10 Tanda Anak Bergizi Baik dan Sehat

Tanda Anak Bergizi Baik dan Sehat
Tanda-tanda anak yang bergizi baik sebenarnya bisa dengan mudah terlihat, bahkan dari bentuk fisik sang anak saja kita sudah bisa mengetahui bahwa anak tersebut bergizi baik atau tidak. Namun sayangnya, terkadang ada beberapa orang tua yang sering kali tidak memahami hal ini dan mereka hanya sibuk dengan pekerjaan nya saja sehingga mereka tidak pernah tahu apakah sang anak sudah mendapatkan asupan gizi yang baik atau tidak.

Tetapi meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena pada tulisan kali ini saya akan memberitahukan Anda apa saja tanda-tanda anak yang bergizi baik. Berikut dibawah ini setidaknya ada 10 tanda anak bergizi baik dan sehat.


Tanda Anak Bergizi Baik


1. Rambutnya Berkilau dan Kuat
Tanda pertama yang menandakan bahwa anak Anda bergizi baik yaitu rambutnya terlihat berkilau dan tidak gampang rontok. Meskipun Anda membelikan sang anak shampo terbaik sekalipun, rambutnya tidak akan berkilau apabila mereka kekurangan gizi. Nah maka dari itu coba perhatikan rambut anak Anda, apabila rambutnya berkilau dan kuat maka itu menandakan bahwa kebutuhan gizi nya tercukupi.

2. Wajah Ceria dan Mata Bening
Anak-anak yang selalu mendapatkan asupan gizi baik setiap hari biasanya mereka akan terlihat lebih ceria dan mudah beradaptasi serta berkomunikasi dengan orang baru. Selain itu biasanya kulit wajah mereka akan terlihat lembut dan matanya pun jernih sehingga mampu melihat dengan baik.

3. Bertambah Berat dan Tinggi Sesuai Usia
Kemudian tanda ketiga yang menandakan bahwa anak Anda bergizi baik yaitu berat badan serta tingginya terus bertambah sesuai dengan usianya. Biasanya anak-anak yang mendapatkan asupan gizi cukup setiap hari tumbuh kembangnya akan optimal dan jauh diatas anak-anak yang tidak mendapatkan cukup asupan gizi setiap hari.

4. Gigi Bersih dan Gusi Merah Muda
Gigi anak juga bisa menjadi pertanda bahwa asupan gizi mereka baik atau buruk. Biasanya apabila kebuthan gizi sang anak terpenuhi maka gigi mereka akan terlihat bersih, kuat dan sehat serta gusi nya pun akan berwarna merah muda. Selain itu, lidah mereka pun akan terlihat bersih dan segar.

5. Postur Tubuh Tegap dan Otot Padat
Anak yang bergizi baik tentunya struktur otot dan tulang mereka lebih padat serta posisi tubuh nya pun tegap. Coba perhatikan anak Anda, apakah mereka sudah memenuhi kriteria ini ? jika belum maka itu tanda nya bahwa anak Anda kekurangan vitamin D dan kalsium.

6. Kulit Bersih
Tanda selanjutnya yang menandakan bahwa anak Anda bergizi baik yaitu kulitnya terlihat bersih dan kukunya juga terlihat bersih. Hal ini jauh berbeda dibandingkan anak yang kekurangan gizi yaitu dimana kulit mereka akan terlihat kering, bersisik serta pucat.

7. Bergerak Aktif dan Lancar Berbicara
Apabila kebutuhan gizi anak terpenuhi maka selain tubuhnya sehat, biasanya Ia juga menjadi anak yang pandai dan aktif. Mereka akan cepat menangkap sesuatu yang baru dan pandai berbicara sesuai dengan usianya.

8. Penuh Perhatian
Asupan gizi yang baik akan membuat anak Anda tumbuh menjadi anak yang cerdas. Hal ini bisa kita lihat dari cara mereka berinteraksi dan memahami apa yang terjadi disekitarnya. Biasanya mereka akan selalu penasaran dan ingin punya rasa ingin tahu yang cukup besar.

9. Nafsu Makan Baik
Tanda kesembilan yang bisa Anda lihat yaitu nafsu makan nya sangat baik dan tidak terganggu sedikit pun. Anak-anak yang mendapatkan asupan makanan bergizi setiap hari, biasanya tubuhnya akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Apabila tubuh anak selalu sehat maka otomatis mereka tidak akan mengalami masalah dengan nafsu makan. Selain nafsu makan yang baik, biasanya anak bergizi baik juga teratur BAB dan tidak mengalami masalah seperti BAB keras.

10. Tidur Nyenyak
Tanda anak bergizi baik yang terakhir yaitu si anak selalu tidur nyenyak dimalam hari dan tidak pernah rewel. Asupan makanan yang bergizi membuat segalanya berjalan dengan baik, kondisi tubuh yang sehat akan membuat anak Anda bisa tertidur dengan nyenyak semalaman.


Itulah 10 tanda anak bergizi baik dan sehat yang mesti Anda ketahui agar Anda tidak menebak-nebak lagi apakah sang anak ini sudah mendapatkan gizi yang cukup atau belum. Anda tinggal perhatikan saja 10 tanda diatas, apabila Anda anda memiliki kesepuluh tanda diatas maka bisa dipastikan jika mereka sudah mendapatkan asupan gizi yang baik.