Cara Menghilangkan Rasa Capek Setelah Bekerja


Cara Menghilangkan Rasa Capek Setelah Bekerja


Aktivitas bekerja seharian penuh yang padat dari pagi hari hingga sore bahkan hingga malam tentu akan membuat badan menjadi terasa sangat lelah dan lesu. Perlu cara menghilangkan rasa capek setelah bekerja yang tepat, sehat dan cepat supaya badan bisa kembali  bugar saat pagi hari akan bekerja kembali.

Cara Menghilangkan Rasa Capek Setelah Bekerja 


1. Mandi Air Hangat
Tubuh yang seharian penuh terus bekerja sangat butuh untuk mendapatkan rileksasi. Cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mandi air hangat setelah sampai DI rumah. Saat mandi bisa juga ditambahkan dengan aroma terapi yang akan membuat tubuh semakin rileks mulai dari pikiran dan juga sirkulasi darah yang semakin lancar.

2. Makan Teratur
Cara menghilangkan rasa capek setelah bekerja juga bisa dimulai dari pola makan. Makan harus teratur meskipun sibuk bekerja. Selain itu, perhatikan juga kandungan yang ada pada makanan tersebut harus dalam kondisi yang seimbang. Dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi maka tubuh akan mendapatkan asupan yang cukup untuk menjadi tenaga atau energi.

3. Konsumsi Air Putih
Aktivitas fisik yang tinggi memerlukan asupan air putih yang cukup supaya tubuh tidak dehidrasi ataupun badan menjadi lemas. Paling tidak dalam waktu sehari harus mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari. Cara menghilangkan rasa capek setelah bekerja dengan mengkonsumsi air putih ini terbukti efektif serta sangat mudah.

4. Mendengarkan Musik Klasik
Musik klasik merupakan musik dengan alunan nada yang lembut dimana jenis musik ini mampu membantu pikiran supaya lebih tenang. Oleh karena itulah, setelah melakukan aktivitas yang padat seharian penuh ada baiknya untuk beristirahat sembari memutar musik beraliran klasik. 

5. Peregangan Otot
Melakukan peregangan otot secara ringan bisa sangat membantu untuk membuka arteri otak menjadi lebih terbuka. Dengan adanya aktivitas ini akan membuat oksigen menjadi lebih mudah masuk ke otak dengan dibawa oleh darah. Cara ini sangat membantu dalam  menambah tenaga dan menambah konsentrasi otak.

6. Konsumsi Serat
Cara menghilangkan rasa capek setelah bekerja juga bisa dimulai dari makanan apa saja yang akan dikonsumsi oleh tubuh. Serat merupakan salah satu jenis kandungan yang wajib untuk dikonsumsi supaya tubuh tidak mengalami kelelahan yang terlalu tinggi. Serat yang cukup membuat tubuh menjadi lebih semangat dan capek tidak mudah datang. Tentu saja asupan serat alami dari buah ataupun sayur merupakan sumber makanan terbaik.

7. Nutrisi Seimbang
Bukan hanya serat saja yang harus dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Nutrisi untuk tubuh juga harus dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang. Nutrisi yang harus dikonsumsi diantaranya seperti protein, vitamin, karbohidrat dan juga mineral. Kandungan ini akan menjadi kandungan yang seimbang untuk tubuh.

8. Letakkan Tanaman
Mendekorasi bagian dalam rumah juga bisa sangat membantu untuk membuat tubuh tidak terlalu capek. Menambah tanaman hijau dan bunga kecil pada ruangan kerja atau rumah bisa membantu untuk menghilangkan rasa lelah pada tubuh. Hal ini bahkan dibuktikan pada penelitian dimana karyawan yang meletakkan tanaman di ruangan kerjanya bisa lebih kreatif dibandingkan dengan yang tidak.

9. Membaca
Meskipun seharian penuh sudah dipenuhi dengan berbagai kegiatan yang menguras tenaga, namun membaca juga bisa sangat membantu untuk menghilangkan rasa capek. Menikmati waktu dengan membaca sembari mengkonsumsi kopi atau teh membuat tubuh akan melepas rasa lelah. Cara menghilangkan rasa capek setelah bekerja ini akan menjadi kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan.