berikut dibawah ini ada beberapa tips cara mencegah anemia yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari penyakit yang satu ini.

1. Perbanyak Mengkonsumsi Zat Besi
Salah satu faktor penyebab seseorang kurang darah atau anemia adalah karena kurangnya asupan zat besi didalam tubuh mereka. Nah, maka dari itu apabila Anda ingin terhindar dari yang namanya anemia maka perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Makanan yang mengandung zat besi ini bisa sangat mudah kita temukan pada daging, kacang dan sayur-sayuran yang berwarna hijau.

2. Kurangi Begadang
Kurangi begadang karena hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit termasuk anemia. Tidurlah setidaknya 8 jam sehari agar tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari.

3. Berolahraga
Kemudian tips mencegah anemia selanjutnya adalah yaitu dengan berolahraga. Berolahraga ini akan membuat tubuh Anda menjadi sehat dan mampu membantu Anda terhindar dari berbagai macam penyakit diantaranya penyakit anemia. Lakukan saja olahraga ringan seperti jogging secara rutin setidaknya 30 menit di pagi hari maka itu sudah cukup untuk membuat tubuh selalu sehat dan bugar.


Itulah dampak negatif akibat kurang darah atau anemia bagi kesehatan tubuh dan beserta beberapa tips cara mencegah anemia tersebut. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.