Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Tidak sedikit para karyawan yang bekerja dikantoran mengalami stres. Tekanan serta target yang diberikan oleh atasan terkadang membuat kita bekerja seperti robot, bahkan ada beberapa diantara kita yang selalu lembur untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor. Jika kita tidak pandai-pandai didalam menghadapi hal ini maka bukan tidak mungkin jika lama-kelamaan kita akan merasakan kejenuhan tingkat tinggi yang kemudian membuat kita menjadi stres memikirkan pekerjaan.

Meksipun stres ditempat kerja ini adalah sesuatu yang wajar dan mungkin hampir dialami oleh setiap karyawan tetapi tetap saja kita tidak boleh mengabaikan masalah stres ini. Apabila stres tersebut kita biarkan saja tanpa segera diatasi maka bukan tidak mungkin nantinya malah akan berdampak buruk untuk kinerja Anda dikantor dan seiring berjalannya waktu bisa membuat produktivitas menurun, yang kemudian ujung-ujungnya akan membuat Anda dipecat.

Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja


Nah, maka dari itu apabila Anda sudah mulai merasa jenuh dan stres menghadapi tugas-tugas atau pekerjaan dikantor maka segeralah meluangkan waktu sejenak untuk menghilangkan stres yang Anda rasakan. Berikut dibawah ini ada beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres dikantor.


Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja


1. Mendengarkan Musik
Cara menghilangkan stres ditempat kerja yang pertama yaitu dengan cara mendengarkan musik. Saya rasa semua orang pasti menyukai musik sehingga untuk itu tidak ada salahnya apabila jika Anda menyalakan lagu favorit Anda untuk mengusir rasa stres di tempat kerja. Pilihlah musik yang lembut dan tenang agar bisa membuat Anda menjadi rileks, jika takut menggangu rekan kerja maka gunakanlah headset agar suara musik yang Anda setel tidak mengganggu rekan kerja disebelah Anda. Namun jangan terlalu lama mendengarkan musik karena hal ini juga tidak baik karena takutnya nanti akan membuat atasan Anda menjadi marah.

2. Tertawa
Jika Anda sudah mencapai titik jenuh dan mulai bosan menghadapi pekerjaan-pekerjaan di kantor maka luangkanlah waktu sejenak untuk tertawa. Tertawa bisa membuat kita menjadi lebih rileks dan sangat membantu didalam menurunkan tingkat stres. Cobalah untuk menonton video lucu-lucu untuk sebentar agar Anda bisa tertawa, tetapi jangan sampai lupa waktu karena Anda bukanlah sedang dirumah tetapi dikantor. Jika tidak memungkinkan untuk menonton video lucu-lucu maka cobalah untuk pergi ke toilet dan lihatlah ke arah cermin, lalu tertawalah. Meskipun ini terdengar sedikit aneh tetapi cara ini cukup ampuh untuk mengusir stres saat di kantor.

3. Sholat
Bagi Anda yang beragama Islam maka untuk mengatasi stres saat dikantor bisa dengan melakukan sholat.  Percaya atau tidak, sholat akan membuat hati Anda menjadi lebih tenang dan segala permasalahan yang ada dikantor bisa sedikit terlupakan sehingga tingkat stres Anda akan menurun. Setelah melakukan sholat biasanya tubuh dan pikiran akan kembali fresh sehingga kita pun bisa melanjutkan pekerjaan dikantor dengan tenang.

4. Bersyukur
Salah satu cara mengilangkan stres dikantor yang bisa Anda aplikasikan yaitu bersyukur. Ketika Anda mulai merasa jenuh dan bosan dengan rutinitas monoton yang Ada dikantor Anda maka cobalah untuk sejenak bersyukur. Betapa beruntungnya Anda sekarang bisa bekerja disana, sedangkan diluar sana masih banyak orang yang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan begitu Anda akan menjadi bersemangat kembali dan rasa stres akan segera hilang.

5. Curhat Kepada Teman
Mengeluarkan unek-unek kepada teman di kantor juga bisa menjadi salah satu cara paling jitu untuk menghilangkan stres dikantor. Namun pastikan bahwa Anda tidak salah memilih teman curhat, pilihlah teman curhat yang benar-benar bisa dipercaya dan tidak akan mengkhianati Anda. Biasanya setelah selesai curhat, beban pikiran kita agak sedikit ringan dan rasa strespun akan hilang. So, jangan pendam sendiri masalah yang Anda alami karena hal ini hanya akan membuat Anda menjadi semakin stres.

6. Menarik Napas Dalam-Dalam
Ketika stres sudah melanda Anda maka jangan dibiarkan berlarut-larut. Cobalah Anda untuk berjalan-jalan sejenak di area kantor dan kemudian tariklah nafas dalam-dalam melalui hidung dan lalu keluarkan melalui mulut. Hal ini mampu membantu meredakan ketegangan syaraf-syaraf diotak kita dan menurunkan tingkat stres

7. Istirahat Sejenak
Kemudian cara terakhir untuk mengatasi stres dikantor ini yaitu dengan cara beristirahat. Apabila Anda sudah merasa sampai pada titik jenuh ketika melakukan pekerjaan dikantor maka cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Anda bisa beristirahat dan berjalan ke kantin sambil minum kopi, ngobrol atau juga bisa melakukan meditasi selama 5 menit. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi stres dikantor


Itulah cara mengatasi stres dikantor yang bisa coba Anda aplikasikan. Jangan sampai stres ini dibiarkan tanpa diatasi karena apabila dibiarkan maka pastinya akan sangat menggangu fokus Anda dan membuat prodktivitas menurun.