Cara Mengobati Sakit Mata Belekan Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Mata Belekan Secara Alami
Cara mengatasi sakit mata belekan sebenarnya sangatlah mudah sehingga untuk itu Anda tidak perlu terlalu panik ketika tiba-tiba Anda mengalami sakit mata seperti ini. Saya yakin sebagian dari kita pasti pernah mengalami sakit mata belekan ini, bahkan ketika masih kecil dulu saya juga sempat beberapa kali mengalami penyakit yang menyebalkan satu ini.

Biasanya sakit mata belekan ini sering kali menyerang kita ketika kita baru saja bangun tidur dipagi hari. Tanpa ada peringatan terlebih dahulu, tiba-tiba saja mata kita menjadi sakit dipagi hari dan ketika kita bercermin maka terlihat banyak sekali lendir atau belek yang menempel dan menutupi mata kita sehingga menyebabkan kita menjadi kesulitan untuk melihat atau membuka mata. Bahkan terkadang penyakit ini menyebabkan mata kita menjadi berair, memerah dan bengkak disekitar kelopak mata.


Penyebab Sakit Mata Belekan


Meskipun sakit mata belekan ini sering kali datang secara tiba-tiba tetapi bukan berarti penyakit yang satu ini tidak ada penyebabnya. Sebenarnya kita bisa melihat apa penyebab sakit mata belekan yang kita alami dari belek yang menempel di mata Anda.

1. Belek Berwarna Hijau Kental
Biasanya jika Anda mengalami seperti apa yang disebutkan diatas maka sakit mata yang Anda alami disebabkan oleh infeksi bakteri pada lapisan konjungtiva mata. Gejala utama yang paling terasa bagi penderita sakit mata belek seperti ini yaitu biasanya mereka akan kesulitan membuka mata ketika dipagi hari, hal ini disebabkan karena adanya belek yang kental tadi. Selain itu, biasanya penderita juga mengalami mata gatal dan merah.

2. Belek Kecil dan Kering
Jika Anda menemukan hal diatas maka sakit mata belekan yang Anda alami disebabkan oleh adanya alergi yaitu alergi debu atau make up. Biasanya mata Anda akan terasa sangat gatal dan belek yang muncul juga kecil dan kering

3. Belek Tebal dan Kering
Sakit mata belekan yang mana belek tersebut tampak tebal dan kering maka itu disebabkan oleh karena adanya infeksi virus pada konjugtiva. Anda tidak perlu khawatir karena sakit mata belek seperti ini bisa diatasi dengan obat sakit mata belekan yang dijual dipasaran atau juga bisa menggunakan obat sakit mata tradisional.

4. Belek Berwarna Kuning dan Ada Pembengkakan
Jika sakit mata belekan yang Anda alami disertai dengan adanya pembengkakan disekitar kelopak mata maka itu disebabkan oleh karena infeksi bakteri. Biasanya hal ini terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan mata.

Cara Mengobati Sakit Mata Belekan Secara Alami


1. Kompres Mata
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit mata merah belekan ini yaitu dengan cara mengompres mata dengan air hangat. Hal ini untuk membantu melembutkan belek serta menghilangkan belek yang menempel pada mata Anda sehingga mata Anda bisa sedikit terbuka. Ambil handuk atau sapu tangan yang bersih dan kemudian rendam di dalam air hangat, setelah itu peras sedikit dan kemudian tempelka pada mata Anda.

2. Daun Sirih
Mencuci mata dengan daun sirih juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi sakit mata belekan ini. Caranya cukup mudah yaitu Ambil beberapa lembar daun sirih lalu cuci hingga bersih. Rebus daun sirih tersebut dengan air secukupnya, jika sudah agak dingin maka saring dan gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh area mata Anda yang sakit.

3. Bawang Putih
Kemudian, Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit mata belekan ini. Bawang putih mampu membantu membunuh bakteri penyebab sakit mata belekan dan membantu meredakan pembengkakan pada pada mata. Ambilah satu siung bawang putih dan potong sedikit ujungnya atau juga bisa dipotong menjadi dua bagian. Oleskan potongan bawang putih tersebut pada kelopak mata bagian bawah dan diamkan saja selama beberapa menit. Meskipun cara ini agak sedikit perih tetapi cukup ampuh untuk mengatasi sakit mata belekan yang disertai dengan pembengkakan pada kelopak mata.

4. Obat Tradisional Kampung
Mungkin sebagian dari Anda tidak percaya dan akan merasa jijik dengan obat tradisional sakit mata belekan yang satu ini. Obatnya sangat mudah dan gampang yaitu dengan air seni kita sendiri. Air seni kita dipercaya mampu membantu mengobati mata belekan dan bisa menyembuhkan mata belekan dalam waktu singkat.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara mengobati mata belekan ini dengan air seni maka simak caranya berikut ini. Ketika Anda buang air kecil di pagi hari maka ambil sedikit saja air seni Anda dan kemudian teteskan air seni tersebut kira-kira satu tetes saja ke mata Anda. Anda boleh percaya atau tidak tetapi setidaknya begitulah kata orang zaman dahulu, cara tersebut adalah salah satu yang paling ampuh untuk mengatasi sakit mata belekan.

5. Pergi Ke Dokter
Apabila sakit mata belekan yang Anda alami tidak kunjung sembuh maka langkah terakhir yang harus Anda tempuh adalah pergi kedokter. Sebenarnya Anda bisa membeli obat tetes atau obat salep mata belekan di apotek tetapi untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda mengunjungi dokter saja dan jangan membeli dan menggunakan obat mata secara sembarangan karena itu sangat berbahaya.


Itulah cara mengobati mata belekan secara alami beserta penyebab mata belekan yang wajib Anda ketahui. Jangan panik ketika tiba-tiba Anda terbangun dipagi hari dan mendapati sakit mata belekan, atasi dengan cara-cara alami diatas. Semoga bermnfaat