Penyebab Gigi Bengkak dan Cara Mengatasiya Secara Cepat


Penyebab Gigi Bengkak dan Cara Mengatasiya Secara Cepat


Masalah kesehatan pada gigi menjadi satu masalah yang bisa sangat menyakitkan dan menyebalkan. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui penyebab gigi bengkak dan cara mengatasinya yang cepat untuk bisa membuat gigi dalam kondisi sehat. 

Masalah sakit gigi karena gusi yang membengkak bisa mengganggu aktivitas pekerjaan. Rasa sakit yang luar biasa bahkan bisa mengakibatkan dampak lain seperti demam, pusing dan berbagai dampak lainnya. Oleh karena itulah, perlu diatasi dengan cara yang cepat dan aman.

1. Kebersihan Mulut
Penyebab dari gigi bengkak bisa dimulai dari kondisi mulut yang tidak sehat dan tidak bersih. Mulut bisa menjadi sangat kotor karena pada saat makan sisa-sisa makanan tersebut akan menempel dan lengket pada sela-sela gigi dan bagian mulut lainnya.

Penyebab gigi bengkak yang dikarenakan oleh mulut yang kotor bisa diatasi dengan cara sikat gigi secara rutin. Selain gigi, kebersihan mulut lainnya seperti lidah dan gusi juga harus diperhatikan supaya mulut benar-benar dalam kondisi yang sehat dan bersih.

2. Kawat Gigi atau Behel
Orang yang menggunakan kawat gigi atau behel juga sering mengalami maslah gigi yang bengkak bahkan hingga gusi mengeluarkan darah. Kawat gigi atau behel yang tidak terpasang dengan benar ini memang akan menyebabkan kerusakan pada bagian mulut yang sebenarnya bisa diatasi dengan cara langsung berkonsultasi ke dokter.

3. Perhatikan Nutrisi
Kesehatan gigi juga berhubungan langsung dengan kondisi kandungan makanan yang dikonsumsi. Nutrisi yang diperlukan untuk membuat gigi dalam kondisi sehat adalah kalsium, vitamin C dan asam solfat. Kandungan ini harus selalu dikonsumsi untuk membuat gigi dan gusi tetap dalam kondisi yang sehat.

4. Kurangi Stress
Stress memang bisa menyebabkan beragam jenis penyakit dan gangguan kesehatan yang merugikan tubuh. Salah satunya adalah menjadi penyebab gigi bengkak dan cara mengatasinya hal ini tentu saja harus menghindari stress supaya gigi dalam kondisi yang baik.
Stress bisa menyebabkan gigi bermasalah karena pada saat stress kesehatan tubuh pun akan berkurang dan menurun. Hal ini akan membuat kekebalan tubuh menurun sehingga tubuh tidak bisa melawan bakteri yang bersarang pada gusi dan gigi.

5. Konsumsi Obat
Penyebab gigi bengkak dan cara mengatasinya lainnya juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat gusi bengkak. Obat penghilang rasa sakit, obat antibiotik dan juga obat anti radang merupakan jenis-jenis obat yang bisa dikonsumsi. Namun, dalam penggunaannya juga harus memperhatikan dosis supaya tidak berlebihan. Akan jauh lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat-obatan ini.

6. Kurang Air Putih
Jumlah cairan pada tubuh sangat penting untuk diperhatikan. Namun, bukan semua minuman bisa dikonsumsi demi menjaga kesehatan pada tubuh. Minuman-minuman yang harus dihindari adalah minuman dengan glukosa yang tinggi. Sedangkan minuman yang wajib untuk dikonsumsi adalah air putih.

Air yang cukup akan membantu tubuh terhindar dari pembentukan plak ataupun karang gigi yang menumpuk setelah makan. Paling tidak dalam sehari harus mengkonsumsi sedikitnya 8 gelas supaya tubuh mendapatkan konsumsi cairan yang cukup dan terhindar dari masalah gusi dan gigi.

7. Berkumur Dengan Air Garam
penyebab gigi bengkak dan cara mengatasinya yang sangat mudah dan cepat adalah dengan berkumur menggunakan air garam dan air hangat. Air garam merupakan air dengan kandungan antibakteri dimana bisa mematikan bakteri yang bersarang pada mulut. Selain itu, air garam ini juga memiliki kandungan anti-inflamasi.