6 Penyebab Mengapa Tinggi Badan Susah Naik

Banyak faktor penyebab yang membuat tinggi badan kita menjadi susah naik atau terhambat, salah satu faktor yang paling sering kita dengar dari orang tua zaman dahulu ialah karena faktor genetik atau keturunan. Banyak orang yang percaya bawah tinggi badan anak sangat dipengaruhi oleh keturunan orang tuanya, padahal selain faktor genetik ternyata ada beberapa faktor penyebab lainnya yang mungkin sangat jarang kita sadari yang ternyata juga menjadi penyebab utama terhambatnya pertumbuhan tinggi badan.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui mengenai apa saja penyebab yang bisa membuat pertumbuhan tinggi badan kita terhambat selain faktor genetik maka silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Mengapa Tinggi Badan Susah Naik



Penyebab Tinggi Badan Susah Naik


1. Tidak Mendapatkan Asupan Makanan Yang Bergizi
Makanan bergizi sangatlah penting bagi kita karena makanan bergizi ini tidak hanya bisa membuat tubuh kita menjadi sehat saja tetapi juga bisa mempengaruhi tinggi badan Anda. Nah, makanya jangan heran apabila anak-anak yang kekurangan asupan makanan bergizi maka tubuhnya akan terlihat kurus dan pertumbuhan tinggi badan nya juga tidak optimal sehingga sangat jauh tertinggal dibandingkan anak-anak yang selalu mendapatkan asupan makanan bergizi setiap harinya.

Maka dari itu apabila Anda para orang tua ingin anak-anaknya bisa tumbuh dan berkembang secara optimal maka penuhilah asupan nutrisi harian mereka. Berilah mereka makanan yang kaya akan protein dan makanan yang mengandung vitamin D agar pertumbuhan tulang mereka bisa optimal sehingga tinggi badannya pun dengan cepat naik.

2. Kurang Tidur
Semua pasti sepakat jika tinggi badan setiap orang akan mulai berhenti sejak mereka dewasa sehingga untuk itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjalani pola hidup yang sehat sejak masih kecil agar tubuh sehat dan tinggi badan pun bisa optimal.  Nah, salah satu kebiasaan buruk yang bisa menghambat tinggi badan kita adalah begadang atau kurang tidur. Anak-anak yang kurang tidur tidak hanya membuat mereka menjadi mudah mengantuk saja tetapi pertumbuhan tinggi badan nya pun akan terganggu.

Maka dari itu, apabila Anda masih didalam masa pertumbuhan maka pastikan bahwa Anda selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari setidaknya 8-10 jam sehari. Di saat tubuh beristirahat atau tidur biasanya otot akan tumbuh sehingga hal ini akan sangat membantu didalam pertumbuhan tinggi badan anak Anda.

3. Merokok
Kemudian penyebab lainnya yang membuat tinggi badan Anda menjadi terganggu atau terhambat adalah akibat merokok. Semua orang sudah mengetahui bawah merokok ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Nah, ternyata selain membuat tubuh kita penyakitan ternyata merokok di masa pertumbuhan juga bisa mengganggu tumbuh kembang Anda sendiri dan membuat tinggi badan susah naik. Bahan-bahan kimia yang terdapat didalam rokok akan membuat hormon pertumbuhan didalam tubuh Anda tidak bisa bekerja secara optimal, selain itu kandungan nikotin pada rokok juga bisa menghambat penyerapan kalsium didalam tubuh.

4. Jarang Olahraga
Olahraga tidak hanya sekedar membuat tubuh menjadi sehat tetapi juga bisa membantu kita menjadi lebih tinggi. Nah, maka dari itu apabila Anda ingin mendapatkan tinggi badan yang ideal maka mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari saja tidak cukup tetapi kita juga harus mengimbanginya dengan berolahraga. Orang-orang yang jarang berolahraga biasanya tinggi badan mereka kurang optimal dan tubuhnya pun selalu lesu.

5. Terganggunya Produksi Hormon Pertumbuhan
Kemudian penyebab selanjutnya mengapa tinggi badan Anda susah naik atau terganggu adalah karena tidak optimalnya produksi hormon pertumbuhan. Terganggunya produksi hormon pertumbuhan bisa saja disebabkan karena gaya hidup Anda yang buruk seperti merokok atau juga bisa disebabkan karena bawaan lahir. Apabila terganggunya hormon pertumbuhan ini dari bawaan lahir maka satu-satunya jalan untuk membuat produksi hormon pertumbuhan Anda optimal yaitu dengan menggunakan jalan medis.

6. Genetik
Penyebab mengapa tinggi badan tidak optimal yang terakhir yaitu karena faktor genetik. Nah, apabila sudah menyangkut faktor keturunan maka kita tidak bisa melakukan apa-apa karena seperti yang kita ketahui hal ini sangat sulit untuk diatasi. Namun meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena yang paling penting adalah yaitu tubuh sehat.


Itulah faktor penyebab tinggi badan terhambat yang harus Anda ketahui. So, bagi Anda para orang tua yang ingin tumbuh kembang dan tinggi badan anaknya optimal maka harus mengetahui hal ini agar Anda bisa memberikan yang terbaik bagi buah hati sehingga tubuhnya sehat dan tinggi badan anak menjadi optimal.

Share this :

Previous
Next Post »