Cara Membersihkan Pori-Pori Tersumbat

Pori-pori wajah yang tersumbat tidak bisa dibiarkan begitu saja karena apabila Anda mengabaikan dan malas untuk membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat maka hal ini bisa menyebabkan munculnya komedo serta jerawat pada kulit wajah Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa komedo dan jerawat merupakan salah satu momok yang paling ditakuti oleh para remaja karena jerawat dan komedo yang muncul pada kulit wajah bisa membuat mereka menjadi tidak percaya diri dan malu untuk keluar rumah atau berpergian.

Penyebab pori-pori wajah tersumbat sangat beragam yaitu mulai dari diakibatkan oleh kotoran seperti debu, adanya sel-sel kulit mati serta minyak. Apabila kita tidak rajin membersihkan wajah setiap hari maka sudah pasti kotoran-kotoran yang menempel pada wajah kita tersebut akan mengendap di pori-pori wajah kita dan menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit wajah kita.

Cara Membersihkan Pori-Pori Tersumbat


Nah, bagi Anda yang memiliki masalah pori-pori tersumbat maka silahkan simak tips berikut dibawah ini yaitu mengenai cara membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat secara alami dan mudah.


Cara Membersihkan Pori-Pori Tersumbat


1. Metode Penguapan
Cara pertama yang bisa Anda lakukan dirumah untuk mengatasi pori-pori yang tersumbat ini yaitu dengan menggunakan metode penguapan. Caranya cukup praktis dan mudah kok sehingga Anda patut mencobanya dirumah.

Pertama, Anda harus mencuci wajah terlebih dahulu agar wajah menjadi bersih dan terbebas dari sisa-sisa make up serta debu atau kotoran lainnya. Cucilah wajah Anda dengan menggunakan air hangat dan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dan cocok bagi kulit wajah Anda, setelah itu keringkan wajah Anda menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk.

Kemudian, masukan air panas kedalam mangkok dan siapkan satu buah handuk bersih. Tutuplah kepala Anda dengan menggunakan handuk dan tundukan kepala Anda mendekat ke arah mangkok yang berisi air panas tadi. Uap dari air panas tersebut akan membantu membuka pori-pori wajah Anda dan mengeluarkan kotoran-kotoran yang menyumbat di pori-pori wajah Anda. Setelah 10 menit kemudian silahkan bilas wajah Anda dengan menggunakan air dingin agar pori-pori wajah kembali menutup dan keringkan dengan handuk. Ingat, jangan terlalu sering melakukan cara ini karena apabila berlebihan maka juga tidak baik dan bisa menyebabkan wajah Anda menjadi kering.

2. Eksfoliasi
Selain dengan metode penguapan, kita juga bisa melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit agar sel-sel kulit mati yang mengendak diwajah bisa terangkat dan hilang. Sebenarnya cara mengeksfoliasi kulit wajah ini bisa dilakukan dengan beberapa cara tetapi menurut saya salah satu cara eksfoliasi wajah yang aman adalah dengan menggunakan scrub wajah alami buatan sendiri. Banyak bahan alami rumahan yang bisa kita jadikan sebagai scrub wajah yang terbuat dari gula.

Cara membuat scrub wajah dari gula ini sangatlah mudah, pertama tentu saja Anda harus menyiapkan gula, madu serta teh hijau. Seduh teh dengan menggunakan air panas, lalu kemudian ambil kira-kira 2 sendok teh tersebut dan masukan kedalam mangkok. Setelah teh agak sedikit dingin maka masukan gula serta madu sebanyak satu sendok kedalam mangkuk tersebut dan aduk agar tercampur rata. Oleskan pada wajah scrub yang telah kita buat tersebut, gosok secara perlahan pada seluruh permukaan wajah secara merata agar kulit mati yang menempel diwajah Anda bisa hilang dan terkelupas. Apabila sudah kemudian bilas wajah Anda dengan menggunakan air dingin yang bersih dan keringkan menggunakan handuk bersih, lalu jangan lupa gunakan pelembab wajah.

3. Menggunakan Produk Penghilang Komedo
Kotoran yang menyumbat pori-pori biasanya akan menyebabkan munculnya komedo pada wajah. Nah, untuk membersihkan nya maka selain dengan dua cara diatas maka Anda juga bisa menggunakan produk atau alat penghilang komedo. Pada saat ini sudah banyak sekali produk seperti masker wajah instan untuk menghilangkan dan mengangkat komedo serta membersihkan kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori wajah Anda yang dijual dipasar atau toko-toko kosmetik. Bagi Anda yang ingin praktis dan tidak mau repot-repot melakukan cara-cara diatas maka bisa memilih cara instan yaitu dengan membeli produk penghilang komedo.


Itulah cara membersihkan pori-pori tersumbat yang bisa Anda coba dirumah. Jangan biarkan kotoran menempel dan menyumbat pori-pori wajah Anda karena hal ini bisa menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit wajah Anda.