Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah dengan Mudah


Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah dengan Mudah


Demam berdarah atau DB merupakan salah satu jenis penyakit yang sering timbul di musim pancaroba. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini jika dibiarkan bahkan bisa menyebabkan kematian. Perlu cara mencegah penyakit demam berdarah yang mudah namun efisien untuk menghindari demam berdarah yang membahayakan.

1. Menggunakan Kapur Barus atau Kamper
Cara mencegah penyakit demam berdarah yang mudah dan merupakan pilihan alternatif adalah dengan memanfaatkan kapur barus. Menggunakan kapur barus ini bisa mencegah dan melindungi diri dari gigitan nyamuk yang bisa menyebarkan penyakit demam berdarah yang berbahaya.

Cara menggunakan kapur barus atau kamper ini adalah dengan bakar kamper atau kapur secukupnya. Bakar di dalam ruangan kemudian tutup pintu ruangan tersebut selama 30 menit. Cara ini bisa membantu untuk mengusir nyamuk dan mencegah nyamuk masuk ke dalam ruangan lagi.

2. Bersihkan Bak Mandi
Cara mengusir nyamuk yang paling handal adalah dengan memperhatikan air yang menggenang di sekitar rumah. Terutama untuk bak mandi harus selalu dikuras supaya terhindar dari larva nyamuk yang mungkin mengendap dan hinggap di bak mandi selama berhari-hari.

Tempat berair merupakan tempat dimana nyamuk betina bertelur. Untuk menghindari nyamuk berkembang menjadi semakin banyak inilah maka harus dikuras setiap seminggu sekali. Cara ini membantu telur yang ada akan musnah.

3. Hindari Baju yang Menggantung
Gantungan baju yang terletak di belakang pintu ataupun di dalam kamar juga harus diperhatikan. Sebaiknya baju yang kotor untuk segera diletakan di tumpukan baju kotor sedangkan hindari banyak baju yang menumpuk pada gantungan. Baju yang menggantung ini akan menjadi tempat favorit bagi nyamuk untuk hinggap dan berkembang biak.

4. Baju yang Melindungi Kulit
Cara mencegah penyakit demam berdarah juga bisa dimulai dari melindungi diri Anda sendiri. Saat beraktifitas di luar rumah terutama jika di tempat yang berkemungkinan terdapat banyak nyamuk. Gunakan pakaian berlengan panjang, celana panjang bahkan jika diperlukan juga gunakan kaus kaki untuk melindungi kaki dari sengatan nyamuk.

5. Gunakan Pelindung Anti Nyamuk
Cara mencegah nyamuk demam berdarah juga bisa didapatkan dengan melindungi diri menggunakan kelambu ataupun menggunakan lotion anti nyamuk. Saat tidur ataupun beraktivitas seharian penuh maka cara ini sangat bagus untuk digunakan supaya nyamuk tidak menyerang pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian.

6. Bersihkan Lingkungan
Memang akan lebih baik mencegah dibandingkan harus mengobati. Cara paling ampuh untuk mencegah perkembangan penyakit demam berdarah adalah dengan selalu membersihkan lingkungan sekitar dan pekarangan rumah. Ajak tetangga untuk membersihkan got atau saluran air yang bisa menjadi tempat paling ideal berkembang biaknya nyamuk.

7. Hindari Genangan Air
Benda-benda yang berada di lingkungan rumah juga sangat memungkinkan untuk menjadi tempat tumbuh kembangnya nyamuk. Jika ada baskom, vas, ember ataupun wadah yang terbuka dan berkemungkinan menampung air sebaiknya segera dirapihkan. Selalu sisir tempat-tempat yang bisa menjadi berkembangnya nyamuk, kemudian bersihkan hingga tidak ada genangan air.

8. Lakukan Fogging
Jika Anda tinggal di lingkungan yang penuh akan pepohonan ataupun tempat-tempat yang berkemungkinan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, sebaiknya segera dilakukan fogging. Fogging bisa dilakukan dengan cara meminta kepada RT atau dengan cara berkoordinasi dengan warga sekitar.

9. Memasang Kawat Anti Nyamuk
Kawat anti nyamuk juga menjadi cara untuk menghindari nyamuk masuk ke rumah. Cara mencegah penyakit demam berdarah adalah dengan memasang setiap kawat anti nyamuk pada bagian-bagian ventilasi yang ada pada rumah. Cara ini akan membuat pergerakan dari nyamuk menjadi terbatas.